cara budidaya ikan Garra Gufa
Warta Bandung

Cara Budidaya Ikan Garra Gufa Agar Sukses dan Untung [OK]

Cara budidaya ikan Garra Gufa susah-susah gampang, di katakan demikian karena ada banyak orang yang berhasil melakukannya. Mungkin Anda juga bisa demikian, jika anda belum belum, berikut ini saya tuliskan langkah-langkah cara pembudidayaannya.

Ikan garra Gufa atau yang biasa digunakan untuk terapi saat ini bisa Anda budidayakan sendiri di rumah.

Ada sebagian orang yang terkadang takut untuk melakukan sebuah pengobatan ini dengan alasan takut akan penyakit orang lain yang menempel pada ikan Garra Gufa tersebut.

Oleh sebab itu Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips cara budidaya ikan Garra Gufa untuk di rumah.

Cara Pemilihan Indukan  Ikan Garra Gufa yang Berkualitas

Bagi Anda yang ingin terapi menggunakan ikan Garra Gufa namun takut maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa membudidayakannya sendiri di rumah. Tips yang pertama yaitu Anda harus mengetahui cara memilih indukan dari ikan Garra Gufa. Hal ini berfungsi agar cara budidaya ikan Garra Gufa yang Anda lalukan memiliki kualitas yang bagus.

  1. Ikan Garra Gufa tidak memiliki sebuah cacat fisik hal ini yang terkadang dapat menimbulkan hasil budidaya yang Anda lakukan nantinya tidak sesuai. Sehingga akan menghasilkan ikan yang cacat juga.
  2. Ikan Garra Gufa ini memiliki sebuah standar tersendiri dalam segi sirip. Hal ini yang nantinya menunjukkan apakah ikan tersebut layak untuk dijadikan sebagai ikan yang dibudidayakan atau tidak. Hal tersebut tergantung juga dari sirip ikan Garra Gufa ini.
  3. Memiliki umur yang pas untuk dikembangbiakkan hal tersebut karena jika ikan tidak memiliki umur yang sesuai maka ikan tidak akan bisa untuk ber reproduksi dengan baik
  4. Standar panjang ikan Garra Gufa yang dijadikan sebagai indukan yaitu berkisar di angka 10cm. Hal ini agar mendapatkan sebuah hasil yang baik dan memiliki sebuah kualitas tinggi.
  5. Ciri-ciri indukan jantan yaitu adanya sebuah ciri khusus yang dapat dilihat dari kepala yang berbeda dengan ikan betina. Bahkan tidak hanya itu saja ada juga sebuah perbedaan yang nampak pada perut ikan jantan tersebut.
  6. Ciri-ciri Indukan ikan Garra Gufa betina yaitu memiliki sebuah perut yang agak membuncit. Hal ini juga bisa menunjukkan bahwa ikan tersebut sudah memiliki umur yang cukup pas untuk dikembangbiakkan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Badut

Pemilihan Tempat Untuk Ikan Garra Gufa

Ikan Garra Gufa merupakan ikan air tawar dan tidak memerlukan sebuah tempat khusus. Namun ikan ini juga tidak bisa menggunakan sebuah aquarium maka dari itu Anda harus membuat sebuah kolam kecil untuk budidaya ikan tersebut. Oleh karena itu ada beberapa cara budidaya ikan Garra Gufa dalam segi pemilihan tempat.

  1. Anda harus menyiapkan lahan untuk membuat kolam terlebih dahulu setelah itu Anda juga bisa mengukur apakah lahan tersebut cukup untuk dibuat sebuah kolam atau tidak.
  2. Hal yang kedua yaitu Anda dapat menyemen kolam tersebut agar dapat tahan lama.
  3. Jika sudah mengering maka Anda bisa untuk membersihkan kolam tersebut dengan menggunakan air mengalir hingga tidak ada bekas semen tersebut.
  4. Kemudian untuk tahapan selanjutnya Anda bisa menyiapkan beberapa pasir untuk di taruh pada bagian bawah kolam. Namun pasir yang digunakan bukanlah sembarangan pasir Anda harus mencari sebuah pasir yang digunakan untuk ikan-ikan hias.
  5. Selanjutnya Anda bisa mengendapkan air selama satu malam sebelum ikan masuk ke dalam kolam. Hal ini seringkali dipakai bukan hanya pada ikan Garra Gufa saja tetapi untuk jenis lainnya pun demikian.
  6. Tahapan selanjutnya Anda bisa melepaskan ikan-ikan tersebut ke dalam kolam yang sudah Anda buat

Cara Bembudidayakan Ikan Garra Gufa

Pada tahapan cara budidaya ikan Garra Gufa selanjutnya yaitu pada proses untuk membudidayakan ikan tersebut. Sebenarnya ikan-ikan ini tidak perlu di budidayakan secara khusus namun tentunya memerlukan sebuah tips agar proses budidaya yang Anda lakukan tidak menjadi gagal. Maka dari itu hal tersebut akan di bahas dalam beberapa poin dibawah ini.

  1. Anda dapat memilih indukan yang pas untuk di budidayakan. Ada beberapa orang yang mengandalkan perbandingan antara panjang dari ikan jantan dan betina. Namun hal ini tentunya akan agak sulit untuk Anda lakukan.
  2. Pastikan Anda memasukkan ikan ke dalam sebuah kolam tadi sebanyak lima pasang lebih. Hal ini untuk mencegah ketidak cocokan antara ikan jantan dan betina. Namun Anda juga tidak disarankan untuk memasukkan ikan Garra Gufa tersebut lebih dari 10 pasang.
  3. Proses budidaya ini akan lebih baik dilakukan pada waktu sore hari saat udara sedang sejuk sehingga tidak akan membuat ikan menjadi setres.
  4. Proses perjodohan tersebut berlangsung kurang lebih 24 jam. Namun hal ini tidak bisa dijadikan sebuah patokan. Anda tetap harus memperhatikan betul-betul perkembangan nya. Agar telur yang dihasilkan oleh sang induk Garra Gufa tidak akan dimakan kembali.
  5. Setelah proses selesai Anda bisa mengeluarkan ikan tersebut dan mengembalikan pada kolam sebelumnya. Anda juga dapat memberikan makanan kepada ikan-ikan tersebut.
  6. Biasanya setiap satu pasangan ikan Garra Gufa akan menghasilkan telur sebanyak kurang lebih ratusan ekor ikan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Nila dengan Terpal

Perawatan Ikan Garra Gufa

Setelah ikan tersebut melewati masa pemijahan atau proses perjodohan tahap berikutnya Anda juga akan diajarkan bagaimana cara untuk merawat ikan Garra Gufa yang baik dan benar. Agar cara

budidaya ikan Garra Gufa ini berhasil maka Anda perlu memperhatikannya secara rutin agar ikan tersebut tidak mengalami sebuah penyakit yang menyebabkan mereka mati.

  1. Selalu memperhatikan kebersihan kolam dari kotoran yang menempel agar tidak mempengaruhi tumbuh kembang ikan.
  2. Selalu melihat perkembangan dari ikan Garra Gufa yang Anda budidayakan tersebut. Jika ikan sudah memasuki tahap dewasa maka bisa di pindahkan kepada kolam ikan dewasa.
  3. Memilih makanan yang cocok untuk ikan Garra Gufa biasanya ada sebagian orang yang memberikan ikan ini makanan berupa cacing. Namun ada juga yang memberikan ikan-ikan tersebut berupa makanan pelet.
  4. Anda juga dapat memberikan sebuah vitamin agar ikan dapat bertumbuh kembang dengan cepat dan juga berkualitas

Panen Ikan Garra Gufa

Ketika ikan-ikan tersebut sudah tampak besar maka sudah waktunya Anda bisa panen ikan Garra Gufa sendiri. Namun ikan ini sangat jarang untuk dikonsumsi hampir kebanyakan orang yang membudidayakan ikan ini digunakan untuk sebagai sarana terapi yang tentunya dapat menguntungkan Anda. Tips panen dari cara budidaya ikan Garra Gufa yang dapat Anda lakukan.

  1. Hal yang utama yaitu Anda dapat menyiapkan kolam renang kecil yang biasa digunakan oleh anak-anak.
  2. Kemudian hal selanjutnya Anda bisa mengisikan air ke dalam kolam tersebut dan di endapkan semalaman.
  3. Selanjutnya Anda bisa mulai memisahkan ikan yang sudah mulai cukup umur dengan ikan yang masih kecil. Hal ini karena ikan yang sudah cukup umur bisa digunakan untuk media terapi sedangkan yang kecil masih belum memiliki sebuah kesiapan.
  4. Anda bisa menaruh ikan-ikan tersebut ke dalam kolam renang kecil tadi untuk media terapi orang-orang.

Nah itulah beberapa langkah cara budidaya ikan Garra Gufa agar sukses dan untung. Sangat mudah bukan? Silahkan anda coba sendiri lakukan di rumah dari kolam kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *