Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Mas dengan Hasil Melimpah

Cara Budidaya Ikan Mas dengan Hasil Melimpah

Mengkonsumsi ikan mas merupakan sebuah ikan yang dijadikan sebagai ikan hiasan dan bahkan terkadang ikan yang sering digunakan untuk di konsumsi. Hal ini akhirnya banyak orang  yang ingin membudidayakan ikan tersebut untuk kemudian dijadikan sebagai penambah keuntungan. Ada beberapa cara budidaya ikan mas yang dapat dilihat agar mengerti cara prosesnya.

Proses Pemilihan Indukan Ikan Mas

Bagi para pembudidaya ikan sebelum mengetahui proses cara budidaya dan mendapatkan hasil panen. Ada beberapa prosesnya untuk mendapatkan sebuah bibit ikan mas yang baik. Hal tersebut yaitu terdapat dari sebuah proses pemilihan indukan ikan mas yang akan diterangkan pada sebuah video cara budidaya ikan mas.

  1. Pada sebuah proses budidaya pastikan ikan yang digunakan merupakan ikan mas. Hal ini karena banyak orang terkadang salah dalam memilih ikan mas sehingga menghasilkan bibit yang berbeda.
  2. Dalam sebuah proses pemilihan indukan para pembudidaya juga diharuskan untuk memiliki sepasang ikan mas yang berjenis kelamin jantan dan betina untuk nantinya dikawinkan dan mendapatkan bibit dari ikan mas tersebut.
  3. Pada sebuah cara yang berikutnya juga bisa dengan menggunakan pemilihan ikan mas yang memiliki sisik cukup baik. Sehingga hal itu juga akan mempengaruhi sebuah sistem dari proses budidaya yang sedang dilakukan.
  4. Pemilihan ikan mas yang berikutnya yaitu dapat juga dilihat dari warna yang terdapat pada tubuhnya. Gunakan ikan dengan warna yang cukup baik dan juga hindari warna yang pucat agar tidak menimbulkan kerusakan pada sebuah sistem budidaya yang sedang dilakukan.

Persiapan Tempat

Dalam membudidayakan ikan mas selain menyiapkan sebuah indukan dari pasangan ikan mas tersebut. Hal yang berikutnya yaitu menyiapkan sebuah tempat untuk indukan ikan mas dan juga bibit dari ikan mas. Dalam video cara budidaya ikan mas juga akan diberikan sebuah tips apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat tempat ikan mas tersebut.

  1. Dalam melakukan sebuah budidaya ikan tentunya memerlukan sebuah kolam atau aquarium untuk tempat tinggal ikan mas tersebut. Namun dalam budidaya ini tempat yang digunakan yaitu berupa sebuah kolam yang memiliki luas, lebar serta kedalaman yang telah diperhitungkan. Jadi, tempat ini cocok untuk digunakan sebagai budidaya ikan mas dalam jumlah banyak maupun sedikit.
  2. Pada hal yang berikutnya yaitu menyiapkan sebuah kucuran air yang dapat memiliki banyak fungsi, selain untuk oksigen juga dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah air baru. Pembuatannya tersebut juga bisa dengan menggunakan sebuah pipa kecil ataupun besar.
  3. Jika di taruh pada kolam kecil atau penetasan telur maka pipa tersebut bisa ditambahkan sebuah jaring untuk menghindari telur dan ikan tersebut masuk ke dalam pipa.
  4. Menyiapkan sebuah pakan berupa pelet atau juga bisa makanan seperti cacing sutra. Kekurangan dari sebuah pakan pelet yaitu dapat membuat air menjadi keruh ketika ada bekas makanan yang tersisa. Maka dari itu pemilik budidaya ikan mas ini harus rajin dalam melakukan pembersihan kolam ikan mas agar tetap terjaga.
  5. Ketika tempat yang akan digunakan menggunakan sebuah beton. Maka bisa menyiapkan semen untuk memoles bawah dari kolam tersebut agar tetap rata dan tidak kotor. Ada juga sebagian orang yang menambahkan ubin untuk didasar kolam tersebut.
  6. Sebelum menggunakan kolam buatan tersebut lebih baik kolam ini dikuras hingga bersih agar sisa dari semen atau cor-coran tidak terlihat lagi saat sedang diisikan oleh air yang ada di dalam kolam beton buatan.

Proses Budidaya Ikan Mas

Dalam video cara budidaya ikan mas sangat mudah dan bahkan terbilang gampang. Namun itu semua ketika semua bahan sudah ada dan siap. Maka dari itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk proses budidaya ikan mas tersebut. Tentunya hal ini yang nantinya akan menguntungkan seorang pembudidaya tersebut sehingga mendapatkan sebuah keuntungan yang cukup besar.

  1. Pada sebuah proses budidaya ini siapkan indukan ikan mas yang bagus dan berkualitas tinggi untuk dibudidayakan agar mendapatkan bibit ikan mas yang banyak serta memiliki sebuah nilai jual yang tinggi nantinya serta mampu untuk bersaing dengan pedagang ikan lainnya di pasar.
  2. Tempatkan pasangan dari ikan mas pada sebuah kolam khusus untuk melakukan sebuah perkawinan tersebut. Selama prosesi perkawinan pastikan makanan serta vitamin tetap terjaga agar ikan tidak ada kekurangan sedikit pun saat sedang melakukan perkawinan tersebut.
  3. Pasangan ikan mas ini membutuhkan sebuah waktu paling cepat semalaman namun paling lama bisa mencapai kurang lebih dua harian lebih. Hal ini tergantung dari cepatnya proses pembuahan sehingga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan bibit ikan mas tersebut.
  4. Setelah proses selesai pastikan bahwa ikan telah bertelur, angkat pasangan ikan mas tersebut dari kolam khusus perkawinan tersebut. Kemudian masukkan ke dalam sebuah kolam dewasa untuk dapat berkembang biak dengan baik lagi. Hal ini memang membutuhkan sebuah kesabaran untuk mendapatkan sebuah hasil yang berbeda dan berkualitas tinggi tentunya.
  5. Selama proses perkawinan pastikan bahwa ikan tersebut tidak mengalami setres agar dapat cepat melakukan pembuahan. Jika ikan mengalami setres maka akan membuat mereka sulit untuk berkembang dan mendapatkan sebuah hasil telur yang banyak dan berkualitas tentunya.

Perawatan Ikan Mas

Cara untuk merawat ikan mas yang baik tentunya harus rutin dan telaten dalam merawatnya. Hal tersebut karena  jika dilakukan tidak telaten ataupun rutin maka akan terkesan percuma. Oleh karena itu bagi para pembudidaya ikan mas dalam sebuah video cara budidaya ikan mas tentunya ada step by step bagaimana cara melakukan perawatan ikan yang baik agar tidak cepat ataupun mudah mati.

  1. Ikan mati terkadang terjadi karena beberapa faktor salah satunya yaitu pemberian makanan yang tidak rutin. Maka dari itu sebagai pembudidaya yang baik memberikan sebuah makanan secara rutin perlu untuk dilakukan serta diperhatikan.
  2. Perawatan ikan mas yang berikutnya yaitu terdapat dari sebuah tempat tinggal ikan mas. Jika tidak diperhatikan maka hal tersebut tentunya dapat menyebabkan ikan menjadi kesulitan untuk berkembang biak.
  3. Proses perawatan ikan mas yang berikutnya yaitu terdapat pada sebuah kesehatan yang dijaga setiap harinya untuk menghindari ikan mati dan tidak terurus dengan benar sehingga membuat ikan tersebut mati.

Proses Panen Ikan Mas

Setelah melalui banyak proses dalam melakukan sebuah budidaya tersebut. Hal yang berikutnya yaitu terdapat pada sebuah proses bagaimana cara untuk panen ikan mas ini. Tentunya ikan mas memerlukan sebuah proses untuk melakukan panen tersebut. Pada sebuah video cara budidaya ikan mas ini dapat terlihat bagaimana proses dan caranya.

  1. Proses panen tentunya membutuhkan sebuah saringan untuk mengambil ikan-ikan secara langsung. Saringan yang digunakan biasanya besar tentunya agar bisa banyak ikan yang masuk ke dalamnya.
  2. Menyiapkan beberapa tempat untuk dilakukan pemisahan terlebih dahulu jika berat telah pas maka bisa untuk di jual. Namun ketika berat tidak pas namun umur telah cukup maka ikan tersebut bisa untuk dikonsumsi sendiri.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.