Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Molly Dari Indukan Hingga Panen

Cara Budidaya Ikan Molly Dari Indukan Hingga Panen

Di penghujung tahun 2020 tentunya banyak orang yang menginginkan agar lebih baik dari tahun sebelumnya. Banyak juga yang menciptakan sebuah bisnis yang cocok untuk dilakukan pada tahun depan. Salah satunya yaitu cara budidaya ikan molly  yang saat ini jarang diperhatikan oleh masyarakat sekitar mengenai ikan tersebut.

Pemilihan Indukan Dari Ikan Molly

Ikan cantik ini adalah seekor ikan yang memiliki jenis beraneka ragam. Bahkan warna dari ikan molly pun terkesan cantik dan tidak akan membuat para pemiliknya bosan. Hal inilah yang membuat ikan molly menjadi banyak digemari oleh para pencinta ikan hingga harganya pun lumayan cukup mahal. Oleh karena itu ikan ini bisa dijadikan sebagai sebuah bisnis cara budidaya ikan molly pada tahun depan yang cukup menguntungkan.

  • Pilih jenis ikan molly yang akan di budidayakan oleh para pencinta ikan hias. Pastikan bahwa pasangan tersebut merupakan berjenis kelamin yang berbeda agar bisa melakukan proses pembuahan.
  • Selanjutnya pada tahapan ini juga pilih ikan dengan melihat dari segi kesehatan ikan molly tersebut. Banyak ikan yang terkadang sakit namun dilaksanakan untuk dikawinkan sehingga menghasilkan indukan yang tidak sesuai.
  • Dari sekian banyak jenis ikan molly maka pilihlah satu jenis ikan not yang akan di budidayakan. Paling tidak pisahkan dengan jenis yang lainnya agar proses pembuahan pun dapat menyesuaikan dengan indukan dari ikan molly.
  • Indukan ikan molly memiliki sebuah ciri khas yang sehat dan bagus maka akan menghasilkan bibit yang sehat dan juga berkualitas tinggi.
  • Pilih juga ikan yang memiliki warna lumayan cukup terang agar bibit ikan nantinya juga dapat memiliki sebuah kualitas yang lebih tinggi dibandingkan indukannya.

Persiapan Tempat Ikan Molly

Ikan tawar ini merupakan seekor ikan yang tidak begitu sulit untuk perawatannya. Terlebih lagi untuk tempat budidaya ikan molly tersebut juga disesuaikan dengan keinginan masing-masing orang. Ada yang memiliki lahan cukup besar maka cara budidaya ikan Molly pun dengan menggunakan sebuah kolam yang terbuat dari tembok.

  • Jika ingin menggunakan sebuah tempat dari aquarium maka hal yang perlu disiapkan yaitu aquarium dalam jumlah yang lumayan cukup banyak. Hal tersebut karena proses dari budidaya ini membutuhkan banyak tempat yang akan digunakan.
  • Hal yang berikutnya yaitu terdapat pada sebuah kolam dengan menggunakan tembok. Maka harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu agar dapat dibagi secara rata.
  • Menyediakan sebuah tempat pembuangan air jika menggunakan kolam tembok. Hal tersebut karena akan sangat tidak memungkinkan untuk membuang air dalam jumlah banyak secara manual.
  • Siapkan juga sirkulasi air yang sangat berguna untuk oksigen dari ikan tersebut. Terlebih lagi jika ikan yang dibudidayakan cukup banyak. Maka oksigen pun perlu untuk dibuat agar ikan tersebut mendapatkan oksigen yang pas dan sesuai.
  • Menyediakan sebuah tempat yang pas agar sirkulasi udara luar dan pencahayaan matahari bisa didapatkan oleh ikan tersebut. Sehingga proses budidaya dan perkembangan dari ikan molly tersebut melalui sebuah proses yang cepat.
  • Menyiapkan sebuah jaring pada masing-masing kolam agar ikan tidak mudah terbawa oleh arus yang dibuat dari sebuah tempat pembuangan air. Terkadang banyak bibit ikan molly yang terbawa hanyut oleh aliran pembuangan air.

Proses Budidaya Ikan Molly

Ikan molly memang sangat menguntungkan bagi para pencinta ikan yang sedang melakukan budidaya dari ikan tersebut. Hal ini tentunya membuat para pebisnis memulai langkah awal untuk mengetahui cara budidaya ikan Molly yang baik dan benar akan dapat menghasilkan sebuah keuntungan yang berlipat ganda. Maka dari itu banyak berikut ini adalah sebuah tips yang bisa dilakukan untuk membuat budidaya tersebut menjadi keuntungan yang berlipat ganda.

  • Siapkan indukan ikan molly yang akan dikawinkan dengan ikan jantan tempatnya pun harus berbeda dengan tempat awal ikan molly dikembang biakkan.
  • Pasangan tersebut harus berjumlah dengan masing-masing perbandingan ikan jantan lebih sedikit dari ikan betina. Hal ini dilakukan agar jika ikan betina yang satu tidak cocok dengan jantan tersebut maka bisa dialihkan dengan ikan betina yang lainnya.
  • Selain dengan proses perkawinan antara ikan molly jantan dan betina hal lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memilih bibit dari ikan molly yang berkualitas. Sehingga sang pemilik pun tidak perlu bersusah payah untuk menunggu waktu penetasan dari ikan-ikan tersebut.
  • Setelah itu bibit ikan molly bisa ditaruh pada kolam pengembangan agar ikan tersebut dapat berkembang biak dengan cepat.
  • Pemberian vitamin juga diperlukan dalam mengembangkan ikan-ikan tersebut agar lebih cepat berkembang dengan baik.
  • Air dari ikan molly juga harus sering diganti karena ikan ini akan sulit mendapatkan sebuah oksigen dari air yang kotor dan keruh tersebut.

Perawatan Ikan Molly

Ikan air tawar ini merupakan sebuah ikan hias yang cantik dan saat ini sedang banyak diminati oleh banyak orang. Ada banyak proses yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan pada ikan tersebut agar memiliki bentuk tubuh yang baik dan juga warna-warni yang cerah. Cara budidaya ikan molly dalam segi perawatan yaitu :

  •  Ikan molly tetap berada pada titik suhu yang sama yaitu tidak mendapati panas yang berlebih ataupun dingin yang berlebihan. Maka dari itu tata letak dari kolam tersebut juga menjadi sebuah titik penentuan dari tumbuh kembang ikan molly.
  • Ikan molly harus mendapatkan asupan makanan yang memiliki banyak vitamin dan juga kandungan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk sebuah tumbuh kembang ikan menjadi lebih baik terlebih lagi warna dari ikan tersebut juga membutuhkan sebuah perawatan khusus.
  • Melakukan pembersihan air kolam yang rutin juga hal yang harus dilakukan agar ikan terhindar dari setres yang dapat menyebabkan ikan mudah mati.
  • Tahapan perawatan ikan uang yang berikutnya yaitu terdapat pada sebuah makan yang diberikan bukanlah makanan yang biasa melainkan makanan khusus untuk ikan hias.

Panen Ikan Molly

Pada masing-masing ikan jelas memiliki perbedaan dalam sebuah proses panennya. Ada yang dilakukan pengambilan secara bersamaan dan ada juga yang harus di tangkap satu demi satu untuk menghindari tingkat setres pada ikan tersebut. Cara budidaya ikan molly untuk proses panen pun dapat diperhatikan secara baik-baik agar tidak salah melakukan pengambilannya.

  • Hal utama yaitu siapkan wadah ataupun tempat yang digunakan untuk menaruh ikan-ikan hasil panen.
  • Cara yang kedua yaitu Anda bisa melakukan penangkapan ikan tersebut secara langsung dengan langsung terjun ke dalam kolam.
  • Cara lainnya yaitu Anda juga bisa menggunakan sebuah serokan kecil untuk menangkap ikan-ikan tersebut namun harus dipastikan agar mengambilnya secara perlahan tidak harus mengganggu ikan lainnya.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.