Cara Budidaya Ikan Koi
Warta Bandung

5 Cara Budidaya Ikan Koi Pemilihan Indukan-Panen

Cara budidaya ikan koi supaya cepat besar itu bukan perkara yang sulit dilakuan, siapa saja bisa. Proses budidaya ikan koi bisa dilakukan di kolam atau bahkan aquarium tanpa oksigen. Selama dilakukan dengan baik, proses budidaya akan berjalan dengan baik. Anda bisa juga melakukan budidaya ikan koi ini dengan menggunakan kolam terpal dengan mudah.

Untuk Anda yang ingin merawat ikan koi di kolam terpal atau media apapun, berikut ini saya jelaskan prosedur cara pemeiliharaannya dengan baik dan terjamin.

Cara Pemilihan Indukan Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan koi dan juga dapat dijadikannya sebagai sumber rezeki. Maka Anda bisa menjadikan ikan koi ini untuk di budidayakan pada  pekarangan rumah. Cara budidaya ikan koi tentunya bukan hal yang cukup mudah ada beberapa hal yang wajib untuk diketahui sebelum membudidayakan ikan koi.

  1. Belilah ikan koi dengan kualitas yang baik dan sudah siap untuk di budidayakan. Mengapa harus membeli? Karena ini merupakan tahap dimana pancingan untuk Anda mendapatkan ikan koi yang banyak.
  2. Setelah itu siapkan aquarium ataupun kolam yang pas dengan ukuran dari ikan koi tersebut.
  3. Ikan yang digunakan untuk proses indukan haruslah yang berumur lebih dari satu tahun karena ikan tersebut sudah siap untuk proses budidaya ikan
  4. Memiliki warna kulit yang terlihat bercahaya dan cantik sehingga nantinya akan menghasilkan ikan yang bagus pula
  5. Ikan koi yang dipilih harus memiliki gerak yang cukup berenergi karena jika ikan hanya diam saja dikhawatirkan jika ikan tersebut sedang sakit.
  6. Dapat dilihat juga dari cara berenang ikan koi tersebut. Jika berenangnya seimbang dan tidak terlihat tampak aneh maka ikan tersebut juga layak untuk dipilih sebagai prosesnya indukan.
  7. Kedua pasangan ikan tersebut harus memiliki umur yang cukup matang untuk proses perindukan. Jika tidak maka hasilnya pun akan tidak bagus untuk ikan yang akan di budidayakan nantinya.

Persiapan Tempat Ikan Koi

cara budidaya ikan koi

Ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan untuk membudidayakan ikan koi. Hal ini tidak bisa dibuat sembarangan harus mempunyai sebuah teknik agar ikan yang di budidayakan tersebut dapat berkembang dengan baik. Bahkan proses perindukan pun akan berjalan dengan lancar oleh karena itu Anda dapat memperhatikan beberapa cara budidaya ikan koi.

  1. Mempersiapkan kolam ikan lebih bagus tidak menggunakan aquarium. Hal ini bertujuan agar ikan tersebut dapat bergerak bebas.
  2. Anda juga harus memastikan bahwa kolam tersebut bisa terpancar oleh sinar matahari karena hal tersebut akan sangat bagus untuk tumbuh kembang koi.
  3. Mempersiapkan saluran air yang melalui dua arah hal ini agar ikan bisa mendapatkan air yang bersih. Saluran air tersebut bisa dibikin dengan menggunakan pipa pembuangan agar tidak merepotkan Anda. Namun tetap harus menggunakan penghalang.
  4. Setelah membuat kolam tersebut Anda juga bisa membiarkan air yang ada di dalam kolam tersebut di endap dalam kurun waktu satu harian penuh. Agar oksigen di dalam air dapat stabil dan juga kotoran pun dapat hilang.
  5. Siapkan juga tempat untuk proses menaruh telur dari ikan koi tersebut agar telur tersebut dapat menempel pada tempat yang Anda buat tadi.

Cara Proses Dan Budidaya Ikan Koi

Cara Proses Dan Budidaya Ikan Koi

Setelah kolam siap barulah Anda bisa menyiapkan sebuah proses dari cara budidaya ikan koi tersebut. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa adanya sebuah penguasaan ilmu terlebih dahulu. Maka dari itu Anda dapat memperhatikan beberapa proses serta cara budidaya ikan koi untuk mendapatkan sebuah hasil yang maksimal.

  1. Pastikan kolam untuk budidaya ikan koi telah siap secara matang agar saat proses budidaya nantinya tidak ada kekurangan sedikitpun.
  2. Siapkan ikan koi betina untuk di lepas pada kolam yang sudah Anda buat tadi. Ada waktu yang ditentukan saat melepas ikan koi betina tersebut yaitu pada waktu sore hari agar panas tidak terlalu menyorot pada kolam. Betina tersebut bisa dimasukkan ke dalam kolam sekitar pukul tiga sore.
  3. Kemudian Anda tidak diperbolehkan untuk langsung memasukkan induk jantan ke dalam sebuah kolam tersebut. Biarkan hingga kurang lebih tiga jam ikan betina di dalam kolam barulah Anda bisa melepaskan ikan jantan ke dalam kolam.
  4. Proses pembuahan tersebut biasanya terjadi pada malam hari. Ketika indukan betina sudah mulai mengeluarkan sel telur dan jantan sudah mengeluarkan sel sperma.
  5. Inilah fungsi dari ijuk yang Anda buat tadi yaitu untuk telur-telur tersebut menempel dan melakukan pembuahan.
  6. Ketika indukan sudah mengeluarkan sel tersebut maka Anda bisa mulai untuk memindahkan ikan koi ke dalam kolam lainnya. Agar induk tadi tidak memakan sel telur yang akan dibuahi nantinya.
  7. Proses pembuahan tersebut terjadi selama kurang lebih 48 jam lamanya.
  8. Anda harus melakukan pengecekan sesering mungkin agar telur dapat berkembang dengan baik tanpa adanya kekurangan. Pastikan suhu di dalam air stabil dan juga pencahayaan tidak terlalu menyolok pada telur tersebut.

Cara  Perawatan Ikan Koi

Cara  Perawatan Ikan Koi

Tahapan proses selanjutnya yaitu ikan koi yang sudah mulai beranjak dewasa sudah mulai bisa dipindahkan ke dalam kolam lainnya. Hal ini agar ikan tersebut mendapatkan sebuah asupan yang sama dengan ikan lainnya. Hal selanjutnya dalam proses cara budidaya ikan koi yaitu pada tahap perawatan yang terkadang malas untuk dilakukan.

  1. Anda harus menjaga sebuah kebersihan dari kolam tersebut. Hal ini untuk mengurangi tingkat setres yang nantinya akan mengganggu perkembangan dari ikan koi tersebut.
  2. Melakukan kuras kolam paling tidak tiga hari sekali agar ikan koi tetap terjaga dan terhindar dari penyakit yang dapat membuatnya mati.
  3. Pastikan tidak terlalu banyak menaruh ikan koi dalam satu kolam hal ini karena akan mengurangi ruang gerak ikan. Bahkan ikan juga akan mengalami kekurangan oksigen di dalam air.
  4. Memperhatikan kualitas dari makanan untuk ikan koi. Anda harus rajin dalam memberi pakan ikan agar ikan tetap sehat. Tentunya ikan juga akan gemuk dengan memberikan pakan sehari maksimal tiga kali.
  5. Anda juga diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu dari air kolam tersebut. Agar ikan tidak merasakan suhu yang terlalu dingin ataupun panas.

Cara Panen Ikan Koi

Cara  Perawatan Ikan Koi

Tahap terakhir yaitu cara untuk panen ikan koi yang bisa Anda lakukan ketika ikan tersebut sudah masuk kepada tahap yang pas. Maka dari itu bagi Anda yang berniat untuk menjual ikan koi hasil dari budidaya yang Anda lakukan. Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai sebuah tata cara dalam melakukan panen tersebut yang merupakan sebuah tahapan terakhir dari cara budidaya ikan koi.

  1. Cara pertama yaitu Anda bisa melihat dari bobot ikan koi yang akan di panen. Jika bobot tersebut kurang dari rata-rata maka ikan belum bisa untuk di panen.
  2. Pastikan bahwa ikan yang akan di panen sehat dan tidak sakit terkadang banyak orang yang menjual ikan dalam keadaan sakit hal tersebut sangat tidak dianjurkan.
  3. Ambil ikan tersebut dengan menggunakan jaring namun jangan sampai merusak air yang ada di dalam kolam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *