Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok Bagi Pemula

5 Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok Bagi Pemula

Cara budidaya ikan lele di kolam tembok merupakan sebuah cara yang terbilang cukup memakan biaya yang cukup besar. Namun, terkadang bagi sebagian orang yang ingin melakukan sebuah bisnis hal itu tidak seberapa bila dibandingkan dengan keuntungan dari penjualan ikan lele hasil dari budidaya sendiri.

Proses Pemilihan Indukan Ikan Lele

Membudidayakan ikan lele dengan menggunakan sebuah kolam tembok terkadang menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Hal ini karena, harus memerlukan sebuah lahan dan juga modal yang lumayan cukup besar untuk membuat kolam ini. Sebelum masuk kepada Pembuatan kolam tembok hal yang pertama yaitu pemilihan indukan mujair dari cara budidaya ikan lele di kolam tembok.

  • Proses memilih ikan lele untuk dijadikan sebagai indukan tidak boleh melenceng dari apa yang telah ditentukan.
  • Berat badan lele juga terkadang mempengaruhi sebuah tumbuh kembang dari lele tersebut.
  • Lele juga memiliki sebuah hal yang jarang diperhatikan yaitu dari segi warna kulit yang dimiliki oleh lele indukan.
  • Usia dari ikan lele juga harus memasuki usia ideal dalam tahapan proses pembuahan nantinya.
  • Pasangan dari ikan lele harus dipastikan sama-sama dalam kondisi baik dan tidak memiliki sebuah cacat fisik.
  • Gerak dari ikan lele juga terkadang menjadi perhatian orang terhadap ikan jenis ini yang membantu mereka melihat keaktifan dari indukan lele yang akan digunakan.

Persiapan Tempat Untuk Ikan Lele

Persiapan tentunya adalah hal yang wajib untuk para pencinta binatang dalam proses cara budidaya ikan lele di kolam tembok. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai cadangan bagi yang ingin membangun sebuah kolam dengan lahan yang cukup luas.

  • Menyiapkan sebuah kolam dengan bahan-bahan yang diperlukan yaitu semen, pasir dan perlengkapan lainnya.
  • Gali lubang untuk membuat sebuah kolam tersebut dengan ukuran sesuai dengan keinginan. Namun usahakan untuk menggunakan ukuran yang pas agar nantinya dapat dibuat banyak kolam sesuai dengan kebutuhannya.
  • Setelah itu aduk semen dengan air dan teplok semua dinding kolam agar tidak ada tembok yang masih menjadi tanah. Hal ini juga untuk mengurangi risiko ikan lele yang akan di budidayakan tersebut menjadi bau tanah.
  • Siapkan juga jaring yang akan berfungsi untuk mengangkat ikan lele yang nantinya akan di panen.
  • Proses selanjutnya yaitu kuras kolam dengan menggunakan air mengalir. Pastikan bahwa dalam pengurasan tersebut benar-benar bersih dan tidak ada bau yang menempel pada kolam.
  • Tunggu hingga kolam mengering paling lama prosesnya yaitu kurang lebih dua hari untuk mendapatkan kolam yang benar-benar kering.
  • Setelah mengering masukkan air yang akan digunakan untuk ikan lele tinggal. Pengisian air dilakukan separuh terlebih dahulu. Pemberian air diberikan secara bertahap kepada kolam tersebut agar sesuai dengan standar dari ikan  lele pada umumnya.

Proses Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok

Dalam sebuah cara budidaya ikan lele di kolam tembok tentunya memiliki banyak prosesnya. Namun hal ini bisa dinikmati ketika kita santai dalam menjalankannya. Proses dari budidaya ini bisa dilakukan step by step agar tidak tertinggal dan juga mengetahui tahapan dari masing-masing prosesnya. Jadi, ini yang biasanya dilakukan oleh para budidaya ikan.

  • Mempersiapkan indukan ikan lele namun jika masih ada yang ragu tidak perlu khawatir untuk menggunakan bibit ikan lele. Proses budidaya ini memang membutuhkan sebuah kesabaran dan juga waktu maka dari itu tidak ada salahnya jika menggunakannya langsung dari bibit lele tersebut.
  • Hal yang selanjutnya siapkan tempat untuk proses budidaya tersebut. Pastikan bahwa tempat yang akan  digunakan tidak sama dengan ikan lainnya yang sudah mulai tumbuh.
  • Melakukan sebuah pengecekkan terlebih dahulu terhadap ikan-ikan yang akan di budidayakan. Hal ini dilakukan agar tidak adanya sebuah ikan yang mengalami cacat baik berupa cacat fisik dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya pisahkan ikan yang masih kecil dengan ikan besar hal ini dilakukan untuk mencegah sebuah terjadinya pemangsaan terhadap ikan kecil.
  • Dalam sebuah satu kolam pastikan bahwa tidak banyak ikan yang terdapat dalam kolam tersebut. Jika ikan lele yang ditaruh dalam satu kolam melebihi 100 ekor maka akan sulit untuk ikan tersebut bergerak dan juga mendapatkan sebuah oksigen.
  • Pastikan dalam proses budidaya berlangsung ikan tersebut selalu diberikan makanan tepat waktu agar tidak menimbulkan memakan ikan lainnya. Pemberian makanan pada proses budidaya ini juga patut untuk dijaga. Agar ikan dapat berkembang biak dengan cepat dan mudah untuk di panen.
  • Pada proses budidaya juga pastikan bahwa air yang terdapat di kolam tersebut tidak keruh karena akan sangat mempengaruhi proses dari budidaya tersebut. Jadi, pastikan air tersebut tidak keruh selama kurang lebih tiga hari sekali.

Perawatan Ikan Lele Di Kolam Tembok

Pada proses perawatan ikan lele ini tidaklah berbeda dengan ikan lainnya. Perawatan tersebut dilakukan agar lele dapat terkontrol dengan baik. Sehingga tidak ada kekurangan satu pun dari lele tersebut. Proses perawatan dalam sebuah cara budidaya ikan lele di kolam tembok

juga menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan secara mendetail.

  • Lebih memperhatikan sebuah makanan yang dikonsumsi oleh lele tersebut. Proses memakan makanan tersebut adalah sebuah hal yang dapat membuat lele berkembang biak dengan baik.
  • Perhatikan juga kejernihan dari air dalam kolam lele tersebut. Walau pun lele terkadang suka di tempat yang keruh namun kebersihan dan lele juga harus terjaga.
  • Melakukan pemberian vitamin terhadap ikan-ikan yang akan di budidayakan. Jadi, pemberian ikan ini akan sangat berfungsi untuk menambah tumbuh kembang dari ikan lele agar bisa optimal.
  • Selanjutnya melakukan pemindahan ikan agar sesuai dengan tumbuh kembang dengan ikan lainnya. Hal ini tentunya sangat penting karena jika tidak memasukkan ikan sesuai dengan besarannya maka hal tersebut akan membuat ikan lele tersebut mengkonsumsi ikan lainnya.

Panen Untuk Ikan Lele

Pertanyaan yang sering sekali terjadi dan dilontarkan oleh para pengusaha budidaya lele. Pertanyaan tersebut muncul karena beberapa faktor biasanya salah satunya yaitu patil dari lele. Maka dari itu banyak para pengusaha budidaya lele yang melakukan cara budidaya ikan lele di kolam tembok dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

  • Pertama air yang berada di dalam kolam tembok tersebut bisa di hilangkan sedikit demi sedikit. Agar nantinya ikan dapat mengikuti sebuah aliran air tersebut dan memudahkan untuk melakukan panen.
  • Kedua, siapkan plastik yang sudah berisi air untuk memasukkan lele yang telah ditangkap tersebut.
  • Terakhir yaitu siapkan jaring atau serokan besar untuk menangkap lele tersebut. Pastinya ikan lele tersebut akan melompat dan disarankan untuk mengambilnya secara perlahan.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.