Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Lele Agar Tidak Rugi

Cara Budidaya Ikan Lele Agar Tidak Rugi

Bukan sebuah hal yang jarang didengar bila banyak mahasiswa yang berprestasi dengan menciptakan suatu karya yang tentunya dapat menghasilkan. Hal inilah yang dibuktikan oleh para mahasiswa di masa pandemi saat ini mereka membuat suatu usaha untuk memberikan sebuah penghasilan melebihi karyawan S1. Salah satunya hanya dengan cara budidaya ikan lele.

Pemilihan Indukan Ikan Lele Unggul

Pada sebuah sistem budidaya ini ada beberapa proses yang harus dilewati. Proses ini bukanlah sebuah hal yang sembarangan karena akan mempengaruhi sebuah proses budidaya yang sedang dilakukan. Maka dari itu tidak ada salahnya jika cara budidaya ikan lele ini dilakukan untuk memperbaiki perekonomian di masa sulit seperti ini.

  1. Teliti dalam memilih ikan lele yang benar dan memiliki sebuah kualitas yang unggul merupakan ciri khas yang utama dalam proses pemilihan ikan lele tersebut. Jika dalam proses ini gagal tentunya bibit dari ikan lele nantinya tidak akan memiliki sebuah kualitas yang tinggi.
  2. Memperhatikan betul aktivitas dari ikan lele yang akan dijadikan sebagai indukan. Ikan lele yang terkenal dengan keaktifannya menjadi sebuah poin dan juga faktor utama dalam memperoleh bibit ikan lele dengan kualitas serta produk unggulan.
  3. Ikan memiliki sebuah panjang dan umur yang sesuai untuk proses perkawinan agar ikan tersebut mendapatkan sebuah hasil yang baik dan tentunya menguntungkan bagi para pembudidaya ikan.
  4. Timbangan dari ikan lele juga harus bisa untuk memasuki sebuah ciri dalam pemilihan indukan ikan lele yang dibudidayakan. Maka dari itu mengapa proses ini dibilang sebagai proses penentuan dari apa yang akan dibudidayakan tersebut.
  5. Tidak adanya sebuah riwayat penyakit serius dari indukan ikan lele yang akan digunakan untuk sebuah proses pembudidayaan tersebut. Maka dari itu sebagai seorang pemilik usaha sekaligus tempat budidaya harus dengan sebuah keahlian khusus. Agar tidak terjebak oleh ikan lele yang akan menjerumuskan bisnis ini.

Persiapan Tempat Untuk Ikan Lele

Ikan lele memang terkenal dapat hidup di tempat yang kotor ataupun yang bersih tergantung dari pemilik budidaya ikan lele tersebut. Namun ketika ingin mendapatkan sebuah kualitas terbaik maka harus menyiapkan beberapa hal yang salah satunya yaitu sebuah proses cara budidaya ikan lele dengan kualitas unggulan.

  1. Persiapkan sebuah ember yang cukup besar ukuran 80 cm. Proses ini merupakan sebuah hal yang beda dibandingkan dengan yang lainnya.
  2. Buat sebuah keran kecil yang diletakkan paling bawah untuk memudahkan proses pengurasan ember.
  3. Pastikan ember yang digunakan tidak memiliki sebuah bau plastik yang menyengat sehingga menyebabkan oksigen dalam ember tidak baik.
  4. Buatlah beberapa bolong untuk dijadikan sebagai batasan air hal ini agar pemberian air dapat pas dan ketika hujan air tidak terlalu banyak mengendap pada ember tersebut.
  5. Kemudian sebelum ikan dimasukkan maka air dilakukan pengendapan terlebih dahulu paling tidak selama satu harian full. Agar air tersebut tidak membuat ikan lele menjadi setres ataupun mati. Hal ini merupakan sebuah poin penting dan harus diperhatikan.

Cara Membudidayakan Ikan Lele

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh seorang pembudidaya dalam merawat ikan lele tersebut. Terlebih lagi pada sebuah proses budidaya yang dilakukan agar menghasilkan sebuah bibit ikan yang baik serta tidak memiliki cacat sedikit. Oleh karena itu ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam proses cara budidaya ikan lele

yang akan dilakukan.

  1. Siapkan ember yang akan dijadikan sebagai tempat perkawinan antara lele jantan dengan betina. Pastikan dalam ember tersebut hanya ada satu pasang dari lele tersebut sehingga nantinya akan menghasilkan sebuah bibit yang unggul tentunya.
  2. Selanjutnya proses menaruh ikan juga menjadi sebuah perhitungan bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan bibit berbeda dengan lainnya. Tentunya mereka akan membutuhkan sebuah proses yang lebih serius dalam menghasilkan sebuah bibit ikan lele unggulan.
  3. Tunggu hingga beberapa hari ke depan sampai terlihat perubahan dari ikan betina. Jika telah terjadi pembuahan maka ikan-ikan tersebut dapat dikeluarkan dari dalam ember dan dimasukkan ke dalam ember sebelumnya.
  4. Kemudian biarkan telur tersebut menetas dan pastikan kebersihan air dari tempat telur tersebut terjaga agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam ember.
  5. Setelah menetas bibit ikan lele jangan diberikan pakan terlebih dahulu. Ada beberapa bahan makanan cadangan yang tersedia pada bibit ikan lele. Tunggu hingga beberapa hari kemudian untuk pemberian makanan tersebut.
  6. Pastikan pada tahapan awal ini ikan lele tidak diberikan makanan yang keras namun yang halus agar lebih mudah untuk di konsumsi.

Perawatan Ikan Lele

Setelah selesai melakukan sebuah perkawinan antara ikan lele jantan dan betina kemudian hal yang dilakukan yaitu dapat memperhatikan sebuah perawatan dari ikan lele. Hal ini akan menjadi sebuah poin penting dalam proses budidaya ikan lele ini. Jika cara budidaya ikan lele tersebut menyebabkan ikan menjadi mati salah faktor paling banyak disebabkan oleh kelalaian dalam merawat hasil dari budidaya yang dilakukan.

  1. Selalu memperhatikan air yang terdapat pada ember tersebut. Pastikan bahwa air tidak memiliki warna yang berbeda serta bau yang tidak sedap. Banyak orang yang tidak ingin membudidayakan lele karena bau yang dihasilkan dari ikan lele tersebut. Padahal bau tersebut dapat hilang hanya dengan membersihkan pada waktu yang tepat.
  2. Sebelum membersihkan ember, terlebih dahulu siapkan sebuah tempat untuk menaruh ikan terlebih dahulu. Tentunya juga telah menyediakan sebuah air yang telah di endapkan. Sikat hingga bersih pastikan tidak ada lumut. Kemudian bilas hingga bersih dan tidak ada sabun yang menempel.
  3. Hal yang selanjutnya yaitu pindahkan air yang sudah di endapkan ke dalam ember diikuti dengan ikan lele yang tadi dikeluarkan dari ember-ember tersebut.

Cara Panen Ikan Lele

Ikan lele yang telah memasuki umur panen tentunya ada beberapa spesifikasi khusus. Jika ingin melakukan panen tersebut maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Cara panen ini biasanya sulit untuk dilakukan oleh sebagian para pembudidaya. Namun dengan menggunakan sebuah ember cara budidaya ikan lele pun tidak akan sulit

  1. Buka keran yang berada di paling bawah ember tunggu hingga air semuanya keluar dari dalam ember. Pastikan bahwa air tersebut langsung dialirkan ke sebuah selokan agar tidak air yang menggenang.
  2. Setelah air habis maka ada beberapa orang yang menggunakan tangan untuk mengambilnya dan ada juga yang menggunakan sebuah jaring untuk mengambilnya agar tangan mereka terhindar dari luka patil yang ada pada lele.
  3. Setelah itu timbang masing-masing ikan lele yang sudah di panen jika menghasilkan timbangan yang pas maka bisa untuk dijual di pasaran.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.