cara budidaya ikan Cardinal Tetra
Tempat Kuliner

5 Cara Budidaya Ikan Cardinal Tetra yang Baik

Bagi para pencinta ikan Cardinal Tetra atau ikan Neon harus mengetahui bagaimana cara budidaya ikan Cardinal Tetra tersebut.

Bagi para pencinta ikan Cardinal Tetra atau ikan Neon harus mengetahui bagaimana cara budidaya ikan Cardinal Tetra tersebut. Proses yang cukup unik dan mudah untuk Anda lakukan di rumah. Terlebih momen pandemi saat ini banyak orang yang melakukan budidaya aneka ragam ikan. Bisa dibilang dalam membudidayakan ikan ini sangat mudah.

Anda bisa mulai dari pemilihan indukan yang tepat hingga proses perawatan hingga panen. Anda bisa temukan tutorial dan langkah lengkapnya di artikel ini, baca dan simak selengkapnya yuk:

Pemilihan Indukan Ikan Cardinal Tetra

cara budidaya ikan Cardinal Tetra 1

Pada tahapan pertama Anda diwajibkan untuk melakukan pemilihan sebuah indukan dari ikan Cardinal tersebut. Ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh ikan ini dan jarang dimiliki oleh jenis ikan lainnya. Beberapa proses ini merupakan cara budidaya ikan Cardinal Tetra yang mudah tanpa harus menggunakan alat khusus.

  1. Memilih jenis ikan yang akan di budidayakan antara ikan betina dan jantan tentunya memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri.
  2. Ciri-ciri yang dimiliki oleh ikan jantan yaitu memiliki bentukan tubuh yang agak kecil dibandingkan dengan betina, memiliki sebuah garis neon yang lurus bahkan tidak hanya itu saja gerak dari ikan ini pun lebih cepat dibandingkan dengan betina
  3. Sedangkan betina yaitu memiliki bentukan tubuh yang lumayan gemuk bahkan tidak hanya itu saja ikan betina ini memiliki tubuh yang pendek dan gerak yang lambat.
  4. Memilih ikan Caderal Tetra yang sehat dan tidak terlihat sakit seperti bentuk ekor dan juga tubuh.
  5. Pilih lah ikan Caderal Tetra yang sudah siap untuk bertelur. Hal ini karena akan mempercepat proses perkawinan tersebut
  6. Pada sebuah tahap warna ikan juga menjadi sebuah hal yang diperlukan dalam pemilihan indukan untuk ikan Caderal Tetra ini.

Tahapan Persiapan Tempat untuk Ikan Caderal Tetra

cara budidaya ikan Cardinal Tetra 2

Setelah melalui sebuah proses indukan pada tahap selanjutnya yaitu mempersiapkan tempat yang nantinya akan di tempati oleh ikan-ikan hasil indukan. Anda harus memperhatikan betul bagaimana prosesnya agar Anda bisa membudidayakan ikan-ikan tersebut. Oleh karena itu ikan ini juga sangat banyak diminati oleh para pencinta ikan hias.

  1. Menyiapkan beberapa aquarium untuk memisahkan antara yang jantan dengan betina
  2. Mempersiapkan Ikan neon yang akan di taruh pada aquarium tersebut. Jika ingin melakukan sebuah budidaya maka Anda bisa menaruh masing-masing dua hingga tiga pasang.
  3. Isi Air ke dalam aquarium dengan takaran air tidak terlalu penuh
  4. Pastikan saat baru memasukkan air jangan biarkan ikan Caderal Tetra langsung dimasukkan karena dapat membuat ikan tersebut mabuk terhadap sirkulasi udara yang ada pada aquarium tersebut.
  5. Biarkan air dalam aquarium mengendap hingga satu malam. Untuk menghindari kenaikan suhu yang terdapat pada aquarium
  6. Berikan sebuah ornamen tumbuhan hias untuk proses ikan Caderal Tetra bertelur.
  7. Tutup aquarium yang sudah diisikan air agar tidak ada debu yang berjatuhan di dalam aquarium
  8. Masukkan ketiga pasang ikan Caderal ke dalam aquarium
  9. Pastikan ukuran aquarium 49x20x20 khusus untuk proses penetasan telur.

Cara Budidaya Ikan Cardinal Tetra

cara budidaya ikan Cardinal Tetra

Pada proses budidaya ikan Cardinal Tetra pastikan beberapa tahapan diatas telah Anda lakukan. Pastikan semua perlengkapan telah di penuhi agar ikan yang akan di budidayakan bisa langsung untuk perkembangan ikan yang akan di budidayakan.

  1. Mempersiapkan tiga ekor pasangan Caderal Tetra untuk di jodohkan agar dapat bertelur ikan-ikan tersebut dan dapat di budidayakan secara langsung.
  2. Kemudian diamkan ikan-ikan tersebut dalam sebuah aquarium agar dapat bertelur dengan baik.
  3. Proses dilakukan selama tiga hari dan pastikan bahwa aquarium tersebut tetap terjaga kebersihannya. Agar tidak mengganggu sebuah proses bertelur tersebut.
  4. Anda juga diharapkan memberikan sebuah makanan untuk ikan-ikan yang sedang memasuki proses pembuahan.
  5. Tutup rapat aquarium agar tidak ada sebuah kotoran atau pun debu jatuh ke dalam aquarium.
  6. Tunggu hingga kurang lebih 3 hari untuk mendapatkan sebuah hasil telur dari ikan-ikan tersebut. Pastikan juga untuk langsung memisahkan telur dengan indukannya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari  telur-telur ini.
  7. Setelah itu Anda juga harus menghindari sebuah sinar matahari secara langsung karena akan mempengaruhi perkembangan dari telur tersebut.
  8. Setelah satu persatu ikan mulai menetas. Maka hal yang harus dilakukan yaitu untuk tidak memberikan ikan yang baru bertelur tersebut makanan. Anda harus menuggu hingga kurang lebih satu sampai empat hari.
  9. Pada tahap awal Anda bisa memberikan sebuah rotifera untuk para ikan tersebut konsumsi setelah melewati masa penetesan.
  10. Tunggu hingga ikan berumur satu Minggu maka selama itu juga mulai dari air hingga makanan untuk ikan-ikan tersebut harus terjaga
  11. Kemudian setelah satu Minggu barulah Anda bisa untuk memindahkan ikan-ikan tersebut dan mencampurkannya kepada aquarium lainnya.

Tahapan Proses Perawatan Ikan Caderal Tetra

cara budidaya ikan Cardinal Tetra

Setelah mengetahui proses budidaya dari ikan tersebut selanjutnya Anda bisa mempelajari bagaimana cara untuk melakukan perawatan dari ikan Caderal Tetra. Sehingga beberapa cara tersebut dapat membantu Anda untuk mempercepat proses panen dari ikan-ikan ini. Maka dari itu harus diperhatikan betul bagaimana prosesnya.

  1. Pilih ikan yang sudah memasuki umur satu minggu dari angka penetasan untuk digabungkan bersama ikan lainnya sesuai dengan jenis betina dan jantannya.
  2. Pastikan bahwa ikan dalam keadaan sehat dan tidak lupa juga untuk memasukkan sedikit air bawaan. Agar ikan mudah untuk beradaptasi dengan cepat sehingga tidak mudah untuk mabuk.
  3. Memberikan cacing alami untuk ikan Caderal Tetra sangatlah dianjurkan.  Agar ikan tersebut mengalami pertumbuhan yang cepat
  4. Pemindahan ikan-ikan tersebut bagus dilakukan pada saat cuaca sejuk agar Ikan tidak mengalami setres saat di pindahkan.
  5. Pada saat ingin menguras aquarium alangkah lebih baiknya jika Anda menyiapkan air terlebih dahulu pada satu hari sebelumnya agar suhu air tersebut bisa menyamakan dengan kadar suhu ruangan pada tempat tersebut sehingga tidak akan berhenti-henti
  6. Untuk pengurasan aquarium itu sendiri bisa dilakukan selama 2 hingga 3 Minggu sekali. Namun ketika dirasa air sudah keruh maka Anda bisa segera untuk menggantinya dengan step seperti bebrapa hal diatas.

Panen Hasil Ikan Caderal Tetra

cara budidaya ikan Cardinal Tetra

Setelah melewati beberapa proses untuk mencapai sebuah hasil yang memuaskan. Anda dapat menjual dari hasil jerih payah yang Anda lakukan dalam memeliharanya. Ada beberapa trik  yang bisa Anda lakukan untuk memanen ikan hasil dari cara budidaya ikan Cardinal Tetra.

  1. Persiapkan sebuah saringan bersih untuk mengambil ikan
  2. Siapkan wadah yang sudah diisikan air endapan. Wadah ini hanya sekedar tempat untuk mengambil ikan tersebut.
  3. Pilihlah ikan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ikan hias hasil dari budidaya sendiri akan terlihat lebih berbeda bila dibandingkan ikan lainnya.

Nah itulah proses dan langkah cara budidaya ikan Cardinal Tetra dari proses pemilihan indukan hingga panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *