Scroll untuk baca artikel
Hot

2 Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop (Mudah)

×

2 Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop (Mudah)

Sebarkan artikel ini
Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop (Mudah)

Halo gays? Kali ini kalian yang datang kemari pasti sedang mencari cara mengaktifkan touchpad laptop kan? Tenang kalian bisa menemukannya dengan cara simak artikel ini hingga selesai agar kalian lebih memahami langkah-langkahnya.

Touchpad merupakan papan mouse yang sudah disediakan langsung pada bagian laptop, biasanya touchpad ini akan secara langsung aktif dan bisa digunakan. Namun ada kalanya touchpad ini tidak bisa digunakan karena ternonaktifkan.

Cara mengaktifkan touchpad laptop dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya melalui menu pengaturan dan menggunakan tombol keyboard. Cara ini bisa kalian lakukan dengan cara simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop dengan Menu Pengaturan

Cara mengaktifkan touchpad laptop yang pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan di laptop kalian. Cara ini biasanya dapat dilakukan tergantung windows yang kalian gunakan. Berikut cara mengaktifkan touchpad laptop tergantung windows yang digunakan.

1. Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Windows 7

Bagi kalian yang ingin mengaktifkan touchpad melalui pengaturan pada windows 7, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah klik “Start”.
  • Setelah itu silahkan kalian klik menu pencarian.
  • Kemudian kalian tinggal masukkan kata kunci “Mouse” di kolom pencarian.
  • Setelah itu hasil pencarian akan muncul, kalian tinggal klik menu “Mouse”.
  • Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah memilih tab terakhir. Jika opsi “UltraNav atau ThinkPad” tidak tersedia, berarti kalian harus mengunduh driver touchpad atau mouse. Jika ada, kalian tinggal mengaktifkannya saja.

2. Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Windows 10

Jika kalian termasuk pengguna windows 10, kalian bisa menggunakan menu pengaturan di windows 10 untuk mengaktifkan touchpad dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini.

2.1. Masuk ke Menu Pencarian

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke menu pengaturan di windows 10 dengan cara berikut ini.

  • Pertama silahkan klik menu “Start”.
  • Kemudian kalian klik menu “Setting” untuk membuka menu pengaturan.

2.2. Klik Menu “Device”

Setelah masuk ke menu pengaturan, kalian akan menemukan banyak pilihan menu. Kalian tinggal klik menu “Device”.

2.3. Klik Menu “Touchpad”

Setelah kalian masuk ke menu device, kalian tinggal masuk ke menu touchpad dengan cara klik “Touchpad”.

2.4. Aktifkan Touchpad

Kemudian kalian akan masuk ke menu touchpad, kalian tinggal mengaktifkan touchpad dengan cara klik tombol on off pada touchpad. Jika masih berwarna abu-abu berarti touchpad belum aktif, namun jika touchpad berwarna biru berarti touchpad sudah aktif.

3. Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Windows 11

Jika kalian merupakan pengguna windows 11 dan ingin mengaktifkan menu touchpad pada menu pengaturan, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan touchpad pada windows 11.

3.1. Masuk ke Menu Setting

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke menu setting di laptop windows 11 kalian. Cara ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  • Pertama silahkan kalian klik menu “Start”.
  • Setelah itu kalian tinggal masuk ke menu “Setting”.

3.2. Klik Menu “Bluetooth & Device”

Langkah berikutnya yang harus kalian lakukan setelah masuk ke menu pengaturan adalah klik menu “Bluetooth & device”.

3.3. Klik Menu “Touchpad”

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan setelah masuk menu Bluetooth & device adalah masuk ke menu “Touchpad” dengan cara di klik.

3.4. Aktifkan Touchpad

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah mengaktifkan touchpad dengan cara tekan tombol on off pada touchpad.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop dengan Keyboard

Selain dengan menggunakan menu pengaturan, kalian juga bisa menggunakan tombol kombinasi di keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Cara ini biasanya akan bisa dilakukan tergantung dari jenis laptop yang kalian gunakan.

Mengapa demikian? Karena biasanya setiap jenis laptop memiliki tombol yang berbeda-beda untuk mengaktifkan fitur touchpad. Berikut beberapa kombinasi tombol yang bisa kalian gunakan untuk mengaktifkan touchpad.

  • Tombol keyboard FN + F5.
  • Tombol Keyboard FN + F6.
  • Tombol keyboard FN + F7.

Selain ketiga kombinasi tersebut, kalian juga bisa menggunakan satu tombol keyboard untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur touchpad ini. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh laptop yang sudah di bekali tombol khusus untuk mengaktifkannya.

Tombol khusus yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad adalah tombol keyboard yang memiliki logo touchpad dengan bentuk satu persegi dan di dalamnya ada 2 bentuk persegi panjang pada bagian bawahnya yang berukuran seperempat dari kotak bersegi.

Selain gambar kotak itu, logo touchpad tersebut juga ada garis miring. Jika kalian menemukan tombol ini pada keyboard laptop kalian, kalian bisa dengan mudah menggunakannya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur touchpad.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop)

Bagaimana Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop?

Cara mengaktifkan touchpad laptop dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya melalui menu pengaturan dan menggunakan tombol keyboard.

Apa Tombol Keyboard yang Bisa Digunakan untuk Mengaktifkan Touchpad?

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh laptop yang sudah di bekali tombol khusus untuk mengaktifkannya.
Tombol khusus yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad adalah tombol keyboard yang memiliki logo touchpad dengan bentuk satu persegi dan di dalamnya ada 2 bentuk persegi panjang pada bagian bawahnya yang berukuran seperempat dari kotak bersegi.
Selain gambar kotak itu, logo touchpad tersebut juga ada garis miring. Jika kalian menemukan tombol ini pada keyboard laptop kalian, kalian bisa dengan mudah menggunakannya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur touchpad.