cara budidaya ikan nila gesit
Tani

Cara Budidaya Ikan Nila Gesit di Kolam Beton

Budidaya ikan adalah salah satu jenis usaha menjanjikan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih ada beberapa jenis ikan yang jika dibudidayakan bisa meraup keuntungan besar. Salah satunya adalah nila gesit. Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara budidaya ikan nila gesit ?

Sesuai namanya, nila gesit adalah ikan yang memiliki garakan lincah dan gesit. Ia juga kuat dan tahan terhadap pengaruh buruk lingkungan seperti penyakit. Inilah mengapa bisnis budidaya ikan nila menjadi naik daun di Indonesia. Apakah anda juga tertarik membudidayakannya ? Coba ikuti panduan berikut ini tentang cara budidaya ikan nila gesit.

Pemilihan Bibit Ikan Nila Gesit

Tahap pertama yang harus dilakukan oleh pembudidaya yaitu memilih bibit ikan nila berkualitas unggul. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh bibit ikan nila yang kualitasnya bagus. Pertama, anda bisa membeli langsung di perikanan, atau yang kedua mendapatkan langsung dari indukan nila. Berikut ini kami paparkan cara pemilihan bibit ikan nila yang bagus :

  1. Pilih bibit yang warnanya cerah, berlendir dan matanya cerah sehat
  2. Umumnya bibit berukuran kurang lebih 12 cm dengan berat kurang lebih 30 gram
  3. Memiliki gerakan yang lincah dan gesit
  4. Tidak cacat alias tidak terdapat bekas luka atau jamur
  5. Pilih bibit ikan nila gesit yang ukurannya seragam
  6. Memiliki respon cepat saat ikan diberi pakan

Nah, dari ciri-ciri yang disebutkan diatas anda bisa memilih bibit ikan nila yang berkualitas unggul. Oh ya, jika ingin lebih praktis mendapatkan bibit ikan nila gesit terbaik, anda bisa membeli langsung di perikanan namun harus dengan tetap memperhatikan ciri-ciri bibit ikan nila yang bagus ya!

Persiapan Kolam

Cara budidaya ikan nila gesit berikutnya yaitu melakukan persiapan kolam. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dalam tahapan ini diantaranya yaitu syarat lokasi kolam dan proses persiapan kolam.

Adapun syarat lokasi kolam ikan nila gesit diantaranya adalah : suhu kolam sebaiknya berada di kisaran 27-30 derajat celcius, pertumbuhan ikan nila akan baik jika berada di dataran rendah dengan ketinggian 500 mdpl dan khusus kolam indukan dibuat dengan kedalaman yang lebih dan ketinggian mencapai 100-140 cm

Nah, setelah mengetahui syarat lokasi kolam ikan nila gesit, maka langkah berikutnya adalah memilih jenis kolam yang sesuai. Disini kami menggunakan kolam beton sebagai wadah budidaya. Berikut langkah-langkah persiapan kolam budidaya :

  1. Membersihkan Kolam. Langkah utama dalam persiapan kolam budidaya adalah pembersihan pada kolam pembesaran nila gesit. Pembersihan pada kolam ini bertujuan untuk membuang sisa-sisa pakan atau sisa-sisa kotoran agar tidak menjadi amonia, pembersihan kolam juga dilakukan apabila kualitas air sudah mulai memburuk.
  2. Pengeringan Kolam. Pengeringan dasar kolam dilakukan bertujuan untuk mensterilkan kolam dari bakteri pembusuk dan mikroorganisme penyebab penyakit lainnya. Pengeringan ini juga berfungsi untuk membuang racun sisa dekomposisi selama budidaya sebelumnya. Lama pengeringan 4-5 hari atau tergantung cuaca, jika cuaca panas pengeringan bisa berlangsung lebih cepat.
  3. Pengisian Air. Setelah semua proses diselesaikan, selanjutnya kolam diisi air. Pengairan ini dilakukan minimal 4-7 hari sebelum benih ikan di tebar ke dalam kolam pemeliharaan agar pakan alami tumbuh dengan sempurna. Kolam diisi air dengan ketinggian kurang lebih 30 cm.

Baca juga: Cara Pembuatan Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele

Proses dan Cara Budidaya Nila Gesit

Penyebaran bibit ikan adalah tahap ketiga dalam cara budidaya ikan nila gesit. Jika anda sudah mendapatkan bibit ikan nila terbak, maka langkah selanjutnya adalah menyebarkan bibit ikan nila gesit tersebut ke dalam wadah.

Perlu dicatat bahwa penyebaran bibit ini adalah tahapan penting dalam proses budiaya nila gesit. Walaupun jenis nila satu ini termasuk ikan dengan daya tahan tubuh yang kuat, bukan berarti anda bisa melakukan proses penyebaran bibit secara sembarangan. Oleh karena itu, coba ikut langkah-langkah penyebaran benih yang tepat berikut ini :

  1. Langkah pertama, siapkan wadah berupa ember
  2. Kemudian isi ember dengan air bersih hingga memenuhi setengah wadah
  3. Lalu masukkan bibit ikan nila gesit ke dalam wadah tersebut
  4. Setelah 10 menit, barulah anda bisa memenuhi ember dengan air kolam
  5. Tunggu 5 menit agar ikan nila tidak mengalami stres
  6. Setelah itu, barula lakukan penyebaran ikan nila secara perlahan ke dalam kolam
  7. Sebaiknya lakukan penebaran dengan memperhatikan batas maksimum, umumnya maksimal 100 bibit untuk setiap kolam

Perawatan Ikan Nila Gesit

Sebenarnya, kunci sukses dari cara budidaya ikan nila gesit adalah ketekunan dan kesabaran sang pembudidaya selama masa pemeliharaan ikan. Mulai dari perawatan air, pemberian pakan serta penanganan terhadap hama dan penyakit. Coba simak uraiannya berikut ini :

  1. Perawatan Air Kolam. Dalam tahap ini pembudidaya diharuskan melakukan perawatan air dengan baik dan benar seperti rutin membersihkan kolam. Penggunaan air yang dipakai harus senantiasa bersih dan bebas dari limbah. Jika tercium bau tak sedap yang muncul dari kolam, maka segera ganti airnya. Lakukan pembuangan air melalui lubang yang ada di pojokan kolam, namun pastikan tidak ada ikan nila yang ikut arus.
  2. Pemberian Pakan. Cara budidaya ikan nila gesit yang tepat adalah memberikan pakan secara teratur, yaitu 2 atau 3 kali dalam sehari. Jenis pakan untuk nila gesit sebaiknya pakan yang banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan minerial. Umumnya, ikan nila hanya membutuhkan pakan sebanyak 3 % dari berat tubuhnya setiap hari.  Oleh karena itu, pastikan anda mengukur berat badan ikan nila setiap 2 minggu sekali. Dengan mengetahui berat badan ikan nila, maka anda bisa mennetukan jumlah pakan yang harus diberikan setiap harinya.
  3. Pengendalian Hama dan Penyakit. Tak jarang kegagalan dalam budidaya ikan nila gesit dikarenakan pembudidaya lalai merawat ikan dari serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, anda harus memberi perhatian lebih kepada ikan yang gerakannya tidak lincah. Biasanya, pemicu terjadinya serangan penyakit pada ikan nila timbul karena ketidakseimbangan antara ikan dengan lingkungan. Jika ditemukan ikan yang sakit, segera beri penanganan dengan pemberian obat yang sesuai dengan penyakit ikan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Tanah

Proses Pemanenan

Panen adalah akhir dari proses akhir dari cara budidaya ikan nila gesit. Umur ikan pada waktu dipanen tergantung keinginan pembudidaya dengan memperhatikan permintaan pasar. Berikut ini tahapan pemanenan ikan nila gesit :

  1. Pertama, lakukan pengeringan kolam ikan sebagian ataupun total
  2. Selama masa pemanenan, kolam harus senantiasa dialirkan air segar agar ikan tidak mudah stress
  3. Setelah ikan nila gesit berkumpul di kubangan, barulah anda bisa menyerok ikan tersebut secara perlahan.

Demikianlah cara budidaya ikan nila gesit di kolam beton yang bisa dipraktekkan di rumah. Jadi, bagaimana ? Apakah sekarang anda sudah mulai mempersiapkan untuk melakukan budidaya ikan nila gesit ? Semoga artikel tentang panduan cara budidaya kali ini dapat menginspirasi ya. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *