Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Tahapan Cara Budidaya Ikan Haruan Bagi Pemula yg Benar

Cara Budidaya Ikan Haruan

Cara budidaya ikan haruan itu sangat mudah. Dimulai dari pemilihan indukan, persiapan kolam, perawatan hingga proses panen. Anda bisa ikuti prosedur cara membudidayakan ikan Haruan di artikel ini.

Ikan haruan atau biasa dikenal dengan ikan gabus ini telah banyak terdapat di Indonesia. Ikan ini banyak memiliki manfaat sehingga banyak orang yang membutuhkannya bahkan juga menjualnya.

Jadi tidak ada salahnya jika Anda mempelajari cara budidaya ikan haruan ini. Tentunya Anda harus memiliki sebuah lahan yang cukup luas untuk melakukan sebuah budidaya ikan tersebut.

Pemilihan Indukan Ikan Haruan

Ada tips yang bisa Anda lakukan untuk proses memilih sebuah indukan dari ikan haruan atau ikan gabus tersebut. Indukan inilah yang nantinya akan menentukan bagaimana bibit yang akan dihasilkan. Maka dari itu banyak terkadang orang rela membeli indukan dengan harga tinggi hanya karena ingin agar cara budidaya ikan haruan dapat memiliki kualitas terbaik.

  1. Anda harus memperhatikan dan bisa membedakan antara ikan haruan jantan dan betina. Hal ini agar proses budidaya yang Anda lakukan bisa tepat sasaran.
  2. Mengetahui ciri-ciri dari ikan haruan jantan yaitu memiliki bentukan kepala yang agak oval dan juga warna dari kulit ikan tersebut agak lebih gelap bila dibandingkan dengan betina
  3. Ciri-ciri yang terdapat pada ikan betina yaitu memiliki kepala yang berbentuk  bulat dan memiliki warna tubuh yang agak terang.
  4. Hal yang berikutnya yaitu melihat dari semua aspek yang dimiliki oleh ikan tersebut apakah ada bagian tubuh yang cacat atau tidak. Terkadang hal ini bisa terlihat dari warna ikan tersebut.
  5. Daya gerak dan aktif ikan juga menjadi titik penentu apakah ikan kayak untuk dibudidayakan atau tidak. Hal tersebut karena jika ikan tersebut mengalami sakit maka akan percuma jika ikan tersebut dibudidayakan.
  6. Berat yang dimiliki oleh ikan haruan juga haruslah sesuai dengan standar. Agar ikan dapat bereproduksi secara baik.
  7. Usia dari ikan juga menjadi titik penentuan apakah ikan tersebut bisa untuk dibudidayakan atau tidak. Hal ini karena akan sangat berpengaruh kepada telur yang akan dibuahi nantinya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Guppy Tubeles

Persiapan Tempat Ikan Haruan

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan bagi Anda yang akan membudidayakan ikan haruan ini. Anda juga harus mempersiapkan semuanya secara matang agar ikan haruan mendapatkan sebuah tempat yang layak dan sesuai dengan habitat mereka. Berikut ini cara budidaya ikan haruan yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan omzet tinggi.

  1. Hal pertama Anda harus menyiapkan lahan yang cukup luas untuk membudidayakan ikan haruan ini. Anda bisa membuatnya dengan menggunakannya dengan media terpal ataupun media lainnya. Namun untuk ikan jenis ini aquarium bukanlah sebuah tempat yang cocok untuknya.
  2. Jika Anda ingin membudidayakan ikan haruan ini di pedesaan maka akan lebih cocok menggunakan kolam dari tanah. Hal ini karena proses aliran air pun akan cukup mudah air yang dialirkan dari sawah akan mengalir ke kolam ikan haruan tersebut.
  3. Jika Anda menginginkan untuk membudidayakan ikan haruan tersebut di perkampungan maka bisa menggunakan sebuah kolam beton ataupun terpal. Hal ini tentunya membutuhkan lahan yang cukup luas untuk membangunnya.
  4. Kolam jenis beton dan terpal ini paling banyak diminati karena memiliki sebuah perawatan yang cukup mudah. Bahkan juga menghasilkan ikan yang bersih tidak memiliki bau tanah dan lain sebagainya.
  5. Pada kolam terpal dan beton ini sendiri Anda harus menyiapkan tempat keluar masuknya air agar dapat berjalan dengan lancar tanpa harus menggunakan alat yang banyak. Maka dari itu Anda perlu memperhatikannya dari awal pembuatan kolam tersebut
  6. Memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga Anda tidak perlu membuatnya kembali.
  7. Proses pengurasannya pun cukup mudah tanpa memerlukan sebuah alat khusus untuk membersihkannya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Badut

Cara Budidaya Ikan Haruan

Ada berbagai macam cara budidaya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil ikan haruan yang lebih baik. Proses dan cara budidaya ikan haruan juga harus mendapatkan sebuah perhatian khusus. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk Anda coba melakukan beberapa tahapan proses budidaya ini agar ikan haruan dapat berkembang dengan baik.

  1. Anda bisa menaruh ikan indukan haruan pada sebuah tempat yang sudah disediakan. Oleh karena itu Anda harus menyediakan banyak tempat untuk memisahkan segala prosesnya.
  2. Setelah itu Anda bisa memasukkan ikan haruan kurang lebih tiga puluh pasang hal ini dilakukan untuk mempercepat sebuah proses dari proses reproduksi tersebut.
  3. Biasanya prosesnya berlangsung selama kurang lebih tiga sampai empat hari. Selama itulah Anda juga harus memperhatikan setiap perkembangan dari ikan-ikan haruan tersebut.
  4. Jika sudah terlihat ikan betina mengeluarkan telur tersebut maka Anda sudah mulai harus memisahkan ikan dari telurnya tersebut.
  5. Proses penetasan telur tersebut berlangsung selama satu harian lebih hal ini lebih cepat dibandingkan jenis lainnya.
  6. Anda juga dapat memindahkan ikan yang telah menetas tersebut kepada sebuah kolam untuk proses pendewasaan dari ikan tersebut karena setiap usia ikan tentunya memiliki konsumsi makanan yang berbeda jenis.
  7. Tahapan ini adalah sebuah proses sederhana dari sebuah budidaya ikan haruan tersebut. Maka dari itu Anda dapat membudidayakan ikan haruan ini agar hasil yang didapatkan pun dapat maksimal.

Perawatan Ikan Haruan

Ikan haruan ini tidak harus memiliki perawatan khusus sama halnya dengan ikan jenis lainnya. Ikan haruan ini proses perawatannya pun cukup sama dengan ikan lele. Maka dari itu cara budidaya ikan haruan

ini banyak digemari oleh masyarakat luas karena sebuah kemudahan yang dimiliki oleh ikan ini. Berikut ini ada proses cara melakukan perawatan terhadap ikan haruan.

  1. Melakukan pembersihan kolam paling lama empat hari sekali. Walaupun ikan haruan sangat suka dengan lumpur dan air yang kotor. Namun dalam membudidayakan ikan haruan haruslah bersih dan menghindari kotoran-kotoran tersebut.
  2. Memberikan pakan satu hari tiga kali agar ikan haruan cepat berkembang dan tidak mudah mati. Hal ini dilakukan karena ikan haruan memiliki nafsu makan yang lumayan cukup tinggi.
  3. Memilih ikan dan memasukkan kepada tempat semestinya. Terkadang dalam memudahkan proses budidaya tersebut ikan membutuhkan sebuah proses untuk tumbuh kembang yang baik. Maka dari itu agar merawat ikan tersebut lebih mudah Anda bisa memasukkan ikan tersebut ke dalam wadah berdasarkan katagori dari masing-masing ikan tersebut.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Garra Gufa

Panen Ikan Haruan

Ikan haruan yang sudah memiliki bobot yang cukup tentunya sudah dapat di panen oleh Anda. Ada beberapa ciri khas yang menunjukkan bahwa ikan tersebut dapat di panen. Dari beberapa cara budidaya ikan haruan hal ini yang paling disukai oleh setiap para pencinta ikan yaitu tahapan panen. Di sinilah hasil yang Anda lakukan dapat terlihat dengan jelas.

  1. Ikan haruan telah memiliki bobot yang cukup untuk di panen
  2. Ikan haruan telah memiliki sebuah umur yang pas pada saat di panen jadi, khasiat yang dirasakan pun akan dapat Anda rasakan.
  3. Ikan yang sudah siap di panen dapat diserok dengan jaring khusus untuk mengangkat ikan secara bersamaan.
  4. Cara lainnya Anda juga bisa mengeringkan air yang terdapat di dalam kolam tersebut lalu kemudian menggiring ikan tersebut untuk ke tepi.

Nah itulah penjelasan tentang 5 tahapan cara budidaya ikan haruan paling mudah dilakukan pemula. Semoga membantu untuk anda yang membutuhkan.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.