Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Tanah

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Tanah

Ikan mas merupakan ikan yang identik dengan warnanya kuning keemasan. Ikan ini bukan hewan asli endemik Indonesia, namun hasil impor sejak tahun 1800-an.

Sejak kecocokannya beradaptasi di wilayah Indonesia, ikan mas mulai banyak di budidayakan. Untuk kali ini kita, akan membahas bagaimana cara budidaya ikan mas di kolam tanah.

Budidaya ikan mas menjadi salah satu pilihan di antara banyak pilihan ternak ikan air tawar lainnya. karena, ikan mas memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding ikan air tawar lainnya.

Selain itu, ikan mas untuk konsumsi memiliki kandungan daging yang lembut dan bergizi. Untuk cara pembudidayaan ikan mas, kita akan bahas sebagai berikut :

Pemilihan Indukan Ikan Mas

Pemilihan indukan ikan mas harus di lakukan dengan teliti. Untuk budidaya, pilihan ikan mas dengan kualitas unggul lebih di sarankan. Berikut adalah tahapannya :

  1. Indukan ikan mas bisa anda temukan di penjual bibit ikan air tawar di lokasi dekat dengan wilayah anda. Carilah indukan ikan mas yang berkualitas unggul. Walaupun lebih mahal, tetapi profitnya nanti akan kembali modal.
  2. Pastikan ikan mas yang anda pilih cocok untuk di kembang biakkan di daerah anda. Lebih baik pilih ikan mas yang hasil dari kawin silang dengan ikan mas kualitas tinggi. Agar menghasilkan ikan yang kualitasnya bagus dan harga jual bisa tinggi.
  3. Selanjutnya, dalam memilih ikan mas carilah yang masih dalam kondisi yang sehat. Caranya dengan melihat kelincahan gerakan ikannya, serta kondisi fisik yang tidak ada tanda cacat sedikitpun.
  4. Ikan mas sebaiknya di beli secara seimbang dengan kedua jenis kelamin yang berpasang-pasangan antara yang jantan dan betina. Hal ini untuk memudahkan perkembangbiakan ikan mas. Berat bibit indukan ikan mas yang bisa anda budidayakan di awal proses sekitar 100 hingga 200 gram per ikan.
  5. Untuk percobaan, Anda bisa menguji sedikit bibit ikan mas di air kolam anda. Tentunya ikan tersebut anda beli dari penjual bibit tadi. Jika cocok, anda bisa mulai membeli bibit ikan mas dalam jumlah yang banyak

Persiapan Tempat Budidaya Ikan Mas Di Kolam Tanah

Untuk kolam yang akan anda buat di sini menggunakan kolam tanah atau biasa di sebut dengan empang. Kolam tanah ini membutuhkan lahan yang mumpuni, namun tidak memerlukan banyak modal.

  1. Siapkan lahan untuk proses pembuatan tempat budidaya ikan mas di kolam tanah.
  2. Perhatikan kontur dan tekstur tanah. Tanah yang baik adalah tanah yang subur dan tidak tercemar oleh zat kimia. Usahakan lokasinya jauh dari pembuangan limbah kimia. Karena akan berpengaruh pada ikan budidaya.
  3. Untuk pola kolamnya, anda bisa mulai mengeruk sebagian tanah dengan kedalaman tertentu, dan membentuknya menjadi persegi panjang ataupun bentuk bundar.
  4. Rapikan tanah hasil galian tadi, kemudian buatlah saluran irigasi untuk pembuangan air ketika air kolam di bersihkan nantinya.
  5. Sebelum di isi air, saluran pembuangan air di tutup lubangnya supaya tidak terjadi kobocoran air kolam.
  6. Setelah kolamnya sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah pengisian kolam dengan air bersih.
  7. Beri kolam sedikit pupuk organik untuk menghasilkan lumut-lumut yang berfungsi untuk pakan alami bibit-bibit ikan mas nantinya. Lumut yang menempel di dasar ataupun di dinding kolam biasanya mengandung hewan kecil seperti plankton yang menjadi sumber makanan bibit ikan kecil.

Proses Dan Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Tanah

Untuk menghasilkan ikan mas yang berkualitas tinggi, proses dan cara budidaya ikan mas di kolam tanah harus diperhatikan.

Anda perlu melakukan beberapa proses untuk mengembangkan ikan mas di dalam kolam tanah. Untuk singkatnya, berikut adalah prosesnya :

  1. Proses pembudidayaan ikan mas di awali dengan menaruh indukan ikan mas yang telah anda beli di tempat penjual bibit ikan di daerah anda.
  2. Masukkan ikan dengan teliti dan bedakan jenis kelamin dengan kolam yang berbeda. Gunanya untuk beradaptasi sembari menunggu ikan berkembang dan layak untuk di pijahkan.
  3. Ikan perlu di beri makan dengan pellet yang mengandung kadar gizi yang cukup untuk pertumbuhan ikan mas. Beri takaran pellet yang sesuai selama tiga kali sehari.
  4. Ikan mas tidak hanya makan pellet, tetapi makan plankton-plankton kecil dari dasar atau dinding kolam yang terbentik dari lumut yang menempel. Hal itu menjadi sumber makanan alami bagi ikan mas.

Perawatan Ikan Mas Di Kolam Tanah

Pada tahap ini, ikan mas perlu di rawat dengan baik dan teratur. Setiap hari di lakukan pemantauan terhadap kondisi ikan mas. Berikut adalah proses perawatan ikan mas di kolam tanah :

  1. Ikan mas wajib di beri makan setiap tiga kali sehari sesuai takarannya. Bila melebihi takaran, bukannya cepat berkembang tetapi pakan ikan yang tidak termakan akan memenuhi kolam dan bisa menghambat pertumbuhannya.
  2. Ikan mas yang memenuhi standar untuk kawin, antara jantan dan betina bisa mulai untuk  di gabungkan ke dalam kolam yang sama.
  3. Selanjutnya, jika proses perkawinan selesai maka ikan mas akan memasuki proses pemijahan. Menurut praktik yang beredar dalam budidaya ikan mas, telur hasil pemijahan ikan mas di pisahkan dari induknya di kolam yang berbeda. Kemudian di letakkan di ijuk untuk menunggu proses penetasan benih ikan kecil.
  4. Setelah ikan menetas, anda bisa tidak memberikan makanan pellet selama sehari sampai dengan dua hari. Alternative lain, anda bisa memberikan cairan berisi vitamin kepada kolam benih ikan mas tadi.
  5. Ikan yang sudah mulai berkembang, sudah layak di terjunkan langsung ke kolam utama perkembangbiakan ikan mas.
  6. Bersihkan kolam yang mulai kotor minimal seminggu sekali untuk menjaga kebersihan lingkungan kolam dan kualitas hasil akhir ikan mas.

Panen Ikan Mas Di Kolam Tanah

Tahap ini menjadi tahap yang di nantikan oleh para peternak ikan. selain bisa dikonsumsi sendiri, ikan mas ini nantinya bisa dijual.

Pemanenan ikan mas untuk dijual ini di bedakan menjadi dua, yakni:

  1. Panen ikan mas yang akan dijual ke pasar untuk di konsumsi.
  2. Panen benih ikan mas yang nantinya kita jual untuk dibudidayakan kembali oleh peternak ikan air tawar lainnya.

Ikan mas yang di tujukan untuk pasar konsumsi, membutuhkan ukuran yang besar atau ikan mas dalam keadaan dewasa.

Biasanya dalam proses panennya, ikan di saring menggunakan jaring ikan besar kemudian di pindahkan ramai-ramai ke dalam wadah yang siap untuk di pasarkan.

Sedangkan ikan mas yang di jual untuk tujuan pembudidayaan kembali, di panen saat ikan mas dalam proses sebagai calon indukan atau berusia remaja.

Hal ini untuk di adaptasikan ke lingkungan baru dengan kurun waktu tertentu.

Itulah pembahasan kita mengenai cara budidaya ikan mas di kolam tanah.

Pembudidayaan ikan mas terbilang sederhana dan bisa di lakukan oleh siapa saja asalkan mengutamakan ketelatenan dalam perawatannya. Semoga ini menjadi referensi bermanfaat.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.