Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Bagi Pemula

cara budidaya ikan neon tetra

Banyak orang yang tidak tahu akan bagaimana cara budidaya ikan neon tetra. Padahal, budidaya ikan jenis ini sangatlah mudah untuk dilakukan, termasuk bagi mereka para pemula. Selain mudah untuk pembudidayaannya, juga jenis ikan ini termasuk ikan yang bisa hidup dalam jangka waktu lama sekalipun ditempatkan pada kolam yang kecil.

Saat ini ikan neon tetra menjadi jenis ikan yang paling diminati oleh masyarakat. Hal ini karena, ikan neon tetra memiliki warna yang sangat cantik dan memanjakan mata. Jika anda memanfaatkan peluang ini sebagai ladang bisnis, tentunya mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menjanjikan. Berikut ini adalah cara pembudidayaannya.

Pemilihan Induk Ikan Neon Tetra

cara budidaya ikan neon tetra

Cara budidaya ikan neon tetra yang pertama adalah pemilihan induk. Ketika proses ini, pilihlah induk yang benar-benar memiliki kualitas tinggi. Sebab, dengan pemilihan induk yang tepat dan berkualitas, mampu mengantarkan pada hasil yang maksimal ketika pembudidayaannya.

Selain memilih induk yang berkualitas, anda juga wajib mengetahui induk betina dan jantan. Berikut ini adalah cara membedakan jenis kelaminnya:

1. Induk ikan neon tetra betina

Untuk ikan neon tetra betina memiliki beberapa ciri yang bisa anda lihat. Yang pertama memiliki bentuk tubuh yang lebih pendek atau cendrung bulat. Ketika anda perhatikan garis neonnya, berbentuk melengkung. Selain itu, ikan neon tetra yang betina memiliki gerakan yang lebih lambat daripada induk yang jantan.

2. Induk ikan neon tetra jantan

Tentunya ikan neon tetra betina dan ikan neon tetra jantan memiliki perbedaan yang bisa anda lihat menggunakan mata telanjang. Untuk ikan neon tetra jantan memiliki bentuk tubuh yang ramping dan lebih panjang dari tubuh betina. Kemudian ketika dilihat pada bagian garis neonnya terlihat lurus. jika bertanya soal gerakan ketika berada di permukaan air, tentunya ikan neon tetra jantan lebih cepat dari gerakan si betina.

Persiapkan Tempat Pembudidayaan Ikan Neon Tetra

cara budidaya ikan neon tetra

Setelah selesai memilih bibit yang berkualitas dan sudah mengetahui jenis kelamin dari setiap ikan neon tetra yang hendak anda budidayakan, kini saatnya untuk mempersiapkan tempatnya. Berikut beberapa syarat tempat untuk melakukan pembudidayaan ikan ini:

1. Air yang bersih dan steril

Yang pertama anda persiapkan adalah, pastikan air tempat memilihara ikan neon tetra adalah air yang bersih dan steril. Biasanya keasaman air yang sering digunakan oleh pembudidaya ikan neon tetra adalah 6,4. Ini karena, ikan neon tetra merupakan jenis ikan yang tidak suka dengan air kotor dan kumuh. Selain itu, ini bertujuan untuk memperlihatkan keindahan lampu yang menyala dalam tubuh ikan tersebut.

2. Tempat yang gelap

Selain air yang bersih dan steril, ikan neon tetra juga tidak menyukai tempat yang terang. Nah apabila anda menggunakan akuarium ketika pemeliharaan ikan ini, pastikan tempat akuarium tersebut di tempat gelap. Begitu juga ketika hendak membudidayakan ikan ini di kolam. Biasanya tempat yang sering digunakan dan sudah terbukti cocok untuk ikan neon tetra ini adalah tempat yang memiliki suhu udara 20 derajat celcius.

Pemijahan Ikan Neon Tentara

cara budidaya ikan neon tetra

Proses pemijahan merupakan Cara budidaya ikan neon tetra yang tidak boleh anda sepelekan. Untuk itu berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan ketika proses pemijahan sedang berlangsung.

1. Tempat yang bersih dan steril

Siapkan tempat yang bersih dan steril untuk proses pemijahan ikan ini. Cara membersihkan tempatnya cukup dengan dicuci jika itu menggunakan akuarium, atau dengan disikat dan dialiri air jika itu menggunakan kolam.

2. Siapkan air yang bersih

Selanjutnya adalah menyiapkan air yang bersih dan steril. Anda juga bisa menggunakan air hujan, namun ketika memutuskan untuk menggunakan air hujan, pastikan bahwa air tersebut sudah ditampung dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu.

3. Masukkan air ke tempat

Setelah poin 1 dan 2 anda selesaikan, langkah selanjutnya adalah memasukkan air ke dalam tempat pemijahan. Entah itu kolam ataupun akuarium. Dan jangan lupa untuk mencampurkan air hasil rendaman dari kayu asam dengan dipadukan beberapa tetes. Kemudian diamkanlah selama 2 hingga 3 hari.

Pembenihan Ikan Neon Tentara

cara budidaya ikan neon tetra

Ketika proses pemijahan telah selesai, cara budidaya ikan neon tetra berikutnya adalah proses pembenihan. Di dalam proses ini akan ada beberapa kegiatan yang perlu anda lakukan, berikut pembahasannya:

1. Memasukkan ikan neon tetra jantan dan betina

Cara budidaya ikan neon tetra pada proses pembenihan yang pertama adalah memasukkan ikan neon tetra betina dan ikan neon tetra jantan ke dalam akuarium ataupun kolam. Kemudian tempat tersebut di tutup agar tidak terkena cahaya secara langsung. Dan jangan lupa pada bagian penutup diisi lubang kecil untuk melihat pergerakan ikan dan juga memberi sedikit cahaya yang masuk.

2. Amati pergerakan ikan neon tetra

Dalam proses ini anda harus mengamati dan memastikan bahwa ikan neon tetra yang betina dan jantan bermain dan kejar-kejaran. Jika ini telah terjadi, bisa dipastikan 3 hari mendatang atau lebih akan menghasilkan telur. Telur yang telah dihasilkan ini akan menempel di sekitar tempat tersebut. Langkah selanjutnya, pindahkan induknya dan kembali tutup dengan penutup yang tadi atau menggunakan kain hitam agar cahaya yang masuk sedikit dalam tempat telur ikan neon tetra.

3. Tunggu telur menetas

Sekitar tiga hari atau lebih, telur-telur yang telah dihasilkan oleh ikan neon tetra akan menetas. Kemudian anakan dari menetasnya telur tersebut kamu beri makanan berupa infusoria. Infusoria ini sendiri merupakan makanan ikan yang terdiri dari bakteri hasil pembusukan daun kubi mupun kol. Ketika hari sudah berselang mencapai 2 hingga 3 minggu, barulah anda buka penutupnya. Jika semua proses dikerjakan dengan tepat dan berhasil, maka anda akan melihat anak ikan neon tetra yang berenang melayang-layang di dalam air.

Panen Dan Pemasaran

cara budidaya ikan neon tetra

Yang terakhir dalam proses cara budidaya ikan neon tetra adalah panen dan pemasaran. Jika langkah yang anda lakukan benar dan bibit yang anda pilih adalah bibit yang memiliki kualitas bagus, maka usia 3 bulan atau 4 bulan ikan neon tetra sudah bisa anda panen.

Setelah dipanen, anda bia melakukan kegiatan pemasaran. Dalam pemasarannya pun ada dua metode yang bisa dilakukan. Yaitu online dan offline, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Secara online

Pemasaran ikan neon tetra secara online bisa anda lakukan melalui merketplace-marketplace yang sudah terkenal banyak orang. Seperti melalui Shopee, Toko Pedia, Lazada, dan yang lainnya. Atau bisa juga anda melakukan pemasaran online malalui media sosial seperti, instagram, facebook, whatsapp, twitter, dan yang lainnya.

2. Secara offline

Yang terakhir adalah dengan cara offline. Pemasaran dengan metode ini bisa anda lakukan dengan cara memasarkannya pada pengumpul atau di pasar tempat jual beli ikan hias.

Bagaimana? Apakah anda sudah paham? Jika sudah, demikianlah cara budidaya ikan neon tetra yang bisa dilakukan dengan mudah bahkan bagi pemula. Semoga bermanfaat!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.