cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium
Warta Bandung

5 Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium [Pemula]

Cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium bisa dilakukan dengan mudah. Siapa saja  bisa melakukannya asalkan mau dan ada niat yang kuat. Dimulai dari pemilihan bibit yang bagus dan berkualitas, sistem pengairan yang bagus, pemeliharaan hingga proses pembersihan kolam. Semuanya harus dilakukan dengan baik agar ikan tidak mati di aquarium.

Ikan hias yang hidup di air tawar akan sedikit berbeda pembudidayaannya dibandingkan dengan ikan hias yang hidup di air laut, terkhususnya apabila proses pembudidayaannya menggunakan aquarium sebab dijadikan hiasan rumahan. Cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium wajib memperhatikan beberapa tahapan.

Lantas, apa saja tahapan yang dibutuhkan dalam proses pembudidayaan ikan hias air tawar tersebut? Tahapan – tahapan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Pemilihan Benih Ikan Hias Air Tawar

Cara pertama yang dilakukan dalam cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium adalah menentukan dan memilih benih ikan hias air tawar. Adapun langkah – langkah yang dilakukan pada tahapan ini adalah:

  1. Mengunjungi toko ikan hias terdekat yang mengalami kualitas terbaik. Setelah itu, mintalah arahan dari penjual untuk menunjukkan ikan hias air tawar terbaik yang dapat dibudidayakan di dalam aquarium, khususnya apabila anda seorang pemula.
  2. Setelah mendapatkan arahan dan rekomendasi beberapa ikan hias air tawar yang bisa didbudidayakan di aquarium. Saatnya anda memilih jenis ikan tersebut, biasanya ikan platy adalah ikan terbaik yang dibudidayakan di aquarium.
  3. Saatnya anda untuk melakukan pemilhan benih. Pilihlah benih yang berkualitas unggul, seperti contoh ikan platy bibitnya yang unggul dapat ditemukan pada fisiknya maupun aktifitasnya. Ikan platy yang merupakan bibit unggul cenderung berwarna cerah, aktif bergerak, tidak cacat, dan memiliki mata yang terang (tidak abu – abu).

Persiapan Aquarium yang tepat

Sesuai dengan judulnya, cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium tentu saja sangat memperhatikan tahapan ini. Sebab, persiapan aquarium yang tepat dapat mempengaruhi suksesnya anda dalam masa panen nanti. Oleh sebab itu, langsung saja kita menuju tahapan persiapan aquarium yang tepat bagi ikan hias air tawar:

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan aquarium. Bentuk dan ukuran aquarium bisa anda sesuaikan dengan jumlah ikan yang akan anda budidayakan. Untuk jumlah ikan di atas 2 pasang sangat disarankan menggunakan aquarium petak berukuran sedang.
  2. Setelah mendapatkan jenis aquarium yang hendak anda pilih dalam proses pembudidayaan ikan hias tersebut, selanjutnya anda wajib membersihkan aquarium tersebut dari kotoran yang ada, baik debu yang menempel.
  3. Apabila anda ingin mempercantik isi aquarium anda, tentu saja anda bisa memanfaatkan tanaman hias atau wallpaper dan mainan – mainan aquarium lucu. Tanaman hias yang dapat anda pilih bisa berupa tanaman hidup seperti ganggang atau mungkin terumbu karang. Namun, untuk pengisian benda – benda ini jangan terlalu banyak sebab dapat membuat ikan sesak.
  4. Isikan air ke dalam aquarium tersebut. Ingat air yang digunakan adalah air sehat dan bermutu tinggi untuk ikan hias air tawar. Air tersebut dapat anda temukan pada air hujan atau air sumur, dimana pH berkisar antara 6-7. Apabila anda menggunakan air PDAM, endapkan terlebih dahulu air tersebut kira – kira semalaman.
  5. Jangan lupa untuk memasang oksigen, sebab beberapa ikan hias tidak tahan berada di dalam aquarium tanpa kehadiran mesin oksigen.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Platy Bagi Pemula

Proses dan Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Tahapan selanjutnya adalah proses dan cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium itu sendiri yang terdiri atas langkah – langkah berikut:

  1. Menebarkan benih ikan ke dalam aquarium. Dalam penyebaran benih ikan usahakan dilakukan beserta air yang dibawa dari kolam tempat ikan tersebut dibeli. Hal ini dimaksudkan agar ikan dapat menyesuaikan lingkungannya terlebih dahulu.
  2. Sebarkan benih ikan secara merata, pastikan jumlah ikan hias air tawar berkelamin betina 2x lebih banyak dibandingkan ikan hias air tawar berkelamin jantan. Hal ini dimaksudkan agar ikan betina gampang untuk berkembang biak dan tidak membuat ikan jantan saling menyerang.
  3. Berilah makan ikan tersebut dengan menggunakan makanan yang sehat dan bermutu. Salah satu makanan yang dianjurkan tentunya pelet ikan dimana pelet ikan dipercaya dapat membuat warna ikan menjadi lebih cerah dan lebih sehat. Akan tetapi, penggunaan cacing darah sebagai makanan ikan hias juga diakui memberikan kualitas terbaik.

Perawatan Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

Tahapan paling penting saat setelah melakukan proses pembudidayaan ikan hias air tawar di aquarium adalah dengan memberikan perawatan rutin. Perawatan ini bukan hanya sekedar memberi makan, tetapi memuat unsur – unsur lain. Adapun langkah – langkah dalam melakukan perawatan ikan hias air tawar di aquarium tersebut adalah:

  1. Selalu rutin dalam mengecek Kesehatan dari ikan hias air tawar yang anda pelihara di dalam aquarium tersebut. Apabila terdapat ikan yang warnanya mulai meredup, sirip yang mulai menguncup, dan kegiatannya mulai tidak aktif, cepat – cepat pisahkan ikan tersebut dengan ikan lainnya. Buat wadah baru yang lebih lebar dan berikan obat yang telah disarankan oleh pemilik toko ikan.
  2. Selalu mengganti air yang ada di dalam aquarium tersebut minimal dua kali seminggu. Lakukan pergantian air pada pagi hari, tetapi tetap menggunakan air yang telah diendapkan atau air hujan agar ikan tetap sehat.
  3. Bersihkan kolam dari kotoran – kotoran yang ada agar tampilan aquarium dan kesehatan ikan di dalamnya tidak terganggu. Hal ini wajib rutin dilakukan, minimal dua kali seminggu sebelum anda mengganti air yang ada di dalamnya.
  4. Berikan makanan ikan hias yang ada di dalamnya setiap hari, maksimal dua kali sehari. Berilah makanan dengan takaran secukupnya, sebab berlebihan juga dapat membuat ikan mudah mati atau mengotori aquarium lebih cepat.
  5. Selalu cek keadaan ikan betina, apabila sedang hamil berikan makanan ekstra dan ketika sudah melahirkan pastikan telah memisahkan bayi ikan tersebut ke wadah baru agar tidak dimakan oleh induk – induk ikan yang besar.

Baca juga: Makanan dan Cara Budidaya Ikan Nila Merah

Proses Panen Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

Proses panen dimulai apabila cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium anda sudah benar. Panen tersebut dapat anda lakukan dengan langkah – langkah di bawah ini.

  1. Pastikan bahwa benihi ikan hias yang hendak anda panen tersebut sudah berumur cukup. Hal ini ditandai dengan ukurannya yang lumayan remaja dan gerakannya yang semakin lincah.
  2. Pastikan kualitas benih ikan hias yang hendak dipanen merupakan benih terbaik dimana berwarna cerah dan sehat (tidak cacat).

Cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium wajib anda perhatikan setiap tahapan dan langkahnya agar sukses dan memberikan keuntungan bagi anda. Selamat mencoba semoga kesuksesan bersama kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *