Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Air Tawar di Kolam Terpal

cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal

Ikan merupakan hewan air yang mudah untuk di jadikan hewan ternak. Perkembang biakannya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Untuk cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal di sekitar rumah yang lahannya tidak begitu luas, kita hanya memerlukan modal tempat berupa terpal.

Selain tempat, elemen terpenting budidaya ikan adalah bibit atau indukan ikan tawar itu sendiri.

Modal lain seperti air tawar, pakan ikan, perawatan ikan, kita bisa butuhkan ketika ikan dan lahan tempat sudah siap dalam perencanannya, sehingga anda hanya mengikuti alurnya dengan baik dan benar.

Untuk cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal dengan tepat, anda bisa perhatikan pembahasannya di bawah ini.

Pemilihan Indukan

Langkah pertama cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal adalah pemilihan bibit atau indukan ikan tawar yang akan anda budidayakan.

Jangan asal-asal membeli karena murah atau apa, anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Pemilihan indukan atau bibit ikan yang akan di budidayakan, alangkah baiknya di sesuaikan dengan minat. Tujuannya jika kebutuhan atau minat pasar banyak memilih ikan tawar jenis A, daripada B anda perlu memilih indukan A agar memperoleh hasil yang maksimal karena adanya peruntungan peluang tersebut.
  2. Selain itu habitat ikan juga perlu di perhatikan agar nantinya tidak merugikan usaha anda. Kecocokan jenis ikan tawar yang anda beli perlu di uji coba dahulu dengan air di lokasi kolam terpal anda.
  3. Ikan tawar yang anda pilih harus sesuai dengan wilayah di mana anda tinggal. Wilayah dataran tinggi memiliki jenis ikan tawar yang berbeda dengan ikan tawar yang ada di dataran rendah. Hal itu terjadi karena terpengaruh oleh faktor suhu air juga.
  4. Carilah indukan atau bibit ikan tawar dengan kualitas terbaik. Karena kualitas baik akan menghasilkan ikan yang baik dari segi perkembangbiakan, kesehatan, daya tahan dan besar kecilnya ikan.
  5. Pilih indukan yang memiliki jenis kelamin jantan dan betina. Tujuannya agar bisa mempercepat perkembangbiakan. Hal unik dalam cara budidaya ikan tawar di kolam terpal yakni ikan betina sekali bertelur akan menghasilkan beribu-ribu telur ikan.
  6. Anda bisa menemukan bibit atau indukan ikan yang akan anda budidayakan di tempat yang khusus menjual bibit ikan bisa di pasar maupun di lokasi lain di daerah anda.

Persiapan Tempat

Tempat yang menjadi topic ini adalah cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal. Jadi anda perlu lahan tempat serta terpal untuk tempat tinggal budidaya ikan tawar anda.

  1. Tempat yang perlu anda siapkan tergantung luas lahan yang anda miliki. Lahan berpengaruh dengan banyak tidaknya ikan yang di budidayakan. Jadi, tidak masalah jika anda tidak memiliki lahan yang luas namun ya ikan yang bisa anda budidaya tidak bisa menghasilkan banyak.
  2. Selain mengukur lahan untuk kebutuhan panjang dan lebar terpal, anda juga perlu menghitung perkirakan tingkat kedalaman kolam. Hal itu juga berkaitan dengan jenis ikan yang anda pilih. Karena membudidayakan ikan tidak asal menebar bibit banyak di kolam yang dalam, ikan juga butuh ruang untuk bergerak juga.
  3. Jangan lupa untuk memberi pipa atau saluran untuk pembuangan air yang berguna saat proses pembersihan kolam.
  4. Pengaturan pencahayaan oleh sinar matahari langsung juga di perlukan. Jika terlalu panas maka ikan akan cepat mati, begitu pula jika terlalu gelap karena terhalang penutup atau tabir surya maka perkembangannya juga tidak efektif. Maka di perlukan tata letak yang baik dan benar.
  5. Jika anda memiliki lahan yang luas, alangkah baiknya membuat kolam terpal dengan beberapa sekat. Hal itu untuk memudahkan anda dalam pengelompokan ikan mulai dari ikan berbentuk benih, ikan anakan, ikan remaja, ikan dewasa, ikan yang akan di kawinkan, serta ikan yang siap untuk di panen.

Proses Dan Cara Budidaya Ikan Tawar Di Kolam Terpal

Jika seluruh bahan dan alat yang di butuhkan untuk budidaya ikan tawar sudah terkumpul dan tersedia semua, baik kolam terpal maupun benih ataun indukan ikan.

Maka selanjutnya adalah memperhatikan proses dan cara budidaya ikan sesuai dengan alurnya.

  1. Proses pertama yaitu memasukkan benih atau indukan ikan tawar yang tadi anda beli dari tempat penjualan benih ikan ke dalam kolam terpal yang anda buat.
  2. Masukkan benih dengan hati-hati, memasukkan ikan secara tidak benar maka akan merusak ikan dan otomatis ikan akan mati.
  3. Anda bisa memasukkan benih tadi ke dalam tiap sekat yang anda buat tadi. Untuk awalan, anda bisa memisahkannya berdasarkan jenis kelamin ikan.
  4. Beri pakan ikan sesuai dengan takaran banyaknya ikan. Jangan terlalu banyak saat memberi makan ikan, karena pakan yang tidak termakan akan menghalangi pandangan di atas air oleh ikan sehingga ikan bisa mati.
  5. Jika beberapa pekan ikan mulai berkembang dan di siap untuk kawin, maka baik jantan dan betina boleh di satukan dengan mencampurnya di dalam kolam yang sama.
  6. Ikan betina yang mulai bertelur boleh anda jadikan satu dengan kolam induk. Namun alangkah baiknya jika anda menyimpan telurnya di kolam yang berbeda karena untuk meminimalisir kerusakan telur ikan akibat tindakan induk.

Perawatan Ikan Tawar Di Kolam Terpal

Proses dan cara budidaya ikan tawar di kolam terpal di atas belum cukup maksimal.

Anda perlu merawat ikan-ikan ternak anda setiap harinya tanpa terkecuali. Berikut adalah langkah perawatan ikan tawar di kolam terpal :

  1. Kebersihan lingkungan kolam perlu di jaga supaya ikan yang di budidaya juga menghasilkan ikan yang baik. Caranya dengan membersihkan kolam terpal dan mengganti airnya sekali dalam satu minggu.
  2. Kotoran ikan yang menempel ataupun sisa pakan ikan di bersihkan dengan sikat halus. Jangan gunakan sabun seperti detergen untuk membersihkannya. Di khawatirkan nanti masih ada sabun yang tersisa di dalam kolam. Hal itu akan menyebabkan ikan mati.
  3. Lakukan penyortiran ikan secara berkala untuk mengidentifikasi ikan yang sehat dan ikan yang kurang sehat.

Panen

Proses terakhir cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal adalah proses panen.

Setelah anda melakukan beberapa langkah cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal secara rutin dan  telaten, anda bisa mulai memanen ikan hasil budidaya anda. Beberapa proses panen perlu anda perhatikan sebagai berikut :

  1. Proses panen ikan tawar berbeda dan tergantung pada jenis ikan apa yang anda budidayakan. Baik itu ikan nila, ikan mujair, ikan lele, atau ikan tawar yang lainnya.
  2. Untuk ikan tawar untuk konsumsi, masa panennya jika ikan dalam masa dewasa di mana ikannya cocok untuk di pasarkan di pasar ikan. Jika ikan yang anda budidaya untuk di jual bibitnya, anda bisa memanennya ketika ikan masih remaja. Begitu pula ikan tawar jenis ikan hias, anda bisa panen saat ikan beranjak remaja.

Itulah pembahasan mengenai cara budidaya ikan air tawar di kolam terpal yang bisa menjadi referensi anda dalam mengembangkan usaha budidaya ikan tawar sendiri.

Dengan mengikuti setiap langkah – langkah yang tertulis tidak menutup kemungkinan menjadi keberhasilan dalam membudidayakan air tawar.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.