Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara Budidaya Ikan Arwana

Ikan arwana ialah sebuah ikan yang terbilang cukup terkenal dimana-mana. Harganya pun cukup lumayan fantastis yaitu bisa mencapai jutaan. Maka dari itu bagi para penyuka ikan arwana bisa untuk mencoba sebuah bisnis dan usaha untuk mendapatkan sebuah keuntungan hanya dengan cara budidaya ikan arwana.

Pemilihan Indukan Ikan Arwana

Bagi para pencinta ikan arwana banyak yang mengalihkan hobi mereka menjadi sebuah ladang bisnis.  Hal ini dilakukan selain bisa untuk memuaskan hobi sendiri, mereka juga dapat meraih sebuah keuntungan hingga berjuta-juta hanya dengan menggunakan sebuah cara budidaya ikan arwana. Maka dari itu ada beberapa proses yang harus dilewati untuk membuka peluang bisnis.

  1. Pilih sebuah ikan arwana yang terlihat memiliki bentukan tubuh yang menarik baik dari jantan ataupun betina. Akan lebih baik jika para pemilik budidaya tersebut bisa untuk melakukan sebuah percampuran akan menjadikan sebuah bibit arwana baru.
  2. Pemilihan sebuah warna juga merupakan hal yang terkadang penting untuk dilakukan terlebih lagi ikan arwana ini memiliki sebuah warna yang menarik. Sehingga terkadang semakin bagusnya pilihan warna maka akan semakin mahal nilai jualnya.
  3. Pemilihan dari gerak ikan Arwana yang juga menjadi sebuah kunci bahwa ikan akan menjadi indukan yang terbaik atau tidak.
  4. Hal yang selanjutnya merupakan sebuah berat dari ikan yang terkadang memiliki sebuah standar sendiri. Agar dapat menghasilkan ikan arwana terbaik maka hal tersebut bisa dilakukan.

Persiapan Tempat Untuk Ikan Arwana

Para pelaku usaha yang ingin membuat sebuah bisnis maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah tempat tinggal mereka. Ada beberapa persiapan tahapan dan juga proses dari sebuah budidaya yang dilakukan. Maka dari itu bagi para pelaku bisnis dan usaha untuk cara budidaya ikan arwana ada hal yang harus disiapkan untuk tempat ikan Arwana.

  1. Hal pertama yaitu menyiapkan sebuah aquarium dalam berbagai jenis ukuran. Hal ini dilakukan untuk berbagai macam proses budidaya itu sendiri. Bagi para pelaku bisnis yang memiliki sejumlah lahan lumayan cukup luas maka bisa menggunakan sebuah kolam.
  2. Kolam tersebut dapat dibuat secara bertahap mulai dari kolam untuk perkawinan ikan arwana hingga proses pembesaran dari bibit ikan arwana ini.
  3. Setelah itu pembuatan sebuah sirkulasi air dengan menggunakan sebuah mesin agar air tersebut dapat bermanfaat dan memiliki oksigen untuk hidup ikan arwana tersebut.
  4. Pemilihan sebuah makanan untuk ikan arwana juga tampak berbeda dengan ikan jenis lainnya. Pemilihan jenis makanan juga sangat mempengaruhi sebuah proses dari perkembangan ikan-ikan arwana tersebut agar memiliki sebuah bibit yang unggul.
  5. Ikan arwana juga harus diberikan sebuah kandungan penambahan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan agar tidak mudah terserang penyakit yang biasanya ditimbulkan dari binatang parasit dalam air sehingga dapat membuat ikan tersebut mati.
  6. Pengecekan tubuh dari ikan arwana apakah tampak sehat atau sakit dapat terlihat dari sirip dan juga bagian tubuh lainnya.

Proses Budidaya Ikan Arwana

Cara budidaya ikan arwana yaitu sangat memberikan sebuah kemudahan untuk para pencinta dunia ikan arwana. Hal tersebut dapat terlihat dari cara proses budidaya tersebut yang dapat dilakukan oleh para pemilik pelaku usaha. Dari beberapa proses budidaya inilah yang nantinya akan membuat sebuah generasi ikan yang lebih baik dan menghasilkan panen dalam waktu singkat.

  1. Bagi para pemilik pelaku usaha budidaya ikan arwana pemula bisa menggunakan bibit dari ikan Arwana untuk mendapatkan seekor bibit yang berkualitas. Namun bagi yang sudah mengerti proses dan cara budidayanya bisa menggunakan metode perkawinan dari ikan arwana tersebut.
  2. Kemudian ikan bibit dari arwana tersebut pada sebuah kolam perkembangan menuju dewasa. Nantinya bibit tersebut akan bersamaan dengan beberapa bibit ikan lainnya untuk mendapatkan sebuah asupan ataupun kandungan dari ikan tersebut.
  3. Ikan arwana harus di cek setiap harinya untuk melihat perkembangan dari ikan arwana tersebut. Jika ikan mengalami sebuah kenaikan atau perkembangan yang baik maka dalam waktu dekat ikan tersebut siap untuk dipindahkan pada kolam yang siap untuk panen dan pembesaran.
  4. Selain itu selama masa tumbuh kembang dari ikan arwana maka harus memperhatikan sebuah pakan yang akan dikonsumsi oleh para ikan arwana. Baik bibit dari ikan ataupun ikan yang sudah mengalami proses pembesaran ikan-ikan tersebut.
  5. Berat dari seekor ikan arwana harus mengalami kenaikan untuk setiap minggunya agar menunjukkan bahwa ikan yang sedang dibudidayakan tersebut sehat. Jika ikan mengalami sebuah tidak sehat maka perlu untuk dipisahkan dari ikan lainnya. Agar tidak menimbulkan sebuah penyakit yang menular kepada ikan-ikan lainnya.

Perawatan Khusus Ikan Arwana

Ada beberapa perawatan khusus yang bisa dilakukan untuk para pemilik pelaku bisnis. Hal ini dilakukan untuk membuat keuntungan mereka dapat diraih dan juga omzet modal tersebut dapat kembali. Maka dari itu perlu adanya sebuah proses perawatan yang baik untuk para ikan-ikan tersebut agar mendapatkan sebuah tumbuh kembang yang unggul dan cara budidaya ikan arwana

tersebut berhasil untuk dilakukan.

  1. Perawatan dapat dilakukan dengan makanan yang diberikan oleh pemilik budidaya ikan tersebut kepada ikan-ikan yang mereka pelihara. Hal ini harus dilakukan dengan telaten agar dapat menghasilkan seekor bibit unggulan yang dapat mengalahkan ikan arwana di pasaran.
  2. Bibit dari ikan arwana tersebut harus sering untuk dilihat agar ikan tersebut tidak mudah mati ataupun sakit.
  3. Perawatan sebuah ikan arwana selanjutnya terdapat pada sebuah jenis makanan pokok yang digunakan. Apakah makanan tersebut dapat mempercepat sebuah proses perkembangbiakan atau tidak. Jika tidak maka makanan tersebut harus diganti dengan makanan pokok yang lebih baik.

Panen Ikan Arwana

Ikan arwana yang sudah besar dapat di panen sama seperti ikan lainnya. Namun proses panen pada ikan arwana agak sedikit berbeda dengan jenis ikan lainnya. Maka dari itu ada beberapa hal tata cara yang dapat dilakukan untuk menangkap ikan dan mendapatkan hasil panen ikan yang lebih baik. Cara budidaya ikan arwana ini akan mengantarkan kepada proses dan cara panen ikan.

  1. Pastikan ikan mana saja yang akan di panen terlebih dahulu. Agar hal tersebut tidak menimbulkan sebuah efek samping terhadap jenis ikan lainnya.
  2. Sebelum menangkap ikan tersebut pastikan tempat yang akan digunakan. Jika menggunakan sebuah ember kecil maka hanya cukup untuk satu hingga tiga ekor saja. Hal ini agar ikan bisa tetap aktif bergerak.
  3. Proses pengambilan ikan tersebut bisa dengan mengambil secara langsung atau dengan sebuah alat penangkapan ikan yang berfungsi untuk mengurangi sebuah gerakan yang dapat menimbulkan sebuah efek samping terhadap ikan-ikan ini.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.