Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Gabus Dalam Kolam

cara budidaya ikan gabus dalam kolam

Ikan gabus merupakan ikan yang bisa di ternakkan atau dibudidayakan dengan mudah karena habitatnya yang hidup di air tawar.

Ikan gabus dapat ditemukan di sungai, rawa-rawa bahkan danau. Ikan gabus juga memiliki beragam manfaat baik di sisi kesehatan saat mengkonsumsinya maupun manfaat di sisi ekonomi.

Permintaan pasar akan ikan gabus ini tinggi sehingga ini bisa menjadi salah satu peluang untuk usaha. Lalu, bagaimana cara budidaya ikan gabus dalam kolam?

Ikan gabus dalam pengelolaannya bisa di bilang tidak susah dan tidak gampang. Namun lebih banyak kelebihannya daripada membudidaya ikan tawar jenis lainnya.

Ikan gabus membutuhkan waktu yang singkat dalam pembudidayaannya, serta minat pasar akan ikan gabus lebih tinggi karena beberapa manfaat yang di kandungnya.

Jika anda semakin penasaran, mari kita simak bersama cara membudidayakan ikan gabus di dalam kolam berikut ini :

Pemilihan Indukan Ikan Gabus

Anda bisa membeli bibit ikan gabus di tempat penjualan benih ikan air tawar di dekat lokasi anda.

Indukan atau bibit ikan gabus memiliki beberapa kriteria yang baik untuk di budidayakan. Berikut adalah cara pemilihan induk atau benih ikan gabus :

  1. Belilah bibit ikan gabus yang memiliki kualitas yang baik. Jangan asal membeli bibit yang murah tapi hasil perkembangan ikan buruk.
  2. Pilihlah warna bibit ikan gabus yang terlihat fresh, di tandai dengan sisik ikan jantan lebih gelap dan betina lebih terang.
  3. Bentuk kepala ikan gabus terkenal seperti kepala ular, tapi untuk lebih spesifiknya gabus jantan lebih oval sedangkan betina lebih bulat.
  4. Untuk memastikan antara jantan dan betina yang sehat, dari lubang genital ikan gabus jantan lebih merah dan bila di tekan akan keluar cairan putih bening, sedangkan gabus betina berukuran buncit dan lembek, bila di tekan berisi telur ikan gabus.
  5. Perhatikan tingkah laku bibit, apabila lincah maka menandakan bahwa ikan gabus masih dalam keadaan sehat, apabila bibit ikan gabus sedikit gerakannya, maka menandakan bahwa kondisinya kurang sehat dan anda tidak perlu memilih yang itu.

Persiapan Tempat Untuk Budidaya Ikan Gabus Dalam Kolam

Untuk kolam yang akan di gunakan untuk penampungan budidaya ikan gabus ada beberapa pilihan, yakni bisa menggunakan kolam dari tanah atau biasa di sebut empang, kolam dari terpal, kolam dari wadah yang besar, ataupun gentong.

Hal itu bisa di sesuaikan dengan budget ataupun lahan. Jika ini budidaya untuk skala besar, di sarankan untuk membuat kolam atau empang.

Berikut adalah langkah-langkah mempersiapkan tempat dalam cara budidaya ikan gabus dalam kolam :

  1. Kolam atau empang yang di gunakan sebaiknya luas dan di buat beberapa kolam atau bisa juga di batasi dengan sekat pembatas. Gunanya untuk mengelompokkan beberapa kategori ikan gabus yang berbeda jenis dan ukurannya.
  2. Berilah lubang kolam dengan memberi pipa kecil sebagai arus keluarnya air ketika nanti untuk pembersihan kolam.
  3. Kolam yang di buat bisa di bawah tanah ataupun di buatkan plastik/terpal di atas tanah. Jika di atas tanah, tepiannya di perlukan besi tegak untuk menopang sekeliling plastik/terpal yang membentuk seperti wadah besar, tujuannya agar air kolam tidak tumpah.
  4. Setelah kolam jadi, di bersihkan dan di isi air bersih. Jangan lupa memberi bibit-bibit lumut yang mengandung zooplankton dan fitoplankton di dalam kolam sebagai makanan alami benih ikan gabus di dalam kolam.

Proses Dan Cara Budidaya Ikan Gabus Dalam Kolam

Untuk memulai proses cara budidaya ikan gabus dalam kolam, pastikan seluruh alat dan bahan tersedia dan siap untuk di terjunkan langsung ke kolam.

Untuk lebih singkatnya, mari kita simak proses budidaya ikan gabus sebagai berikut :

  1. Ikan gabus yang telah anda beli di tempat penjualan bibit ikan di dekat lokasi anda, sebaiknya segera di masukkan ke dalam kolam yang telah anda buat tadi.
  2. Masukkan ikan gabus ke kolam sesuai kelompoknya dengan hati-hati sembari memilah atau menyortir ikan yang berbeda jenis.
  3. Setelah beberapa hari di rasa ikan gabus tersebut dapat beradaptasi dengan baik di kolam buatan anda, anda bisa memulai menggabungkan ikan gabus antara jantan dan betina agar proses perkawinan terjadi.
  4. Setelah proses perkawinan dalam beberapa hari oleh ikan gabus, anda bisa memisahkan antara telur-telur yang di hasilkan oleh ikan gabus betina. Biasanya telur ikan di letakkan di sisi dinding kolam ataupun benda-benda di dalam kolam dalam keadaan menempel.
  5. Telur-telur tersebut sebaiknya di letakkan terpisah dari induknya, dan di biarkan hingga telur-telur ikan tersebut menetas dan menjadi benih-benih ikan gabus kecil.

Perawatan Budidaya Ikan Gabus

Dari awal proses pembudidayaan ikan gabus hingga beberapa hari berjalan, anda perlu melakukan perawatan terhadap ikan ternakan anda.

Tidak hanya ikan saja yang anda perhatikan, tetapi lingkungan tempat hidup ikan juga perlu di jaga kebersihannya supaya ikan budidaya terjamin bersih dan tidak mudah mati.

Untuk langkah-langkah perawatan budidaya ikan gabus adalah sebagai berikut :

  1. Benih ikan gabus kecil yang habis menetas, anda tidak perlu memberinya pakan selama satu hingga dua hari. Setelah itu, anda bisa memberikan makanan khusus benih ikan gabus kecil di pagi, siang dan sore atau malam hari.
  2. Ikan gabus kecil yang di rawat hingga berangsur tumbuh sedang, anda bisa memindahkannya ke kolam utama budidaya ikan gabus.
  3. Berilah pakan ikan yang berkualitas baik secara rutin setiap pagi dan sore hari. Hal itu akan meningkatkan daya tumbuh ikan dan memperoleh hasil ikan yang maksimal.
  4. Jangan lupa membersihkan kolam ikan selama satu minggu sekali. Air yang mulai keruh di buang melalui saluran pembuangan air atau lewat pipa kecil di dalam kolam anda. Bersihkan kotoran di dalam kolam lalu isi lagi kolam dengan air yang bersih.

Panen Ikan Gabus

Ikan gabus yang sudah melalui berbagai tahapan perkembangan dalam proses budidayanya, pada akhirnya akan mencapai tahap di mana ikan gabus siap di panen.

Untuk keperluan penjualan ikan gabus berupa bibit yang akan di budidayakan oleh masyarakat lain, panenlah ikan gabus yang menginjak usia remaja.

Sedangkan ikan gabus yang di jual untuk konsumsi, anda bisa memanen yang berukuran dewasa lalu memasarkannya ke pasar-pasar ikan.

Ikan gabus terkenal akan kandungan albuminnya yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, tak heran harga jualnya sangat tinggi di pasaran.

Itulah pembahasan mengenai cara budidaya ikan gabus dalam kolam.

Melakukan ke seluruhan proses dan perawatan cara budidaya ikan gabus dalam kolam dengan baik dan benar, akan menghasilkan ikan gabus yang berkualitas.

Jika ikan yang di hasilkan berkualitas, maka permintaan pasar akan budidaya ikan gabus anda akan naik serta meningkatkan penjualan.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.