cara budidaya ikan nila dengan terpal untuk pemula
Warta Bandung

5 Cara Budidaya Ikan Nila dengan Terpal Bagi Pemula

Cara budidaya ikan nila dengan terpal sebenarnya susah-susah gampang. Dimulai dari pemilihan indukan yang berkualitas, kemudian penyiapan kolam, perawatan hingga proses panen semuanya harus dilakukan cara sistematis dan teratur dengan baik.

Untuk menciptakan ikan nila berkualitas, maka proses budidayanya menjadi tidak mudah. Selain bibit yang harus diperhatikan kualitasnya, pakan dan tempat ikan nila itu dibudidaya juga jadi sangat penting. Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel berikut:

Pemilihan Indukan Ikan Nila yang Terbaik

Para pengusaha yang ingin memulai bisnis baru dengan cara budidaya ikan nila dengan terpal maka proses awal Anda harus memilih indukan dari ikan nila tersebut. Ada yang menggunakan cara yang gratisan dan ada pula yang menggunakan cara membeli sebuah indukan ikan nila di penjual ikan. Berikut ini adalah trik mengetahui ikan ciri-ciri indukan yang memiliki kualitas terbaik.

  1. Anda bisa melihat dari kelincahan ikan nila di dalam air. Ada beberapa ikan yang terkadang tidak memiliki gerak yang lincah. Maka dari itu hal ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam memilih sebuah indukan yang baik.
  2. Hal yang kedua yaitu Anda bisa memilih ikan nila dengan warna agak terang. Terkadang ada beberapa ikan nila yang dijual di pasaran memiliki warna gelap. Namun gelapnya tersebut harus cerah sedikit.
  3. Setelah itu ketika di ikan di pegang maka berat dari ikan nila ini harus sekitar kurang lebih 30 gram. Hal ini karena jika berat di bawah rata-rata maka dikhawatirkan kalau ikan tersebut sedang sakit.
  4. Bentukan tubuh ikan juga harus diperhatikan tidak ada yang cacat sedikit pun mulai dari mata hingga ekornya. Terkadang ada yang memiliki bentukan tubuh yang bagus namun memiliki kekurangan di mata.
  5. Panjang ikan nila juga harus sesuai dengan standar indukan dari ikan jenis ini.
  6. Ketika semu sudah diperiksa hal yang terakhir yaitu mengenai sebuah umur dari ikan nila yang harus sesuai karena jika tidak sesuai maka akan menghasilkan bibit nila yang cacat.

Persiapan Tempat Untuk Ikan Nila

Kemudian setelah menyiapkan indukan dari ikan nila tersebut. Tahapan yang selanjutnya cara budidaya ikan nila dengan terpal  Anda harus mempersiapkan sebuah tempat untuk ikan nila tersebut tinggal. Ada beberapa catatan penting yang harus Anda ketahui mengenai persiapan tempat yang akan Anda buat untuk tempat nila tersebut di budidayakan.

  1. Anda harus mempersiapkan lahan untuk membuat galian yang akan digunakan untuk tempat budidaya ikan. Pastikan galian yang Anda buat cukup dalam sehingga ikan nila tidak mudah loncat keluar dari kolam.
  2. Menyiapkan beberapa batu bata dan semacamnya untuk digunakan di bawah terpal yang akan Anda jadikan kolam. Hal ini agar kedudukan kolam sama rata dan tidak membuat kolam mudah rusak ataupun robek.
  3. Hal yang selanjutnya sebelum Anda menaruh terpal pastikan diatas batu bata tersebut ditaruh beberapa karung pupuk sekam atau yang lain sebagainya. Hal ini berguna agar bagian kasar dari batu bata tidak langsung terkena ke bagian terpal yang dapat membuat robek.
  4. Taruhlah terpal tersebut di kolam yang sudah Anda buat. Pastikan Anda juga membuat penahan agar air tidak mudah jebol.
  5. Hal yang selanjutnya yaitu Anda dapat memberikan beberapa benda yang cukup berat untuk menahan beban debit air yang terdapat di terpal.
  6. Tahapan berikutnya yaitu Anda dapat membuat sirkulasi air agar dapat kuat masuk dengan mudah tanpa harus merombaknya.
  7. Terakhir Anda juga bisa memasukkan air terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan yang akan di budidayakan tersebut.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal Untuk Pemula

Selain trik untuk memilih indukan ikan dan juga sebuah persiapan untuk pembuatan kolam. Ada juga proses dan cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai cara budidaya ikan nila dengan terpal. Proses budidaya ini bisa terbilang cukup berbeda dengan ikan lainnya karena ikan nila bisa terbilang sebagai ikan yang sensitif.

  1. Sebelum memasukkan ikan ke dalam kolam terpal yang Anda buat. Terlebih dulu perkenalkan ikan kepada air yang ada di kolam terpal tersebut.
  2. Hal pertama Anda bisa mempersiapkan sebuah tempat yang cukup besar untuk menaruh semua indukan ikan yang telah Anda pilih untuk nantinya di sebar di kolam.
  3. Kedua yaitu Anda bisa memasukkan air ke dalam tempat tersebut separuh dari ketinggian tempat yang Anda gunakan.
  4. Ketiga Anda bisa memasukkan ikan sedikit demi sedikit ke tempat yang sudah disiapkan tadi. Pastikan bahwa tidak semua ikan Anda masukkan ke dalam tempat tersebut karena khawatir ikan tidak akan mendapatkan cukup ruang dan oksigen.
  5. Biarkan indukan ikan nila berada di tempat tersebut hingga kurang lebih 10 menit. Agar ikan dapat mudah beradaptasi dengan air yang baru.
  6. Setelah itu Anda bisa memasukkan satu gayung air yang berasal dari kolam terpal tersebut untuk memperkenalkan kepada ikan nila air yang akan mereka tempati.
  7. Tunggu hingga 5 menit baru ikan bisa untuk dimasukkan ke dalam kolam terpal tersebut.

Perawatan Ikan Nila

Proses perawatan ikan nila merupakan sebuah cara yang gampang namun sulit ketika Anda tidak menjalankannya secara rutin. Maka dari itu agar proses cara budidaya ikan nila dengan terpal berjalan dengan baik Anda harus memperhatikan perawatan ikan nila secara rutin. Agar ikan tidak mudah setres dan bahkan  berkembang biak dengan baik.

  1. Hal yang utama yaitu perawatan bagaimana cara Anda memberikan makan kepada ikan nila. Anda dapat memberikan mereka makanan berupa pakan ikan secara rutin maksimal tiga kali dalam satu hari.
  2. Pakan yang harus diberikan kepada ikan nila harus memiliki banyak manfaat agar ikan dapat berkembang dengan cepat sehingga proses budidaya dapat berjalan sempurna.
  3. Hal yang selanjutnya yaitu Anda juga bisa memperhatikan air yang ada di dalam kolam ikan nila. Biasanya jika Anda memberikan makan nila dengan pakan pelet maka hal ini akan menimbulkan air menjadi cepat keruh.
  4. Menempatkan ikan pada tempatnya dengan berdasarkan umur dan berat dari ikan tersebut. Hal ini tentunya dapat memudahkan Anda saat ingin memanen ikan nila tersebut.

Memanen Ikan Nila

Trik selanjutnya terdapat pada tata cara bagaimana memanen ikan nila pada sebuah kolam terpal. Hal inilah yang terkadang jarang diketahui sehingga banyak orang yang terkadang sulit untuk melakukan panen ikan tersebut. Maka dari itu di sebuah cara budidaya ikan nila dengan terpal ada sebuah proses trik bagaimana panen ikan nila tersebut.

  1. Hal pertama tentunya jika Anda ingin mudah menggiring ikan tersebut maka pastikan satu hari sebelum ikan Anda panen maka jangan diberikan makan terlebih dahulu. Ini merupakan cara agar ikan mudah untuk di pancing.
  2. Anda juga perlu menyiapkan jaring untuk menyerok ikan-ikan tersebut agar proses lebih mudah dan simpel dalam pengambilannya.
  3. Siapkan tempat untuk hasil panen ikan nila tersebut agar ikan tersebut bisa dijual dalam keadaan masih segar dan sehat.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Platy Bagi Pemula

FAQ

1. Berapa Lama Panen Ikan Nila Di Kolam Terpal?

Umumnya, waktu panen dapat dilakukan setelah 4 hingga 6 bulan pemeliharaan, tergantung jenis ikan nila. Pakan berkualitas dan kondisi air yang bagus turut mempercepat proses panen.

2. Bisakah Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal?

Ikan nila sebenarnya bisa dibudidayakan di berbagi media seperti kolam tanah, kolam semen, hingga akuarium. Namun, budidaya di kolam terpal adalah pililhan yang paling aman. Lokasi kolam terpal juga bisa menentukan kemudahan dan hasil panen.

3. Apakah Budidaya Ikan Nila Harus Air Mengalir?

Hal yang paling penting adalah memperoleh akses sumber air mengalir yang layak digunakan sebagai media budidaya ikan Nila. Apapun itu, asalkan ia merupakan sumber aliran air bebas limbah, air itu berarti aman untuk digunakan sebagai keberlangsungan bibit ikan nantinya.

4. Bagaimana Cara Budidaya Ikan Nila?

5 Langkah Dasar Budidaya Ikan Nila, yang Mau Jadi Jutawan, yaitu:

  1. Pemilihan lokasi kolam ikan nila
  2. Lakukan pengolahan kolam untuk ternak ikan nila
  3. Pengairan kolam budidaya ikan nila
  4. Pemilihan dan penebaran bibit ikan nila
  5. Pemeliharaan, pemberian pakan ikan nila, dan panen

Nah itulah sedikit ulasan saya tentang cara budidaya ikan nila dengan terpal untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat khusus buat kamu yang sedang mencari informasi ternak ikan nilai di kolam terpal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *