Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Koi di Dalam Tanah [Baik dan Benar]

cara budidaya ikan koi di dalam tanah

Cara budidaya ikan koi di dalam tanah bisa dimulai dengan pemilihan indukan, kemudian persiapan tempat atau lahan, perawatan hingga panen. Tahapan-tahapan ini harus dilakukan dengan baik dan terstruktur agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan ikan di aquarium atau kolam terpal, kolam ikan yang terbuat dari tanah juga memiliki tahapan – tahapan khusus untuk dapat memulainya. Cara budidaya ikan koi di dalam tanah ini sebenarnya tidak terlalu sulit tetapi memerlukan perhatian khusus.

Adapun tahapan – tahapan khusus yang dapat dilakukan sebagai cara budidaya ikan koi di dalam tanah adalah sebagai berikut:

Pemilihan Indukan Atau Benih Ikan Koi Yang Tepat

cara budidaya ikan koi di dalam tanah

Baik di dalam tanah atau aquarium, pembudidayaan ikan koi wajib melalui beberapa proses dimana proses utamanya adalah pemilihan indukan atau benih yang tepat. Pemilihan indukan ini tidak boleh dilakukan secara asal – asalan, sebab keberhasilan budidaya yang berujung panen hasil berkualitas dimulai dari penebaran benih bermutu tinggi. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut:

  1. Mengunjungi toko ikan terdekat yang dipercaya memiliki kualitas terbaik, ikannya sehat dan tidak cepat mati.
  2. Memilih indukan atau benih ikan koi yang sehat dan aktif. Mintalah saran kepada tukang ikan untuk memilihkan anda indukan berkualitas, tetapi jika anda hendak melakukan pengecekan sendiri tentu saja bisa dilakukan.
  3. Untuk mengecek, induk mana yang memiliki kualitas terbaik dapat diamati melalui personalisasi dan pergerakan tubuhnya. Ikan yang sehat cenderung memiliki mata yang sangat cerah dan warna yang lebih terang. Pergerakan yang diamati dari ikan koi yang sehat juga dapat dilihat bahwa ikan tersebut bergerak tenang dan seimbang tetapi aktig.
  4. Pemilihan indukan ikan koi harus benar – benar maksimal, sebab ikan koi berbeda dengan ikan lainnya. Ikan koi cenderung lebih susah tampak dalam keadaan sakit.

Persiapan Tempat atau Kolam di Dalam Tanah

cara budidaya ikan koi di dalam tanah

Tahapan kedua tentu saja sesuai dengan topik yang akan dibahas dalam artikel cara budidaya ikan kol di dalam tanah yaitu melakukan persiapan tempat atau kolam di dalam tanah tersebut. Adapun langkah – langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan tanah kosong yang telah anda garap untuk dijadikan sebagai lahan kolam. Untuk ukuran, anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan dimana ukuran berukuran lebar sangat disarankan agar ikan koi lebih tenang dalam beraktifitas.
  2. Tanah yang hendak dijadikan kolam tersebut haruslah tanah steril, dimana telah diberikan pupuk pengapuran yang membuat tanahnya lebih sehat untuk ditempati oleh makhluk hidup.
  3. Setelahnya, anda bisa turut menanam tanaman – tanaman yang cenderung memperindah dan tidak menjadi racun bagi ikan koi tersebut, seperti ganggang rantai atau bunga teratai.
  4. Jangan lupa untuk memberi pagar atau penutupa sebagai pembatas kolam dan jalanan. Pagar ini bisa berasal dari bebatuan, coran semen, kayu, atau benda – benda aman lainnya yang tentunya tidak melukai ikan.
  5. Langkah terakhir adalah pengisian air ke dalam kolam. Air yang diisikan tetap sama dimana sangat disarankan untuk air hujan atau air sumur. Namun, apabila anda hanya memiliki air PDAM, maka air tersebut wajib diendapkan terlebih dahulu selama semalaman agar sehat dijadikan air kolam.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lohan di Kolam Terpal Bagi Pemula

Langkah Cara Budidaya Ikan Koi di Dalam Tanah

cara budidaya ikan koi di dalam tanah

Proses pembudidayaan ikan koi umumnya memang sama, baik di dalam aquarium maupun di dalam tanah. Akan tetapi, terdapat beberapa poin khusus yang membuat keduanya berbeda dan jika tidak diperhatikan bisa berakibat fatal. Langkah – langkah tersebut adalah:

  1. Sama halnya dengan ikan lainnya, dalam cara budidaya ikan koi di dalam tanah maupun di aquarium, ikan ini wajib ditebarkan beserta air bawaannya dari toko ikan. Hal ini dilakukan agar ikan dapat beradaptasi dan menyesuaikan keadaan lingkungan, baik pH air, suhu, dan aspek – aspek lainnya.
  2. Ikan yang disebarkan juga tetap memuat rasio berunsur 2:3, dimana jumlah ikan koi jantan harus lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah ikan koi betina. Hal ini selain membuat ikan lebih cepat berkembang biak, juga membuat peperangan antar ikan semakin sedikit kemungkinannya.
  3. Pemberian makanan ikan harus stabil dan tidak boleh kekurangan atau berlebihan. Lakukanlah proses feeding atau pemberian makan maksimal dua kali sehari dengan takaran yang pas sesuai dengan jumlah ikan di kolam dalam tanah tersebut. Jangan sampai ikan terlalu kenyang atau merasa lapar.
  4. Makanan yang diberikan umumnya berupa pelet ikan berkualitas tinggi. Akan tetapi, cacing darah kerap juga dijadikan santapan untuk ikan yang dianggap dapat membawa keberuntungan ini.

Perawatan Ikan Koi di Dalam Tanah

cara budidaya ikan koi di dalam tanah

Perawatan ikan koi merupakan salah satu cara budidaya ikan koi di dalam tanah. Perawatan ini merupakan tahapan yang sangat penting sebab keberhasilan hasil panen anda juga diitinjau dari proses perawatan ini. Jika perawatan dilakukan asal – asalan maka hasil yang didapatkan kerap akan asal – asalan pula. Oleh sebab itu, perhatikanlah langkah – langkah berikut:

  1. Berikanlah makanan ikan yang berkualitas, jika pelet maka usahakan untuk tetap konsisten menggunakan pelet atau cacing pula. Sebenarnya, penggunaan pelet atau cacing secara bergantian masih memungkinkan, tetapi jika dilakukan terlalu sering akan menurunkan nafsu makan ikan yang berujung gangguan kesehatan bagi ikan tersebut.
  2. Bersihkanlah kolam ikan meskipun di dalam tanah dari berbagai kotoran, baik kotoran alami ikan atau kotoran liar yang menghinggap pada kolam tersebut.
  3. Jangan lupa untuk mengganti air di dalam kolam maksimal dua kali seminggu. Hal ini membuat ikan tampak segar.
  4. Selalu cek Kesehatan dan warna ikan, berikan suplemen atau vitamin yang membuat ikan koi anda tetap sehat.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Kolam Terpal

Proses Panen Ikan Koi

cara budidaya ikan koi di dalam tanah

Proses terakhir dan proses yang paling anda tunggu adalah proses panen dai indukan ikan koi yang telah anda rawat tersebut. Proses panen ini memang menyenangkan tetapi tidak boleh dilakukan secara sepele atau asal – asalan, sebab akan membuat hasil panen anda buruk. Berikut ini adalah langkah – langkah panen ikan koi yang baik:

  1. Pilihlah ikan koi yang sehat dan aktif bergerak serta memiliki warna cerah.
  2. Ikan koi yang dipilih juga harus berumur cukup minimal dua bulan
  3. Usahakan sebelum memanen ikan koi, pada saat indukannya melahirkan maka anda telah memisahkan telurnya ke kolam lain agar telurnya dapat berkembang.

Kelima tahapan di atas dapat anda lakukan sebagai cara budidaya ikan koi di dalam tanah. Tahapan – tahapan tersebut harus diperhatikan baik – baik agar tidak terjadi kegagalan dalam hasil panen. Sehingga, panen anda memiliki kualitas tinggi dan membuat ikan koi berkembang biak dengan baik.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.