Cara budidaya ikan lemon fish
Warta Bandung

5 Cara Budidaya Ikan Lemon Fish

Cara budidaya ikan lemon fish tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan ketika akan membudidayakannya. Untuk Anda yang memang sedan mencari informasinya, artikel ini adalah referensi yang tepat kamu baca.

Sesuai namanya, ciri utama dari ikan lemon ini ada pada warnanya yang mirip buah lemon yaitu berwarna kuning. Warna kuningnya itu terlihat menyegarkan. Meski begitu, ternyata ada loh jenis ikan lemon yang berwarna biru. Berikut adalah detail terkait cara budidaya ikan lemon fish mulai dari pemilihan indukan hingga pemanenan.

Pemilihan Indukan Ikan Lemon Fish

Cara budidaya ikan lemon fish

Cara budidaya ikan lemon fish yang pertama adalah memilih induk yang bagus. Induk yang kamu gunakan perlu berkualitas karena dari perkawinan induk tersebut maka mereka bisa menurunkan sifat genetic maupun fenotipnya terhadap anakan mereka. Berikut penjelasan ciri indukan ikan lemon.

Baca juga: Cara budidaya ikan mas

1. Umur

Indukan ikan lemon harus sudah memenuhi syarat usia. Minimalnya, kedua induknya yaitu jantan maupun betina sudah berumur 6 bulan atau lebih. Dengan umur tersebut induk sudah siap untuk berkembang biak dan dalam keadaan subur.

2. Ukuran

Untuk ukurannya bisa digunakan dalam membedakan ikan betina dengan jantan. Jika kamu tidak bisa membedakan keduanya, malah bisa – bisa kamu malah mengawinkan betina dengan betina atau jantan dengan jantan.

Jika hal itu terjadi maka sampai kapanpun perkawinan yang kamu lakukan terhadapn ikan lemon tidak akan menghasilkan anakan. Ciri ciri ikan lemon betina adalah ukurannya lebih besar dibandingkan yang jantannya.

3. Kondisi

Kondisi indukan yang harus dipilih adalah sehat. Yang dimaksud sehat ini memiliki ciri organ tubuhnya lengkap, warna kulitnya cerah, gerakannya di dalam air lincah, dan bebas dari serangan ham atau penyakit.

Persiapan Tempat Ikan Lemon Fish

Cara budidaya ikan lemon fish

Cara budidaya ikan lemon fish selanjutnya adalah menyiapkan tempat. Tempat yang biasa digunakan berupaka kolam untuk pembesaran dan aquarium untuk persiapan benih. Berikut adalah detailnya.

1. Kolam Permanen

Kolam permanen bisa digunakan di ikan lemon, namun rasanya terlalu besar dalam  pengeluaran biaya produksinya. Jika kamu mau menggunakan kolam permanen maka tidak perlu menggunakan kolam yang terlalu luas karena ikan ini termasuk ikan hias.

Jika ingin budidaya banyak maka bisa dengan membuatnya beberapa petak sehingga ikan lemon tetap bisa tumbuh dengan baik dan pemantauannya lebih mudah.

2. Kolam Semi Permanen

Kolam semi permanen yang cocok digunakan untuk ikan lemon terbuat dari ember karena biaya produksi cenderung murah dan bisa mudah dalam pemanenannya karena volume kola mini terbilang kecil tapi tak sekecil aquarium.

3. Aquarium

Kolam terakhir bisa menggunakan aquarium yang terbuat dari kaca. Kolam ini biasa digunakan jika kamu ingin membudidayakan ikan lemon di dalam rumah sekaligus menjadikannya sebagai hiasan ruangan.

Namun, aquarium ini biasa digunakan hanya untuk persiapan benih ikan lemon. Caranya memasukkan 1 ekor indukan jantan dan 1 ekor indukan betina. Ketika anakan sudah ada maka bisa dipindahkan ke kolam pembesaran.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Budidayanya Ikan Lemon Fish

Cara budidaya ikan lemon fish

Cara budidaya ikan lemon fish yang selanjutnya dalah terkait detail budidayanya. Poin ini terdiri dari pengisian air, penebaran benih, dan persortiran ikan. Berikut detailnya.

1. Pengisian Air Kolam

Pengisian air kolam bisa dilakukan setelah kolam jadi dan telah melewati pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk menghindari serangan hama dan penyakit pada ikan lemon. Ikan lemon tidak terlalu suka air kotor, jadi pastikan kamu mengisi kolam dengan air yang bersih.

2. Penebaran Benih

Penebaran benih ikan lemon biasa dilakukan melalui aquarium terlebih dahulu, disana mereka akan menghabiskannya hingga sepanjang 5 cm-an. Jika sudah besar maka bisa ditebar ke kolam atau ke kolam aquariummu.

3. Persortiran Ikan

Persortiran ikan lemon juga diperlukan, guna melihat perbedaan harga. Ukuran yang kecil lebih murah dibanding yang murah. Biasanya yang diperjual belikan adalah benihnya atau ikan lemon yang sudah besar guna hiasan.

Perawatan Ikan Lemon Fish

Cara budidaya ikan lemon fish

Cara budidaya ikan lemon fish yaitu perawatan. Macam perawatan yang perlu kamu lakukan yaitu menjaga kondisi aquarium, memperhatikan pakan, dan pencegahan hama serta penyakit. Berikut adalah keterangan lebih lanjut.

1. Menjaga Kondisi Aquarium

Telah disebutkan tadi bahwa ikan lemon adalah jenis ikan hias yang kurang menyukai air kotor. Jadi, kamu harus sering-sering memperhatikan kondisi aquarium semisalnya sudah kotor. Baiknya lagi jika kamu melakukan pengurasan aquarium sebanyak 1x per minggunya.

Untuk menambah kesan estetik, kamu juga bisa mendapatkan hiasan lain di aquarium. Hal tersebut juga bisa merangsang ikan lemon menjadi lebih aktif dan lebih nyaman. Hiasan tersebut bisa berupa tanaman palsu, bebatuan yang berwarna-warni, terumbu karang palsu hingga kapal-kapalan.

Perhatikan juga bahwa air harus memenuhi syarat tumbuh ikan lemon yaitu harus memilihi suhu sekitar 25 sampai 27 derajat celcius. Jika suhu jauh dibawah atau jauh di atas tersebut maka ikan lemon bisa mati.

Keasaman pada air juga sangat penting, ph air yang disukai ikan lemon adalah netral yaitu sekitar pH 7. Keasaman air tersebut dipercaya sama dengan kondisi air di habitatnya sehingga ikan lemon nyaman dan tumbuh dengan baik.

2. Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk ikan lemon cukup simpel, kamu bisa memberikannya pellet yang bisa didapat di toko-toko peternakan. Jika kamu ingin pakan yang alamiah untuk ikan lemon ini maka bisa menggunakan cacing-cacingan, kutu air hingga udang air asin. Pemberian makan cukup 2x sehari.

3. Pencegahan Hama dan Penyakit

Meski dibiakkan dalam aquarium yang notabennya jauh dari lingkungan luar, tapi bukan berarti ikan lemonmu akan tetap aman dari serangan penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyerang yaitu borok, sisik mengembung, penyakit lumpur, busuk insang dan lainnya.

Cara mencegahnya yaitu dengan menjaga kondisi air sesuai faktor tumbuh ikan lemon, jika sudah kotor harus cepat diganti, sering – sering mengawasi kondisi ikan lemon dan jika menemukan ikan berpenyakit langsung pisahkan saja dari kolam tersebut daripada menyebar ke ikan lainnya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Beton

Panen Ikan Lemon Fish

Cara budidaya ikan lemon fish

Cara budidaya ikan lemon fish terakhir adalah panen. Pemanenan adalah kegiatan dimana kamu mengambil ikan yang sudah layak guna diperjual belikan atau demi kebutuhan lainnya. Berikut penjelasan lengkap terkait pemanenannya.

1. Ciri Ciri Ikan Lemon Fish Siap Panen

Karena ikan lemon merupakan ikan hias maka tidak ada spesifik khusus dalam pemanennya. Jika kamu merasa ikan lemon sudah cantik seperti memiliki warna yang menarik perhatian dan lincah, maka kamu bisa langsung memanennya untuk diperjual belikan.

2. Cara Panen

Cara panennya sangat mudah karena ukuran ikan ini terbilang kecil. Dengan bantuan saringan kecil saja kamu sudah bisa menangkap ikan untuk dipasarkan. Bahkan beberapa orang memanennya menggunakan tangan kosong.

Sebelum memulai membudidayakan ikan lemon fish, ada baiknya anda mengetahui 5 cara budidaya ikan lemon fish [panen melimpah] ini. Dengan mengetahui beberapa tahapan  untuk membudidayakannya diharapkan tidak adanya kegagalan proses selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *