cara budidaya ikan hias air laut
Uncategorized

Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut yg Benar [Hasil Melimpah]

Cara budidaya ikan hias air laut bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada prosedur yang harus dilakukan agar bisa sukses budidaya ikan ini. Mulai dari pemilihan indukan, persiapan tempat, perawatan hingga panen. Di sini Anda akan menemukan tips dan triknya agar berhasil.

Beberapa tahun belakangan ini budidaya ikan hias air laut banyak di kembangkan oleh masyarakat. Permintaan yang semakin meningkat tiap tahunnya membuat mereka mengembangkan budidaya ikan hias ini. Berikut ini cara budidaya ikan hias air laut, di antranya adalah:

Langkah Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut

cara budidaya ikan hias air laut

Untuk Anda yang penasaran dan ingin tahu bagaimana cara membudidayakan ikan hias air laut, berikut adalah langkah dan tahapannya:

1. Pemilihan Indukan yang Bagus

cara budidaya ikan hias air laut

Cara budidaya ikan hias air laut, pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit. Ini penting supaya nanti menghasilkan ikan-ikan yang berkualitas. Berikut beberapa tips dalam memilih indukan yang bagus:

  1. Pilihlah indukan ikan yang tidak cacat, sehat serta berasal dari genotip yang bagus
  2. Perhatikan ukuran serta bentuk badan dari ikan hias yang akan dijadikan sebagai indukan. Pertahikan juga mulai dari bentuk ekor, sirip sampai pada kepala ikan
  3. Pilihlah umur ikan hias yang sudah siap untuk dibuahi
  4. Pilihlah warna yang cerah dan kontras pada ikan hias
  5. Pilihlah jenis ikan yang sama untuk dijadikan indukan

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lemon Fish

2. Persiapan Tempat

cara budidaya ikan hias air laut

Pemilihan tempat yang sesuai penting untuk membuat ikan agar nyaman dan seperti di habitat aslinya. Hal ini mencegah terjadinya stres pada ikan hias yang akan berujung pada kematian. Berikut cara budidaya ikan hias air laut dalam penentuan tempat.

  1. Pilihlah akuarium yang tepat untuk meletakkan ikan hias. Pemilihan aquarium ini penting karena tempat untuk budidaya ikan hias. Gunakan akuarium yang dapat menampung volume air yang banyak
  2. Gunakan air yang jernih. Anda bisa gunakan air laut yang bisa di beli di toko-toko penjual ikan hias. Dan ukurlah tingkat keasinan air laut, sekitar 34 hingga 37 per 1000 unit air serta perhatikan juga kadar pH air.
  3. Atur suhu yang ada dalam aquarium. Pengaturan suhu dalam akuarium ini penting agar ikan tidak mudah stres, usahakan suhu dalam aquarium sekitar 26 derajat celcius. Pengaturan suhu ini karena ikan hias dan terumbu karang harus berada pada suhu air yang cukup dingin.
  4. Bersihkan kotoran. Gunakan pompa air dan alat untuk mengangkat kotoran yang ada dalam akuarium, supaya kebersihan akuarium tetap terjaga.
  5. Pencahayaan yang bagus. Atur pencahayaan yang ada di akuarium, karena ikan hias memerlukan pencahyaan seperti pada habitat aslinya.

3. Proses Budidaya Ikan Hias Air Laut

cara budidaya ikan hias air laut

Bagian terpenting dalam membudidayakan ikan hias adalah proses dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika pembudidayaan. Berikut ini proses dari budidaya ikan hias:

  1. Pengisian bahan aquarium. Isi akuarium dengan terumbu karang, rumput laut, kerikil dan lampu untuk penerangan akuarium. Setelah itu isi dengan air, diamkan dulu akuarium yang sudah di filter selama kurang lebih satu minggu
  2. Pemindahan bibit. Setelah menyiapkan akuarium dan memilih bibit yang unggul. Kemudian pindahkan bibit yang telah di siapkan ke dalam akuarium. Pindahkan secara perlahan dan hati-hati agar ikan tidak panik dan stres yang akan mengakibatkan ikan mati
  3. Pemberian pakan. Pemberian pakan untuk ikan hias biasanya menggunakan pakan alami atau pakan buatan. Jenis pakan alami bisa berupa jentik nyamuk, cacing sutra, infusoria, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pakan buatan seperti pelet ikan.
  4. Pemilihan umur. Untuk proses pembuatan dibutuhkan ikan hias jantan dan betina yang sudah cukup umur. Biasanya ikan hias akan mengalami matang gonad (kelamin) serta dapat dipijah sekitar umur 4-12 bulan.
  5. Proses pemijahan. Proses pemijahan telurnya bisa dilakukan secara internal maupun eksternal. Karena tidak semua ikan hias dapat melakukan pemijahan secara alami, untuk itu maka dilakukan pemijahan secara eksternal. Pemijahan secara eksternal biasanya menggunakan hormon perangsang yang di suntikan di tubuh ikannya. Menyuntikan hormon ini dilakukan agar pemijahan bisa secara alami atau dengan pengurutan (stripping)
  6. Proses penetasan telur. Penetasan telur tergantung dari jenis ikannya. Biasanya telur akan menetas kurang lebih 24 jam setelah menjadi larva. Penetasan bisa di lakukan di akuarium, kolam atau tempat lainnya
  7. Perawatan larva. Larva bisa di taruh di dalam akuarium atau kolam sampai berumur kurang lebih satu minggu tidak perlu di beri pakan

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas yang Baik

4. Perawatan Ikan Hias Air Laut

cara budidaya ikan hias air laut

Cara budidaya ikan hias air laut dengan ikan hias air tawar memang sedikit berbeda dalam hal perawatan. Begini cara perawatan ikan hias air laut, diantaranya:

  1. Pemberian pakan tiga kali sehari. Beberapa jenis makanan ikan hias yang bisa digunkan yaitu: pakan ikan pellet, cacing, granule, flake, dan masih banyak lainnya
  2. Menjaga kebersihan air. Perhatikan kejernihan air, jika air sudah mulai keruh gantilah dengan yang baru dan atur suhu dalam akuarium. Biasanya penggantian air dilakukan sekitar 2 sampai 3 minggu sekali, hal ini bertujauan agar air tetap jernih
  3. Lama pemeliharaan. Untuk pemeliharaan ikan laut biasanya beberapa bulan saja sudah bisa di panen, tergantung pada jenis ikan hias air laut
  4. Suhu air. Bersihkan kaca akuarium baik bagian dalam maupun bagian luar. Setelah akuarium bersih kemudian isi lagi dengan air laut yang baru. Atur suhu serta tingkat kaeasinan air laut dan pH atau kadar keasaman pada air
  5. Menjaga kebersihan. Penyakit ikan hias biasanya disebabkan oleh bukan parasit dan penyakit karena serangan parasit. Biasanya penyakit ini timbul karena kebersihan makanan yang tidak dijaga
  6. Hama yang perlu diwaspadai biasanya adalah larva cepung, keong, dan lainnya.

5. Proses Pemanenan

cara budidaya ikan hias air laut

Setelah melalui serangkaian tahapan pembudidayaan. Cara budidaya ikan hias air laut selanjutnya yaitu pemanenan ikan hias.

  1. Pastikan bahwa ikan hias sudah siap untuk di panen
  2. Kurangi volume air yang ada di akuarium maupun kolam, hal ini dilakukan agar memudahkan dalam menangkap ikan
  3. Gunakan jaring atau alat lainnya untuk mengambil ikan dari kolam atau akuarium
  4. Kemudian taruh ikan di wadah yang telah di isi oleh air, supaya ikan tidak stres pindahkan dengan hati-hati.
  5. Untuk pemasaran ikan bisa dijual ke toko-toko yang menjual aneka macam ikan hias atau bisa secara online.

Cara budidaya ikan air laut memang sedikit lebih sulit ketimbangan ikan air tawar. Karena dalam budidaya ikan air laut harus memeperhatikan kadar keasaman dalam air. Beberapa jenis ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara diantaranya adalah: Clown fish, Angelfish, Blue tang, Yellow tang, Butterfly fish, Blue devil.

Baca juga: Proses Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

FAQ

1. Bagaimana Tahapan Budidaya Ikan Hias Air Laut?

Cara Budidaya Ternak Ikan Hias Air Laut Hasil Menjanjikan:

  1. Menyiapkan Akuarium. Tahap pertama dalam budidaya ternak ikan hias air laut adalah dengan menyiapkan akuarium
  2. Membentuk Lingkungan Akuarium
  3. Cek Kualitas Air
  4. Beli Bibit
  5. Pemindahan Bibit
  6. Pemeliharaan Ikan
  7. Pemasaran

2. Ikan Hias Air Laut Apa Saja?

Berikut beberapa daftar dari jenis ikan hias air laut tersebut:

  1. Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang
  2. Ikan Hias Air Laut Yellow Tang
  3. Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish
  4. Ikan Hias Air Laut Blue Devil
  5. Ikan Hias Air Laut Angelfish
  6. Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies.
  7. Ikan Hias Air Laut Clownfish

3. Sebutkan Ikan Apa Saja yang Dapat Hidup Di Air Laut Minimal 5?

8 Jenis Ikan Laut di Indonesia yang Sering di Konsumsi:

  1. Ikan Tongkol. Ikan tongkol mudah diperoleh karena ikan tersebut menyebar di seluruh pantai Indonesia
  2. Ikan Cakalang
  3. Ikan Tuna
  4. Ikan Teri
  5. Ikan Kakap
  6. Ikan Kembung
  7. Ikan Makarel
  8. Ikan Baronang

4. Perlukah Aerator Untuk Aquarium Air Laut?

Fungsi aerator pada aquarium air laut yang dijual di pasaran sangat berguna dalam menghemat biaya. hal itu berkaitan dengan jumlah ikan yang dipasarkan sangatlah beranekaragam sehingga agar kondisi ikan tetap sehat dan kebutuhan oksigen tercukupi maka diperlukan aerator.

Penutup

Itulah beberapa tahapan cara budidaya ikan hias air laut yang baik [hasil melimpah]. Pembudidayaan ikan hias air laut dengan ikan hias air tawar sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun perawatan ikan hias air laut sedikit lebih sulit karena harus memperhatikan kualitas air seperti kadar garam dalam air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *