Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Pembudidayaan ikan air tawar sudah makin menjamur di tiap-tiap wilayah di Indonesia.

Modal yang di butuhkan tidak banyak, karena mulai dari sedikit ikan budidaya bisa berkembang biak menjadi sebanyak mungkin.

Lamanya proses panen ikan, membuat para peternak ikan resah. Kali ini ada solusi untuk anda dengan mulai belajar cara budidaya ikan air tawar cepat panen.

Budidaya ikan air tawar agar cepat panen membutuhkan perencanaan yang matang. Setiap alur proses budidayanya harus di laksanakan dengan baik agar hasilnya maksimal.

Perawatan yang di lakukan secara rutin menjadikan salah satu kunci utama agar budidaya ikan air tawar bisa cepat panen.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah langkah-langkah dalam budidaya ikan air tawar agar cepat panen :

Pemilihan Indukan Ikan Air Tawar

Cara budidaya ikan air tawar cepat panen pada dasarnya harus mencari indukan ikan yang memiliki kualitas yang bagus, agar ikan yang di budidayakan mudah dalam perkembangbiakannya.

Untuk mengetahui cara memilih induk ikan air tawar, berikut adalah caranya :

  1. Datangi toko yang menjual khusus benih atau indukan ikan yang bisa di budidayakan. Carilah indukan yang berkualitas tinggi atau unggul. Hal itu berpengaruh pada waktu panen yang lebih cepat daripada memilih indukan yang kualitasnya biasa.
  2. Pilihlah ikan yang mudah dan cepat untuk di budidayakan, selain itu ikan yang anda pilih harus cocok dengan lingkungan di wilayah anda apakah di daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah. Karena suhu air akan mempengaruhi perkembangan ikan air tawar.
  3. Untuk mengidentifikasi ikan sehat atau tidak, biasanya ikan akan memiliki banyak gerak atau lincah pada saat di dekati tandanya ikan itu sehat. Sedangkan jika di dekati gerakannya biasa saja, maka ikan tersebut kurang sehat dan di sarakan anda jangan memilih yang itu.
  4. Indukan ikan yang sehat umumnya memiliki warna yang berkilau dan cerah tergantung jenis ikannya. Beli indukan ikan dalam jumlah yang banyak seimbang antara jantan dan betina agar bisa di kembang biakkan.
  5. Anda bisa membudidayakan ikan nila, mujaer, lele, bawal, mas ataupun ikan air tawar lainnya yang mudah untuk di budidayakan. Untuk apa saja jenis ikan yang bisa cepat panen, bukan bergantung pada jenisnya namun bergantung pada tata kelolanya.

Persiapan Tempat Budidaya Ikan Air Tawar

Lahan untuk budidaya ikan menjadi modal utama dalam usaha ini. Anda setidaknya membuat perencanaan yang matang akan tata letak kolam ikan yang anda buat.

Beberapa hal penting yang perlu di perhatikan bisa anda simak sebagai berikut :

  1. Anda bisa membangun kolam untuk budidaya ikan baik dalam lahan yang luas maupun sempit itu tidak masalah. Bisa anda buatkan bentuk kolam berbentuk bundar ataupun kotak.
  2. Hitung luas lahan dan luas terpal yang di butuhkan dalam proses pembuatan kolam, gunanya untuk mengepaskan ruang kolam agar seimbang.
  3. pada saat pembuatan kolam alangkah baiknya dasar permukaan di beri lapisan plastik ataupun terpal, gunanya untuk memberikan warna terang dan juga memudahkan dalam proses pembersihan air kolam dalam kurun waktu seminggu sekali.
  4. Buatlah saluran air pembuangan di samping ataupun di bawah kolam dengan tambahan pipa kecil yang berdiameter 0.5 hingga 3 centi meter.
  5. Tutup saluran pembuangan air ketika kolam atau empang siap untuk di isi air bersih.
  6. Jika pembuatan kolam sudah jadi, jangan lupa membersihkan kolam dan isikan dengan air bersih.

Proses Dan Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Dalam budidaya ikan air tawar agar cepat panen, pada dasarnya sama seperti budidaya ikan biasa.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ikan bisa cepat panen. Berikut adalah cara-caranya :

  1. Indukan ikan yang telah anda beli di toko penjual bibit ikan, bisa langsung anda kelompokkan berdasarkan jenis ataupun ukuran ikan ke dalam beberapa sekat kolam. Gunanya untuk mempermudah penyortiran dan mengawinkan ikan nantinya.
  2. Pemberian pakan secara teratur akan meningkatkan daya tumbuh ikan lebih cepat. Pilihlah pakan ikan atau pellet dengan kualitas terbaik, karena kandungannya lebih berisi di bandingkan pellet biasa.
  3. Jagalah kebersihan lingkungan kolam ikan dengan rutin membersihkannya minimal seminggu sekali, karena jika lingkungan kolam tidak dibersihkan hingga air keruh menjadikan salah satu faktor penghambat pertumbuhan budidaya ikan tawar.
  4. Selain proses pembersihan kolam, anda juga perlu menjaga kestabilan suhu air agar tetap normal. seperti pada pemilihan indukan ikan pertama kali, hal yang paling utama dalam cara budidaya ikan air tawar cepat panen adalah kecocokan ikan dengan suhu lingkungan  di wilayah anda.
  5. Pemberian vitamin tambahan berguna untuk mempercepat perkembangan ikan air tawar agar bisa cepat panen.

Perawatan Ikan Air Tawar

Setelah proses dan cara budidaya ikan air tawar cepat panen, anda perlu melakukan perawatan sehari-hari kepada ikan-ikan yang anda budidayakan.

Perawatan ini tujuannya untuk memantau perkembangan ikan-ikan agar tetap stabil kesehatannya, diantaranya :

  1. Untuk cara budidaya ikan air tawar cepat panen, anda perlu melakukan perawatan ekstra dan ketelatenan. Lupa memberi makan sekali saja akan membuat ikan menderita kelaparan dan bisa mengurangi jatah waktu panen.
  2. Beri makan pellet sehari tiga kali dan juga memberi vitamin yang mengandung hormon pertumbuhan supaya ikan bisa cepat berkembang.
  3. Perawatan tidak hanya pada merangsang pertumbuhan saja, tetapi menyortir ikan untuk dikawinkan antara jantan dan betinanya.
  4. Jangan lupa untuk melakukan pemijahan dan proses peneluran terhadap ikan ternak di kolam yang berbeda dengan kolam induk bertina, agar calon ikan bisa berproses menetas secara optimal.
  5. Selalu cek keadaan dan kondisi kesehatan ikan, jika ada yang terluka berilah obat khusus kepada ikan yang terluka supaya cepat membaik.

Panen Ikan Air Tawar

Setelah panjangnya proses dan perawatan budidaya ikan air tawar, pada akhirnya akan ada pada tahap pemanenan.

Panjangnya proses itu, bukan berarti membutuhkan waktu yang lama, namun suatu proses yang dilakukan secara telaten untuk menghasilkan ikan budidaya agar cepat panen.

Proses pemanenan di awali dengan penyortiran ikan yang layak panen misalnya di usia perkembangan menuju remaja atau dewasa.

pemanenan dilakukan dengan cara menyaring ikan dengan saringan besar dan memasukkan ke dalam wadah untuk di lakukan proses pengemasan ikan segar dalam keadaan hidup.

Pemasaran ikan tawar untuk konsumsi umumnya di jual di pasar tradisional, di supermarket, maupun di ekspor ke negara tetangga.

Untuk ikan yang akan di ternakkan kembali, anda bisa menjual bibit indukan kecil dalam keadaan hidup dan menawarkannya kepada masyarakat luas di wilayah anda.

Itulah cara budidaya ikan tawar cepat panen yang bisa anda implementasikan pada usaha budidaya ikan air tawar anda.

Semoga bisa memberikan wawasan kepada anda dalam membudidayakan ikan agar cepat panen.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.