Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Tahapan Cepat Kaya Dari Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Cara budidaya ikan nila di kolam terpal, tentunya di antara kalian ada yang sudah mengerti mengenai cara pembudidayaan ikan nila dengan menggunakan media kolam terpal.

Bahkan ada juga yang tidak mengerti bagaimana caranya. Ikan nila sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi orang.

maka dari itu, kali ini kita akan membahas 5 tahapan cepat kaya dari cara budidaya ikan nila di kolam terpal.

Banyak orang yang sudah menggunakan cara ini karena mereka menganggap bahwa cara budidaya ini sangat simpel dan mudah untuk dipindahkan.

Bahkan kolam ini juga harganya lumayan cukup murah bila dibandingkan dengan menggunakan kolam dari cor-coran.

Pemilihan Indukan Ikan Nila

Para pembudidaya ikan nila baik itu pemula atau yang sudah terbiasa membudidayakan ikan nila tidak boleh sembarangan dalam memilih benih.

pemilihan benih sendiri merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. karena dari benih tersebut akan dapat mempengaruhi hasil panen nantinya.

Maka dari itu sebagai pembudidaya ikan nila yang menggunakan media kolam terpal harus memperhatikan setiap poinnya dari cara budidaya ikan nila di kolam terpal.

Proses pertama dari pembudidayaan ikan nila bisa kita lakukan dengan cara memilih indukan yang memiliki kualitas terbaik, diantaranya:

  • Proses pemilihan indukan yang pertama yaitu dapat memilih ikan berdasarkan dari warna masing-masing ikan tersebut. Tentunya ikan nila memiliki dua warna yaitu hitam dan merah. Maka dari itu para pembudidaya harus melihat warna dalam tubuh ikan nila ini. Apakah memiliki warna yang segar/cerah dilihat atau sebaliknya.
  • Proses yang kedua yaitu dengan menggunakan sebuah ketelitian dalam melihat umur dari sang ikan. Ikan nila yang pas untuk dibudidayakan haruslah sudah cukup umur untuk nantinya masuk ke dalam tahapan perjodohan kedua jenisnya.
  • Hanya boleh menggunakan satu jenis ikan dalam satu tempat. hal ini bertujuan untuk menentukan warna kulit dari sang ikan nila. Jika dalam proses pembuahan tersebut sang pembudidaya menggunakan ikan dua warna. Maka hal ini akan membuat bibit tersebut bingung ingin ikuti ke dalam warna apa.

Persiapan Tempat Untuk Ikan Nila

Setiap makhluk hidup tentunya membutuhkan sebuah tempat tinggal untuk proses mereka hidup dan bertahan.

Hal ini tentunya sangat diperlukan dan disesuaikan dengan sebuah habitat dari masing-masing jenis hewan yang dibudidayakan.

Salah satunya yaitu ikan nila yang membutuhkan sebuah tempat untuk mereka tinggal.

Cara budidaya ikan nila di kolam terpal bisa dijadikan sebagai referensi untuk menaruh ikan-ikan tersebut baik dalam jumlah banyak atau pun sedikit.

Berikut beberapa langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam cara budidaya ikan nila di kolam terpal, diantaranya:

  • Mempersiapkan terpal yang akan digunakan untuk menaruh ikan nila. Jika Anda tidak ingin ribet maka bisa untuk menggunakan sebuah kolam yang sudah jadi. Banyak sekarang orang yang telah menjual kolam terpal yang sudah jadi untuk mempermudah para pembudidaya ikan.
  • Mempersiapkan sebuah aliran air yang akan memasuki kolam ikan nila. Selain untuk sebuah tumbuh kembang dari ikan nila. Air juga bisa dijadikan sebagai sumber pernapasan bagi ikan nila. Kadar oksigen didalam kolam pun juga perlu diperhatikan, agar ikan di dalam mendapatkan udara yang pas sesuai dengan kebutuhan standar mereka.
  • Mempersiapkan sebuah batako ataupun benda berat lainnya untuk menahan beban berat yang ada pada air di dalam kolam terpal tersebut. Hal inilah tentunya sangat penting untuk diterapkan saat para pembudidaya ingin memutuskan untuk menggunakan media terpal dalam sebuah budidaya ikan nila.
  • langkah selanjutnya yaitu jumlah air yang di masukkan ke dalam kolam terpal tidak boleh berlebihan. Air yang dimasukkan ke dalam kolam terlalu banyak akan mengakibatkan ikan nila mudah untuk keluar dari kolam. Oleh karena itu, para pembudidaya harus  memperhatikan jumlah air yang akan dimasukkan atau diisi ke dalam sebuah kolam terpal ini.

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Proses berikutnya yaitu cara budidaya ikan nila di kolam terpal itu sendiri. Dalam proses ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Pertama yang harus dilakukan para pembudidaya yaitu mempersiapkan sebuah kolam terpal terlebih dahulu. Kolam ini di cuci hingga bersih sampai bau terpal tersebut hilang. Biasanya jika tidak dihilangkan bau khas dari terpal itu, maka hal tersebut tentunya akan membuat para ikan menjadi celeng hingga akhirnya mati.
  • Kedua biasanya para pembudidaya juga melakukan sebuah pengecekan debit air yang diperlukan untuk cara budidaya ikan nila di kolam terpal pada sebuah kolam terpal. Padahal cara ini merupakan hal yang sangat penting agar para pembudidaya mengetahui berapa debit yang pas digunakan untuk para ikan nila yang terdapat pada sebuah kolam terpal.
  • Ketiga menyiapkan indukan ikan nila yang siap untuk dimasukkan ke dalam sebuah kolam yang sudah disiapkan tadi. Hal ini bisa dilakukan secara perlahan agar ikan dapat berinteraksi serta beradaptasi di sebuah kolam terpal tersebut. Pastikan bau terpal pada kolam sudah tidak ada sehingga ikan tidak akan mudah mengalami sebuah celeng.
  • Terakhir yaitu para pembudidaya harus sabar dalam menunggu telur yang akan dibuahi oleh indukan ikan nila. Hal ini karena membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama sehingga membutuhkan kesabaran penuh.

Perawatan Ikan Nila Di Kolam Terpal

Setiap hal yang dibudidayakan tentunya membutuhkan sebuah perawatan khusus, hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan ikan yang memiliki kualitas yang baik.

Maka dari itu para pembudidaya harus memiliki sebuah trik khusus untuk mendapatkan sebuah hasil panen yang banyak dan juga lebih baik bila dibandingkan ikan jenis lainnya.

Perawatan cara budidaya ikan nila di kolam terpal dapat dilihat pada beberapa point yang terdapat dibawah ini, diantaranya:

  • Para pembudidaya harus selalu memperhatikan waktu pada saat memberikan makan pada ikan nila. Pada proses perawatan ini jangan sampai terlambat bahkan tertinggal untuk memberi makan pada ikan nila tersebut. Hal ini dapat menyebabkan ikan nila mati akibat kelaparan karena tidak diberi makan. Oleh karena itu diharapkan para pembudidaya ikan nila memberi makan tiga kali dalam sehari. hal tersebut dilakukan, agar ikan nila tetap sehat dan terjaga hingga terhindar dari penyakit.
  • Para pembudidaya juga harus memperhatikan kuantitas dan kualitas air yang ada di dalam kolam tersebut. Hal ini juga bisa menjadi suatu masalah besar jika tidak diatasi dengan baik. Oleh karena itu bagi para pembudidaya juga harus melakukan sebuah pengecekan air di dalam kolam terpal agar tidak tercemar ataupun keruh dari hasil makanan yang dikonsumsi oleh ikan nila.

Mempersiapkan Hasil Panen Ikan Nila

Pada sebuah proses budidaya ikan nila ini biasanya hasil panen ikan nila membutuhkan proses hingga beberapa bulan ke depan terhitung dari hari pertama budidaya.

Maka dari itu bagi sebagian orang terkadang pembudidayaan ini tidak menggunakan sebuah waktu panen, padahal tentunya dalam memanen ikan nila haruslah menggunakan sebuah hitungan.

Agar ikan nila sesuai dengan usia dan berat timbangannya. Cara budidaya ikan nila kolam terpal pada sebuah proses panen dapat dilihat pada bagian di bawah ini, yaitu:

  • Pada proses panen para pembudidaya harus menyiapkan sebuah tempat untuk menaruh ikan hasil dari budidaya tersebut yaitu bisa dengan menggunakan sebuah ember besar plastik yang ada tutupnya. Tempat ini yang paling sering dan banyak digunakan oleh para peternak ikan.
  • Selanjutnya anda bisa langsung mengambil ikan-ikan tersebut secara langsung tanpa harus menggunakan sebuah jaring untuk melihat lebih jelas mana ikan yang telah siap untuk dipanen dengan menjalani beberapa pemeriksaan terlebih dahulu.

Sekian informasi dari kami mengenai cara budidaya ikan nila di kolam terpal, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.