Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Lohan di Kolam Terpal Bagi Pemula

cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula

Cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula bisa dilakukan dengan mudah melalui 5 tahapan yang sudah ditulis di artikel ini. Siapa saja bisa melakukannya, dengan catatan mau ikuti tutorial dan langkah-langkah seperti yang ditulis pada artikel ini.

Baik kolam terpal atau akuarium biasa, ikan lohan tentunya memerlukan cara spesifik untuk merawatnya. Cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula ini sangat wajib anda perhatikan sebab jika dilakukan secara asal-asalan akan menimbulkan akibat yang fatal.

Akibat tersebut tentunya akan merusak harapan anda dalam membudidayakan ikan jenis termahal ini. Lantas, apa sajakah tahapan-tahapan yang simpel tetapi jika diabaikan dapat membahayakan ikan lohan tersebut?

Pemilihan Indukan Ikan Lohan

cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula

Segala hal yang melibatkan cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula tentu saja menjadikan pemilihan indukan ikan lohan sebagai tahapan pertama. Hal ini dimaksudkan agar anda mengerti dalam memilih benih yang bagus sebagai keberhasilan panen anda nanti. Adapun langkah – langkah yang dilakukan dalam pemilihan indukan ikan lohan adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi toko ikan lohan yang memiliki kualitas terbaik. Pastikan hal tersebut dengan mencari rekomendasi dari berbagai tempat, baik orang terdekat maupun media.
  2. Atau jika anda tidak ingin membeli indukan ikan lohan, anda bisa memintanya langsung ke rekan yang telah lebih dulu berbudidaya ikan lohan.
  3. Pilihlah ikan lohan yang sehat dan aktif bergerak. Tingkat Kesehatan tentu saja dapat dilihat dari warnanya yang pucat atau terang, benjolannya yang proporsional, siripnya yang seimbang, tidak cacat, dan paling penting matanya masih merah cerah atau tidak kelabu.
  4. Pemilihan indukan ini berlaku untuk pemilihan indukan sepasang, dimana anda wajib memilih induk betina dan induk jantan. Induk jantan dapat dipilih dengan mengamati bentuk tubuhnya yang cenderung lebih gempal dan perutnya rata. Berbalik dengan betina yang memiliki tubuh kurus dan di bagian perutnya terdapat sedikit benjolan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lemon Fish

Persiapan Tempat

cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula

Sesuai dengan topik pada artikel ini yaitu cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula, tentunya tempat yang disiapkan sebagai tempat tinggal ikan lohan tersebut adalah kolam terpal. Kolam terpal memang sering dijadikan sebagai kolam ikan hias ataupun ikan lainnya. Kolam ini terbuat dari kain terpal yang dibentangkan pada tanah yang sebelumnya telah dicetak atau dicangkul terlebih dahulu. Langkah – langkah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Sediakan kolam terpal yang telah dibuat tersebut. Kolam terpal yang dibuat haruslah berukuran besar dan lebar, sebab pembudidayaan ini tidak hanya mengandalkan 1 atau 2 pasang ikan, tetapi banyak pasang.
  2. Setelah itu, anda bisa menambahkan pernak – pernik kolam ikan pada umumnya. Bisa dengan memberikan tanaman hias atau bebatuan yang membuat kolam ikan anda tampak unik.
  3. Lanjutkan proses tersebut dengan penuangan air ke dalam kolam terpal. Air yang dituangkan adalah air yang tidak mengandung kaporit dan sangat sehat demi keberlangsungan hidup ikan lohan tersebut. Sangat dianjurkan bagi anda untuk menggunakan air sumur atau air hujan, tetapi jika tidak ada mengingat air hujan sangat jarang, boleh menggunakan air PDAM yang telah diendapkan semalaman.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Kolam Terpal Agar Cepat Panen

Proses dan Cara Budidaya Ikan Lohan di Kolam Terpal

cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula

Ikan lohan yang hendak dibudidayakan tersebut wajib mengikuti cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula yang meliputi langkah – langkah berikut ini:

  1. Pindahkan indukan yang telah anda peroleh dari toko ikan atau teman anda. Tetap diingat, air bawaan dari tempat indukan tersebut berasal wajib diikutkan ke dalam kolam meskipun tidak sebesar kolam, hal ini ditujukan untuk penyesuaian suhu dan PH air di kolam yang baru.
  2. Jangan lupa untuk selalu menetapkan rasio 3:2, dimana jumlah betina lebih banyak dibandingkan dengan ikan lohan jantan. Hal ini agar ikan dapat senantiasa berkembang biak dan tidak memicu pertempuran antar ikan lohan jantan.
  3. Proses pemijahan atau perkembang biakan dilakukan dengan cara membagi dua teritori ikan. Dimana anda boleh memisahkannya terlebih dahulu dengan kayu penghalang atau kaca penghalang agar keduanya saling mengenal.
  4. Setelah waktu dirasa pas, dimana ikan lohan cenderung gelisah, maka saatnya anda lepaskan sekat tersebut dan membuat ikan lohan betina dan jantan untuk bersatu.
  5. Setelah ikan lohan betina bertelur, amati tingkah laku kedua indukan tersebut. Jika mereka menjaga telurnya maka tidak apa telur tersebut berada di tempat yang sama dengan indukannya. Kebalikan dengan indukan ikan lohan yang cenderung memakan telurnya, akan lebih baik dipisahkan.
  6. Jangan lupa untuk memberi makan ikan lohan tersebut dengan makanan ikan yang berkualitas. Pilihlah pelet yang berkualitas atau mungkin cacing seperti makanan pada umumnya.

Perawatan Pada Ikan Lohan di Kolam Terpal

cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula

Perawatan pada ikan lohan umumnya sama dengan perawatan pada ikan lainnya. Namun, ikan lohan merupakan spesies khusus yang cukup berbeda dengan lainnya sehingga diperlukan perawatan ekstra. Adapun langkah – langkah dalam perawatan pada ikan lohan di kolam terpal adalah sebagai berikut:

  1. Membersihkan kolam ikan terpal wajib dilakukan minimal seminggu sekali. Bersihkan kolam dari kotoran – kotoran yang mengganggu, baik kotoran yang berasal dari ikan tersebut atau kotoran yang berasal dari luar atau makanan yang mengendap.
  2. Melakukan pergantian air rutin maksimal dua kali seminggu. Air wajib diganti demi Kesehatan ikan lohan anda tersebut. Air diganti dengan syarat yang sama yaitu wajib diendapkan terlebih dahulu selama semalaman untuk air PDAM dan sangat disarankan untuk air sumur atau air hujan yang digunakan.
  3. Merawat ikan lohan, baik indukan maupun ikan kecil yang baru menetas. Ikan lohan harus diberi makan secara cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan dengan menggunakan makanan ikan berkualitas terbaik mengingat harga ikan lohan yang juga mahal. Berilah makan maksimal dua kali sehari yaitu pagi dan sore.
  4. Perhatikan setiap ikan lohan yang ada di kolam anda tersebut, jangan sampai ada ikan lohan baik indukan atau anakan yang sakit. Sebab, hal ini bisa mempengaruhi proses panen anda. Jika ada indukan atau anakan yang terlanjur sakit, pisahkan mereka dari ikan – ikan yang sehat dan berikan cairan penyembuhnya.
  5. Jangan paksakan ikan louhan untuk selalu berkembang biak, sebab ada masanya ikan tersebut merasa jenuh dan membutuhkan kebebasan tanpa harus berkembang biak.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut yg Benar

Proses Panen

cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula

Proses panen dalam cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula terdiri atas langkah – langkah berikut ini:

  1. Proses panen dilakukan pada sore hari atau pagi hari dimana suhu dalam keadaan normal dan sesuai dengan tubuh anakan ikan.
  2. Pilih anakan ikan yang sudah cukup remaja untuk diperjual belikan
  3. Gunakan saringan berukuran lebar pada diameternya untuk menyerok hasil panen

Kelima tahapan dalam cara budidaya ikan lohan di kolam terpal bagi pemula tersebut wajib diperhatikan untuk keberhasilan usahamu ya!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.