Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Mas Kolam Terpal Agar Cepat Panen

cara budidaya ikan mas kolam terpal ager cepat panen

Cara budidaya ikan mas kolam terpal agar cepat panen tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pembudidayaannya harus dilakukan secara sistematis dan terstruktur dengan baik. Tujuannya agar ikan yang dirawat bisa sesuai dengan yang kita harapkan.

Banyak permintaan ikan mas baik ikan mas untuk konsumsi maupun ikan mas hias. Membuat bisnis budidaya ikan mas lebih menjanjikan. Cara pembudidayaan ikan mas juga terbilang lebih mudah dan menguntungkan, membuat ikan mas bisa dibudidyakan dimana saja salah satunya yaitu di kolam terpal. Lalu bagimana cara budidaya ikan mas kolam terpal ini?

Pemilihan Indukan Ikan Mas yang Bagus

cara budidaya ikan mas kolam terpal ager cepat panen

Cara budidaya ikan mas kolam terpal yang pertama adalah melakukan pemilihan induk ikan mas yang baik. Diantaranya tips memilih indukan ikan mas yang bagus adalah:

1. Pemilihan Ikan

Pilihlah ikan mas yang sehat, tidak terdapat cacat pada tubuh. Pemilihan calon indukan ini biasanya dilakukan saat ikan masih seukuran dengan jari dan juga biasanya di tempatkan di tempat terpisah untuk menghindari adanya kawin silang antar ikan mas.

Pilih ikan dengan kepala yang mempunyai moncong lancip, khususnya bagai ikan mas betina. Karena biasanya memiliki jumlah telur yang relatif lebih banyak ketimbang dengan ikan yang mempunyai kepala kecil. Selain itu, pilih ikan yang memiliki lubang yang dekat dengan pangkal ekor  dan perut yang lebar dan datar.

2. Perhatikan Bentuk

Bentuk serta ukuran tubuh ikan seimbang dan memiliki tubuh yang tidak keras dan tidak lembek. Bentuk pangkal ekor relatif lebih lebar dan tebal.

3. Umur Ikan

Ikan mas yang bagus untuk pembuahan biasanya berumur sekitar 1,5 sampai 3 tahun. Selain itu, pilihlah ikan dengan sisik yang agak besar serta rapi.

Persiapan Tempat Kolam Ikan Mas

cara budidaya ikan mas kolam terpal ager cepat panen

Penggunaan terpal sebagai wadah ikan merupakan salah satu alternatif dalam pembudidayaan ikan mas. Cara budidaya ikan mas kolam terpal dirasa cukup mudah, berikut langkah yang harus diperhatikan dalam menyiapkan tempat kolam ikan:

  1. Siapkan tempat yang akan digunakan untuk menampung ikan mas
  2. Bersihkan kolam terlebih dalu sebelum dipakai agar terhindar dari penyakit serta parasit.
  3. Biasanya untuk membudidayakan ikan mas di terpal, menggunakan terpal dengan lebar terpal 7 x 10 meter dengan kedalaman 120 cm.
  4. Isi kolam dengan air sekitar kurang lebih ketinggian air mencapai 120 cm.

Cara Budidaya Ikan Mas Kolam Terpal Agar Cepat Besar

cara budidaya ikan mas kolam terpal ager cepat panen

Langkah selanjutnya dalam tahapan budidaya ikam mas kolam terpal adalah proses serta pengembangan ikan mas. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dijadikan perhatian dalam pembudiyaan ikan mas.

  1. Pemilihan ikan mas yang sama jenisnya dan memilih ikan mas yang sehat serta yang memiliki produktivitas yang tinggi.
  2. Pemberian makanan 2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari.
  3. Indukan ikan betina biasanya dapat dipijahkan sekitar umur 1,5 tahun atau memiliki bobot tubuh minimal 1,5 kilogram. Sedangkan untuk indukan jantan mulai bisa dipijakan sekitr umur enam bulan ke atas dengan bobot minimal 0,5 kilogram.
  4. Indukan yang telah mengalami matang gonad (kelamin) biasanya memiliki perut yang yang lebih lunak serta membesar ke arah belakang. Dan juga memiliki lubang urogenotal memiliki warna yang kemerahaan dengan sedikit terbuka serta agak menonjol. Sedangkan untuk indukan jantan yang telah siap untuk dipijahkan biasanya kalau di tekan akan keluar cairan seperti sperma.
  5. Biasanya dalam satu tempat ada indukan ikan sebanyak 30 ekor dengan menggunakan perbangingan ikan jantan dan betina 3:1 atau 3:2 ekor. Biasanya juga tergantung luas kolam ikan mas.
  6. Ikan mas yang siap dipijah biasanya pergerakannya tidak lincah dan cenderung lamban.
  7. Saat pemijahan perhatikan kolam ikannya. Sebaiknya kolam tidak terlalu berlumpur dan keruh serta mamiliki volume air yang cukup dan suhu air berkisar 25 derajat celcius. Dan ditaruh dalam kolam yang khusus dengan dilengkapi tempat untuk menempelkan telur-telur ikan.

Perawatan iIkan Mas Kolam Terpal

cara budidaya ikan mas kolam terpal ager cepat panen

Dalam cara budidaya ikan mas kolam terpal, perawatan ikan merupakan hal terpenting, berikut ini cara perawatannya:

  1. Pastikan suhu dalam kolam berkisar antara 20 – 25 derajat celcius.
  2. Sebelum digunakan kolam biasanya akan didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 – 3 hari yang bertujuan agar plakton dapat tumbuh. Warna air yang kehijauan memandakan bahwa plakton sedang tumbuh.
  3. Perhatikan juga kualitas air dalam kolam, air yang kotor dapat menyebabkan ikan mudah terserang penyakit.
  4. Bersihkan air kolam sekitar 2-3 minggu sekali agar suhu serta kebersihan kolam tetap terjaga.
  5. Pemberian makanan ikan tergantung pada ukuran ikan hias. Untuk bibit biasanya ikan akan diberikan pakan sebanyak dua kali sehari. Sebaikanya gunakan pakan ikan pellet dengn protein yang tinggi serta jumlah pakan yang 3-4 persen dari bobot ikan.
  6. Pemberian vitamin dan antibiotik agar daya tahan tubuh ikan menjadi kuat dan tahan terhadap serangan penyakit.
  7. Pengendalian terhadap hama dan penyakit. Biasanya yang sering terjadi yaitu lingkungan yang kotor, parasit dan non parasit, bakteri, jamur.

Pemanenan Ikan Mas

cara budidaya ikan mas kolam terpal ager cepat panen

Merupakan cara budidaya ikan mas kolam terpal yang terakhir. Di antaranya langkah-langkah dalam memanen ikan mas sebagai berikut ini.

  1. Waktu yang digunakan untuk membudidayakan ikan mas biasanya sekitar 2-3 bulan dan sudah bisa di panen.
  2. Sebaiknya kurangi debit air terlebih dahulu sebelum melakukan pemanenan ikan, supaya ikan mudah untuk di tangkap.
  3. Gunakan jaring untuk memudahkan dalam menangkap ikan.
  4. Biasanya ikan mas yang siap panen memiliki bobot tubuh berkisar antara 300-400 gram per ekor. Jika bobot di bawah ini masih dapat berpotensi untuk dikembangkan lagi.
  5. Pisahkan antara ikan yang sudah memenuhi bobot panen dengan yang belum memenuhi bobot panen.

Itu dia cara budidaya ikan mas kolam terpal yang bisa dicoba bagi pemula. Sebernya banyak cara dalam pembudidayaaan ikan mas, karena ikan mas merupakan salah satu ikan yang mudah untuk dibudidaykan. Beberapa jenis ikan mas yang sering dibudidayakan yaitu:

Jenis ikan mas konsumsi adalah:

  1. Ikan mas lokal
  2. Ikan mas punten
  3. Ikan mas merah
  4. Ikan mas majalaya
  5. Dll

Jenis ikan mas hias adalah:

  1. Ikan mas kumpay
  2. Ikan mas fancy
  3. Ikan mas koi
  4. Ikan mas kaca
  5. Dll

Cara budidaya ikan mas kolam terpal ager cepat panen dirasa sangat menguntungkan. Karena ikan tidak mudah terserang penyakit dan dalam proses pemanenan terbilang cukup mudah. Penggunaan kolam terpal untuk budidaya ikan mas juga tidak terlalu makan banyak tempat serta suhu yang lebih stabil.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.