cara budidaya ikan lele yang benar
Warta Bandung

5 Cara Budidaya Ikan Lele yang Benar Agar Panen Sukses

Ikan lele adalah makanan yang banyak memiliki sebuah manfaat baik untuk orang tua ataupun anak-anak. Banyak juga anak-anak yang menyukai ikan tersebut karena memiliki rasa berbeda dengan ikan lainnya. Maka dari itu banyak orang yang terkadang lebih ingin mencari sebuah cara budidaya ikan lele yang benar. Agar selain mendapatkan hasil juga bisa untuk dikonsumsi sendiri bersama keluarga.

Pemilihan Indukan Ikan Lele

Ada beberapa tipe indukan yang dapat Anda pilih untuk dibuat sebagai indukan dan juga proses budidaya. Beberapa indukan pilihan ini tentunya dapat memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Selain bisa untuk membuat kualitas baik cara budidaya ikan lele yang benar ini juga dapat menyaingi tingkat harga jual di pasaran.

  1. Pilihlah ikan lele yang terlihat aktif di dalam air hampir kebanyakan terkadang lele hanya berdiam saja didalam air. Maka dari itu Anda dapat mencari indukan ikan lele yang terlihat aktif. Maka Anda dapat memilih ikan indukan ini untuk dijadikan sebagai proses perkembang biakan.
  2. Hal yang berikutnya dapat Anda pilih yaitu cara untuk membedakan antara ikan jantan dan betina agar Anda tidak mudah terkecok dengan hal tersebut.
  3. Selanjutnya yaitu dalam proses pemberian makanan Anda juga dapat melihat apakah ikan tersebut gesit. Jika ikan terlihat sangat gesit ketika saat pemberian makanan maka ikan lele tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai indukan.
  4. Hal yang terakhir yaitu Anda juga bisa melihat dari sebuah berat dari masing-masing ikan lele. Ini juga merupakan sebuah cara apakah ikan tersebut siap untuk di panen atau pun di budidayakan.

Persiapan Tempat Ikan Lele

Ada beberapa persiapan untuk tempat ikan lele ini. Masing-masing lele biasanya hanya dapat diisi sebagian ikan saja hal ini karena lele membutuhkan sebuah ruang yang pas dan oksigen untuk tetap bernafas. Maka dari itu ada beberapa hal cara budidaya ikan lele yang benar untuk mendapatkan sebuah ikan lele yang memiliki kualitas tinggi.

  1. Siapkan kolam terpal terlebih dahulu untuk menaruh ikan lele tersebut.
  2. Kemudian Anda bisa menaruh beberapa batako ataupun balok dibawah sebuah terpal. Hal ini berguna untuk membuat kolam kokoh.
  3. Masukkan air ke dalam terpal tersebut kemudian tunggu hingga beberapa hari ke depan. Proses ini memang membutuhkan waktu lama untuk menaruh ikan-ikan tersebut. Hal ini bisa mencapai waktu kurang lebih 6 hari.
  4. Pastikan takaran air di awal hanya sekitar 30 cm hanya untuk sekedar membuat sebuah bau dari plastik terpal tersebut hilang. Anda juga bisa menambahkan potongan daun pepaya dan singkong untuk membuat plankton.
  5. Anda dapat membeli bibit ikan lele yang biasanya di jual di pasaran. Hal ini untuk mempercepat sebuah proses pemanenan ikan.
  6. Sediakan beberapa kolam untuk memisahkan antara lele yang berukuran besar dengan lele ukuran kecil.
  7. Pisahkan lele tersebut sesuai dengan tempat yang telah di siapkan tersebut. Usahakan lele jangan terlalu lama di dalam plastik karena dapat kekurangan oksigen dan membuatnya setres.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koki yang Baik

Tips Budidaya Ikan Lele

Pada bagian selanjutnya yaitu mengenai sebuah cara budidaya ikan lele yang biasanya akan menghasilkan omzet jutaan ketika Anda berhasil untuk membudidayakan. Maka dari itu Anda dapat memperhatikan beberapa langkah demi langkah untuk mendapatkan sebuah ikan lele yang memiliki kualitas tinggi. Berikut ini cara budidaya ikan lele yang benar sesuai dengan anjuran dan juga aturan standar yang berlaku.

  1. Sediakan sebuah wadah atau tempat untuk memisahkan antara lele yang besar dengan yang kecil. Jika digabungkan maka dikhawatirkan akan tidak cocok dan ikan lele yang kecil pun akan menjadi santapan ikan lele yang sudah memiliki ukuran tubuh lebih besar.
  2. Setelah itu Anda bisa mulai memasukkan ikan-ikan tersebut secara perlahan. Hal ini karena akan sangat mempengaruhi ikan jika Anda memasukkannya dengan cara yang kasar.
  3. Ada sebuah catatan penting bagi Anda yang ingin menyebarkan lele yaitu pada waktu pagi atau sore hari. Hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas dari lele tersebut supaya tidak mengalami setres atau mati.
  4. Anda dapat memberikan lele tersebut makan saat keesokan harinya jika Anda memasukkan lele itu pada sore hari. Biarkan lele tersebut merasakan lapar terlebih dahulu baru mulai sedikit demi sedikit Anda berikan pakan lele tersebut. Hal ini untuk mengurangi air keruh yang biasanya di hasilkan dari pakan yang Anda berikan kepada ikan-ikan tersebut.

Baca juga: Cara Bu didaya Ikan Lele Dengan Media Terpal

Perawatan Ikan Lele yang Benar

Dalam melakukan perawatan untuk ikan lele tentunya sangat berbeda dengan ikan lainnya. Hal tersebut karena ikan lele biasa hidup dengan air yang keruh dan berbau biasanya. Namun hal ini harus Anda rubah agar ikan lele tidak hidup dengan habitat yang kotor lagi. Maka dari itu Anda dapat memperhatikan beberapa hal cara budidaya ikan lele yang benar.

  1. Selalu memperhatikan debit air dengan melakukan penggantian air yang ada di dalam kolam tersebut. Jangan sampai air dibiarkan mengeruh terlalu lama karena akan menyebabkan bau yang tidak sedap.
  2. Memberikan pakan sehari tiga hingga empat kali atau bahkan bisa lebih tergantung dari nafsu makan ikan tersebut. Maka dari itu Anda dapat menyetok pakan ikan lele yang banyak agar ikan tersebut tidak kekurangan makan
  3. Memberikan asupan vitamin kepada ikan lele berfungsi untuk meningkatkan kualitas dari lele dan juga bisa untuk menjadi penambah berat makan
  4. Menguras bak paling lama tiga hari sekali untuk menjaga ikan tersebut agar tetap bersih dan terhindar dari bau yang tidak sedap.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Hias Arwana

Panen Ikan Lele

Ikan yang sudah cukup besar bisa untuk mulai di panen. Hal ini agar ikan tersebut dapat bisa di budidayakan kembali. Hal ini tentunya terkadang membuat sebagian orang yang tidak memiliki ahli dalam bidang menangkap ikan lele karena ikan ini memiliki sebuah patil yang jika terkena maka akan membuat kulit Anda luka. Maka dari itu cara budidaya ikan lele yang benar dapat Anda lihat pada beberapa poin di bawah ini.

  1. Buang air sisa dari kolam ikan lele tersebut tunggu hingga air benar-benar habis hingga tidak ada yang tersisa.
  2. Setelah itu Anda bisa mengambil sebuah wadah untuk menaruh ikan hasil panen tersebut.
  3. Kemudian setelah itu Anda bisa mulai menyerok ikan lele dengan menggunakan jaring. Namun pada tahap ini Anda harus berhati-hati karena patil dari ikan lele dapat saja menyerang Anda. Oleh karena itu Anda juga bisa menggunakan sebuah sarung tangan untuk menangkap ikan tersebut.
  4. Hal terakhir Anda hanya tinggal memisahkan antara lele yang besar dengan yang kecil agar mempermudah Anda untuk menjual ikan-ikan tersebut.

Nah itulah proses dan cara budidaya ikan lele yang benar dan harus dilakukan oleh mereka yang masih pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *