Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Tanah

cara budidaya ikan patin di kolam tanah

Ada berbagai macam cara ataupun sebuah proses dari cara budidaya ikan patin di kolam tanah. Dalam hal ini tentunya hampir setiap orang terkadang tidak memahami bagaimana proses cara budidaya yang benar untuk ternak ikan patin tersebut.

Hal inilah yang membuat para pencinta ikan akhirnya berusaha untuk membuat sebuah budidaya dari ikan patin ini.

Pemilihan Indukan Ikan Patin

Ada beberapa tipe yang bisa Anda lakukan untuk melakukan sebuah pemilihan indukan ikan patin ini. Pemilihan ini dapat berfungsi untuk mendapatkan sebuah indukan ikan patin yang lebih baik lagi. Kualitas dari sang ikan pun dalam proses cara budidaya ikan patin di kolam tanah justru akan menghasilkan rasa yang berbeda.

  1. Untuk menghasilkan bibit yang baik maka ikan patin pun juga harus memiliki kualitas tinggi. Hal ini bisa dilihat dari ciri tubuh dari sang ikan yang tidak boleh sama sekali merasakan cacat.
  2. Hal yang berikutnya yaitu Anda harus memiliki indukan jantan dan betina agar proses pembuahan pun dapat berjalan. Jika tidak maka proses pembuahan tidak dapat berjalan kembali.
  3. Memiliki indukan ikan patin jantan dengan kualitas yang terbaik juga akan sangat mempengaruhi sebuah pembuahan sehingga akan Anda akan mendapatkan sebuah bibit unggulan.
  4. Cara pemilihan indukan yang selanjutnya yaitlagi u Anda juga harus memperhatikan sebuah tempat yang akan dijadikan untuk pamijahan atau mengawinkan ikan. Maka Anda dapat menaruhkan beberapa dedaunan yang bisa untuk dijadikan sebagai tempat menaruh telur-telur ikan patin tersebut.
  5. Hal yang terakhir Anda juga bisa untuk memperhatikan indukan ikan patin yang bergerak aktif maka ikan tersebut juga dapat dipilih.

Persiapan Tempat untuk Ikan Patin di Kolam Tanah

Menggunakan sebuah media tanah adalah suatu adaptasi yang harus dilakukan oleh ikan patin yang akan Anda budidayakan. Beberapa proses ini tentunya menjadi sebuah hal yang wajib untuk Anda terapkan terlebih lagi beberapa hal ini nantinya akan menjadi sebuah hal untuk proses budidaya ikan patin tersebut. Cara budidaya ikan patin di kolam terpal pada proses persiapan tempat yaitu sebagai berikut.

  1. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah tanah dengan panjang dan lebar yang sesuai. Masing-masing dari kolam tersebut tentunya dapat ratakan terlebih dulu dan di keruk.
  2. Kemudian Anda bisa meratakan tanah yang sudah di keruk tersebut untuk digunakan sebagai kolam.
  3. Setelah itu Anda bisa mendiamkan kolam tanah tersebut agar cepat mengering hal ini pun bisa terjadi hingga berhari-hari tergantung dengan cuaca.
  4. Kemudian ketika kolam sudah kering hal yang selanjutnya dilakukan yaitu Anda juga dapat memberikan sebuah pupuk kompos agar beberapa hewan plankton dapat keluar dari dalam kompos tersebut dan kemudian dapat dijadikan makanan untuk ikan patin juga.
  5. Setelah selesai menebarkan pupuk Anda juga bisa untuk menyebarkan sebuah kapur dolomit. Kapur ini memiliki sebuah fungsi untuk mengatur tingkat keasaman pada air.
  6. Selain kapur dolomit ada bahan tambahan lainnya yaitu penambahan sebuah pupuk urea. Hal ini dilakukan karena dikhawatirkan akan terdapat beberapa jumlah tingkat keasaman yang diciptakan oleh tanah masuk ke dalam air kolam tersebut.
  7. Anda bisa mendiamkan proses ini agar tidak ada zat berbahaya untuk ikan yang masih menempel pada dinding kolam tanah tersebut
  8. Proses terakhir yaitu Anda bisa mengisi air terlebih dahulu untuk tempat tinggal dari bibit ikan patin ini. Proses pengisian Air tidak hanya satu kali.

Baca juga:  Budidaya dan Cara Pembuatan Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele

Proses Budidaya Ikan Patin di Kolam Tanah

Bagi para pemula ada sebuah cara dalam proses cara budidaya ikan patin di kolam tanah. Proses serta cara ini tentunya memiliki sebuah perbedaan dengan membudidayakan ikan patin di sebuah wadah atau pun ember. Maka dari itu Anda dapat apa saja benda ataupun peralatan yang diperlukan untuk membuat sebuah budidaya dari ikan patin dengan menggunakan media tanah tersebut.

  1. Hal yang paling pertama yaitu Anda dapat membeli beberapa jumlah bibit ikan patin. Hal ini karena untuk mengurangi tingkat kegagalan dalam membudidayakan ikan patin maka dari itu Anda dapat membelinya terlebih dahulu pada waktu awal pengembangbiakan.
  2. Setelah membeli bibit ikan patin tersebut Anda bisa menyiapkan sebuah wadah ember untuk menaruh bibit ikan. Ada sebuah catatan yaitu Anda dapat menggunakan air dari dalam kolam untuk menaruh bibit tersebut.
  3. Sebelum melepas ikan-ikan tersebut ke dalam kolam tanah  Anda dapat membiarkan ikan patin untuk berada pada ember atau wadah tadi.
  4. Tunggu sekitar kurang lebih 30 menit hal ini agar ikan dapat mampu untuk beradaptasi terlebih dahulu terhadap air yang ada di dalam kolam.
  5. Kemudian tahapan selanjutnya Anda bisa untuk menaruh ember di dalam kolam biarkan ikan patin tersebut berenang kedalam kolam
  6. Pastikan dalam satu kolam Anda tidak menaruh banyak bibit ikan patin

Proses Perawatan Ikan Patin di Kolam Tanah

Ada beberapa perawatan ikan patin yang dapat Anda berikan. Beberapa perawatan tersebut sangat berguna untuk Anda agar ikan tersebut dapat berkembang dengan baik dan tidak mudah sakit. Hampir kebanyakan orang terkadang tidak memperhatikan sebuah tumbuh kembang dari ikan sehingga terkadang mengalami gagal panen. Cara budidaya ikan patin di kolam tanah

adalah sebagai berikut ini.

  1. Melakukan perawatan kolam dengan menguras kolam tersebut. Pembersihan kolam dapat dilakukan satu Minggu minimal dua kali di bersihkan tergantung dari tingkat kotornya kolam tersebut.
  2. Tahapan selanjutnya yaitu Anda harus sering memberikan makanan kepada ikan tersebut agar tidak mati dan juga ikan patin tersebut dapat berkembang biak dengan cepat.
  3. Pemberian sebuah asupan vitamin juga harus sering Anda lakukan. Terkadang banyak orang yang memberikan vitamin tersebut dengan cara dicampurkan ke dalam pakan yang mereka konsumsi.
  4. Hal berikutnya yaitu Anda juga dapat memperhatikan tingkat debit air atau volume dalam air. Terkadang ada beberapa ikan yang tidak bisa hidup di dalam volume air yang tingkatannya lebih tinggi
  5. Memindahkan ikan patin yang sudah siap panen ke dalam kolam lainnya

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Wader yang Mudah

Proses Panen Ikan Patin di Kolam Tanah

Banyak orang yang mengatakan bahwa cara panen ikan patin cukup menyulitkan bila dibandingkan dengan merawatnya. Justru dalam segi panen inilah banyak orang yang menyukainya oleh karena itu pada tahapan cara budidaya ikan patin di kolam tanah ini akan membantu Anda untuk menyiapkan peralatan yang harus disiapkan.

  1. Anda perlu menyiapkan sebuah serokan yang cukup untuk menyerok ikan tersebut.
  2. Siapkan wadah seperti ember atau wadah besar lainnya untuk mengumpulkan ikan yang telah siap di panen.
  3. Pilihlah ikan yang memiliki bobot badan kurang lebih 500 gram. Barulah ikan sudah memiliki standar untuk di panen.
  4. Anda juga harus teliti apakah ikan yang akan di panen tersebut mengalami cacat atau tidak.

Nah itulah proses dan cara budidaya ikan patin di kolam tanah dengan mudah. Silahkan Anda tiru dan lakukan di rumah sendiri.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.