Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Jelawat dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Jelawat dengan Mudah

Akhir-akhir ini banyak orang yang membicarakan mengenai sebuah ikan jelawat. Ikan yang hidup di sungai bisa untuk dibudidayakan pada sebuah kolam baik dalam bentuk terpal ataupun beton. Cara budidaya ikan jelawat ini akan membuat penghasilan dapat tinggi bahkan ikan ini juga merupakan sebuah peluang bisnis.

Proses Pemilihan Indukan Ikan Jelawat

Ikan jelawat yang biasanya hidup dalam perairan danau. Kini ikan tersebut bisa untuk dijadikan budidaya ikan jelawat. Ikan-ikan tersebut sebelum melalui sebuah proses budidaya hal yang pertama dilakukan yaitu dari sebuah pemilihan indukan yang merupakan sebuah cara budidaya ikan jelawat. Maka dari itu berikut ini adalah sebuah pemilihan indukan yang dapat dilakukan.

  1. Ikan jelawat dipilih berdasarkan sebuah sirip dari ikan jelawat. Banyak orang yang mengatakan bahwa sirip dari ikan jelawat dapat menentukan sebuah indukan yang baik atau tidak. Maka dari itu sebelum melakukan sebuah indukan ada lebih baiknya untuk melihat sirip dari ikan ini.
  2. Ikan jelawat juga dapat diperhatikan baik dan buruknya dari sebuah warna yang terdapat pada ikan jelawat yang nantinya juga akan dihasilkan oleh beberapa perkawinan ikan tersebut.
  3. Melihat dari mata sang ikan jelawat apakah mata yang ada pada ikan jelawat tersebut memiliki sebuah kelainan atau tidak. Hal tersebut dapat dilihat secara berkala, agar tidak mudah untuk kecolongan.
  4. Melihat pula dari ada atau tidaknya luka yang ada di tubuh luar sang ikan jelawat. Adanya sebuah luka tentunya menjadi sebuah hal yang perlu  untuk dilakukan sebuah pengecekan lebih lanjut apakah akan mempengaruhi dari tumbuh kembang sang ikan atau jelawat tersebut.

Persiapan Kolam Untuk Ikan Jelawat

Ikan jelawat tidak membutuhkan sebuah tempat khusus melainkan yang hanya diperlukan yaitu tempat yang pas dan juga sesuai dengan ikan ini. Terkadang banyak orang yang menganggap bahwa merawat ikan ini cukup sulit. Namun tidak, jika mengikuti sebuah cara budidaya ikan jelawat dengan baik dan benar tanpa ada satu pun yang kekurangan.

  1. Tempat untuk ikan jelawat harus berupa kolam yang terbaik dari beton. Hal ini karena ikan jelawat membutuhkan sebuah ruang untuk bergerak bebas. Bahkan juga tidak akan membuat ikan yang terbiasa hidup di habitat danau tidak mengalami sebuah setres.
  2. Kolam tersebut harus dibuat dengan menggunakan jaring agar ketika ada bibit ikan tidak mudah terseret air saat sedang dikuras. Pada proses ini juga harus dipastikan bahwa ikan jaring yang dipasang pas dan tidak kurang ataupun lebih.
  3. Hal berikutnya yaitu terdapat pada sebuah aksesoris pelengkap yang harus disiapkan agar ikan dapat hidup berkembang biak dengan baik. Sebisa mungkin tempat dari ikan jelawat ini bisa dijadikan sebagai beberapa bagian agar masing-masing ikan memiliki sebuah tempat tinggalnya sendiri.
  4. Berikan sebuah tanaman hidup dalam air agar dapat mempercantik kolam yang digunakan untuk kembang biak. Oleh karena itu penting bagi para pembudidaya untuk melakukan ini untuk memberikan keindahan bagi para yang melihatnya.
  5. Pada bagian ini juga harus diperhatikan sebuah pengurasan kolam agar tidak kotor atau pun bau dari sebuah makanan sisa dari ikan jelawat tersebut. Jika tidak dibersihkan maka akan menghasilkan ikan tersebut.
  6. Menyiapkan sebuah penutup untuk di atas kolam agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam sebuah kolam tersebut. Sehingga hal ini yang nantinya akan menghindari sebuah kotoran yang dapat merusak ekosistem dalam kolam tersebut.
  7. Mempersiapkan endapan air yang digunakan untuk sebuah ikan tersebut tinggal atau pun hidup agar tidak mudah membuat ikan-ikan tersebut mati atau pusing akibat air baru turun.

Proses Budidaya Ikan Jelawat

Cara budidaya ikan jelawat bukanlah hal yang sulit ketika mengetahui caranya. Maka dari itu ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan agar ikan tersebut dapat berkembang biak dengan baik dan tidak mudah sakit atau pun mati. Hal ini dapat dilakukan dengan cara  budidaya dari yang dilakukan dan prosesnya yang dapat menghasilkan bibit terbaik.

  1. Indukan yang telah dipilih tadi dapat disiapkan terlebih dahulu untuk kemudian dimasukkan ke sebuah kolam agar dapat kawin dengan lawan jenisnya.
  2. Pastikan bahwa kedua lawan jenis ikan ini dimasukkan ke dalam kolam pada waktu yang tepat karena jika dalam meletakkan sebuah ikan tidak pas maka akan  mempengaruhi hasil dari reproduksi ikan jelawat tersebut menjadi kurang baik.
  3. Setelah itu indukan jelawat jantan jangan dimasukkan kepada sebuah kolam dalam waktu yang bersamaan. Hal ini karena ikan betina membutuhkan sebuah waktu untuk sang indukan betina beradaptasi.
  4. Tunggu proses perkawinan tersebut benar-benar selesai agar tidak mempengaruhi reproduksi dari telur tersebut.
  5. Hal yang terakhir setelah melihat proses perkawinan ikan tersebut jika ikan betina sudah mengeluarkan telur maka tahapan selanjutnya ikan tersebut harus dipindahkan ke tempat lain.

Perawatan Untuk Ikan Jelawat

Sama seperti ikan jenis lainnya yang membutuhkan sebuah perawatan agar dapat berkembang dengan sempurna sehingga menghasilkan bibit ikan yang terbaik dan jarang ada. Maka dari itu ada beberapa statement yang membicarakan mengenai sebuah cara budidaya ikan jelawat

dan juga bahkan perawatan ikan tersebut agar bisa tetap hidup dana dapat di jual.

  1. Memperhatikan tumbuh kembang ikan melalui sebuah proses perkembangan ikan. Hal ini juga dilakukan agar ikan mendapatkan sebuah perawatan yang lebih baik agar bisa memiliki sebuah timbangan yang cukup berat.
  2. Lebih memperhatikan kepada pakan yang dimakan oleh ikan-ikan tersebut agar tidak mudah terkena penyakit maka ikan diberi secara teratur dan dilakukan waktu tertentu secara rutin. Hal ini agar ikan dapat mengetahui kapan waktunya mereka akan diberikan makanan.
  3. Proses selanjutnya yaitu pada tahapan pemberian sebuah vitamin yang biasanya diberikan dengan cara mencampurkannya dengan pakan yang diberikan kepada ikan jelawat. Selain untuk tumbuh kembangnya hal ini juga akan sangat berguna untuk memberikan sebuah ketahanan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.
  4. Setelah beberapa hari harus dilakukan pengecekan apakah ikan yang telah dibudidayakan tadi mengalami proses tumbuh kembang yang baik atau tidak. Jika iya maka ikan tersebut dapat dipindahkan kepada kolam lainnya agar proses tumbuh kembang pun dapat seimbang dengan ikan lainnya.

Proses Panen Ikan Jelawat

Ikan jelawat baru bisa di panen pada waktu yang tepat. Hal ini karena untuk menghindari ikan tersebut belum selayaknya untuk dijual. Maka dari itu sebelum melakukan panen ikan dari sebuah cara budidaya ikan jelawat ada yang dapat dilakukan agar ikan tersebut dapat memiliki perkembangan dengan baik.

  1. Hal yang sama dilakukan pada ikan jelawat yaitu mempersiapkan sebuah tempat terlebih dahulu yang sudah diisikan dengan air endapan.
  2. Menyaring ikan yang sudah siap untuk di panen. Pastikan sebelum dimasukkan ke dalam wadah plastik ikan tersebut telah melewati sebuah pemeriksaan mulai dari usia, panjang, hingga timbangan yang pas pada saat panen tersebut. Agar hasil mendapatkan sebuah omzet yang cukup besar.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.