Scroll untuk baca artikel
Sekolah & Kampus

Review ARS University Bandung: Alamat, Biaya Kuliah Dll

×

Review ARS University Bandung: Alamat, Biaya Kuliah Dll

Sebarkan artikel ini
Review ARS University Bandung

ARS University Bandung atau Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya bisa kamu jadikan tempat untuk melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi. Penerimaan mahasiswa baru jadi momentum yang tepat untuk kamu mencari kampus yang cocok dan sesuai dengan bidang yang digeluti.

ARS University Bandung

Kamu bisa persiapkan sebelum kuliah seperti dengan menentukan jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan kesukaan. Agar tidak salah dalam menentukan jurusan tersebut, kamu perlu juga mengetahui jurusan yang ada di kampus, mulai dari biaya, akreditasi, mata kuliah dan lain sebagainya.

Sebagai referensi tambahan untuk kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, maka ARS University Bandung bisa segera dijadikan pilihan. Daftar fakultas beserta dengan jurusan dari kampus di Bandung satu ini bisa kamu cari tahu secara langsung disini.

Lokasi dan Izin dari Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya (ARS University Bandung)

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya atau yang disingkat dengan ARS University adalah salah satu perguruan tinggi yang baru saja diresmikan dan sangat populer sekali di kalangan mahasiswa baru, khususnya yang ada di Kota Bandung. Ada juga beberapa kampus ternama lainnya di Kota Kembang seperti Universitas BSI dan Panca Sakti.

ARS University Bandung ini adalah sebuah universitas yang memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ARS University itni lokasinya di Antapani Jalan Terusan Sekolah No 1-2, Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat.

ARS University Bandung ini jadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Kota Kembang. Universitas  Adhirajasa Reswara Sanjaya ini pertama kalinya resmi didirikan dengan nama Universitas ARS Internasional pada tanggal 6 Oktober 2000 dengan Nomor SK 213/D/O/2000.

Lalu, pada tanggal 19 Januari 2010 lalu, Universitas ARS Internasional tersebut resmi menggantinya menjadi Universitas BSI berdasarkan pada SK Menteri Pendidikan Nasional dengan nomor 04/D/O/2010.

Untuk sekarang ini, Universitas ARS pun akhirnya memiliki nama baru menjadi Adhirajasa Reswara Sanjaya yang sudah diresmikan pada tahun 9 Oktober 2019 berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan nomor 936/KPT/I/2019. Adhirajasa Reswara Sanjaya sendiri memiliki arti sebagai universitas kuat, tangguh, unggul dan berjaga selamanya.

Daftar Fakultas dan Program Studi di ARS University Bandung

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya atau ARS University Bandung sekarang sudah memiliki 4 fakultas dan sebanyak 9 program studi atau jurusan, berikut ini rinciannya.

ARS University Bandung

1. Fakultas Teknologi Informasi

  • Program studi Sistem Informasi jenjang pendidikan S1
  • Program studi Teknik Informatika jenjang pendidikan S1

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Program studi Akuntansi jenjang pendidikan S1
  • Program studi Manajemen jenjang pendidikan S1
  • Program studi Magister Manajemen jenjang pendidikan S2

3. Fakultas Komunikasi dan Desain

  • Program studi Ilmu Komunikasi jenjang pendidikan S1
  • Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) jenjang pendidikan S1

4. Fakultas Keperawatan

  • Program studi Ilmu Keperawatan jenjang pendidikan S1
  • Program studi Pendidikan Profesi Ners, khusus profesi.

Rincian Estimasi Biaya Perkuliahan di ARS University Bandung

Untuk kamu yang sekarang sedang mencari informasi penerimaan mahasiswa baru, ARS Universitas Bandung bisa dijadikan pilihan yang tepat. setelah penjelasan seputar fakultas dan program studi di Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, kurang lengkap rasanya jika tidak mengulas rincian biaya perkuliahan disini.

ARS University Bandung

1. Biaya kuliah reguler

Untuk program kuliah reguler/umum, biaya perkuliahan di ARS University Bandung ini cukup bervariasi menyesuaikan dari fakultas dan program studi yang hendak kamu pilih. Berikut ini estimasi biaya perkuliahan di ARS University, antara lain:

  • Fakultas Teknik, mulai dari Rp 12.000.000 hingga Rp 15.000.000 per semester
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, mulai dari Rp 10.000.000 hingga Rp 13.000.000 per semester
  • Fakultas Ilmu Komputer, mulai dari Rp 11.000.000 hingga Rp 14.000.000 per semester
  • Fakultas Keperawatan, mulai dari Rp 20.000.000 hingga Rp 25.000.000 per semester.

Untuk estimasi biaya perkuliahan di atas belum termasuk ke dalam biaya lainnya seperti biaya pendaftaran, registrasi ulang, biaya pembangunan, serta biaya lainnya yang dibebankan kepada mahasiswa.

2. Beasiswa

ARS University Bandung atau Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya ini juga mempunyai program beasiswa yang berlaku bagi mahasiswa berprestasi dan juga kebutuhan finansial. Berikut ini ada beberapa jenis beasiswa yang telah ditawarkan oleh ARS Bandung kepada para mahasiswa, seperti:

  • Beasiswa Prestasi, akan diberikan kepada mahasiswa yang telah memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang menonjol
  • Beasiswa Kebutuhan Finansial, akan diberikan kepada mahasiswa yang memiliki kebutuhan finansial cukup tinggi
  • Beasiswa Penelitian/Riset, akan diberikan kepada mahasiswa yang hendak melakukan penelitian dengan bantuan dana tambahan dari kampus.

3. Potongan Biaya Perkuliahan

ARS Univesity Bandung juga telah memberikan ptongan biaya kpekrulaiahn kepada para mahasiswa yang memnyuhi syarat tertentu. Ada beberapa dari jenis potongan biaya perkuliahan yang ditawarkan disini, antara lain:

  • Potongan Biaya Kuliah Akademik, akan diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik
  • Potongan Biaya Kuliah Sosial, akan diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai kebutuhan sosial yang tinggi
  • Potongan Biaya Kuliah Prestasi Olahraga, akan diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi khususnya di bidang olahraga
  • Potongan Biaya Kuliah Prestasi Seni, akan diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang seni.

Tata Cara Pembayaran Biaya Perkuliahan di ARS University Bandung

Setelah membahas secara mendetail tentang bayaran perkuliahan, beasiswa hingga potongan biaya perkuliahan di ARS University Bandung, kamu juga wajib mengetahui beberapa cara pembayaran perkuliah yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa dan calon mahasiswa disini, seperti:

  • Pembayaran secara tunai, dapat kamu lakukan secara langsung dengan membayar biaya kuliah di kampus
  • Pembayaran transfer bank, bisa kamu lakukan dengan pembayaran melalui rekening bank yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pihak ARS University
  • Pembayaran kartu kredit, yang mana bisa kamu bayar kuliah menggunakan kartu kredit pribadi.

Untuk bisa dapatkan informasi lebih lanjut lagi mengenai syarat dan ketentuan memperolehan beasiswa maupun potongan biaya perkuliahan beserta cara pembayarannya disini, kamu dapat sgeera kunungi situs resmi ARS University Bandung ataupun hubungi pihak kampus secara langsung.

Akhir Kata

ARS University atau Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya jadi salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka yang ada di ibukota Provinsi Jawa Barat.

Kamu bisa bebas memilih program studi yang telah disediakan disini, mulai dari desain komunikasi visual hingga keperawatan. Untuk rincian biaya pendaftaran dan lain sebagainya sudah kami rangkum di atas, bisa juga kamu hubungi pihak kampus untuk informasi lebih detail.