Cara Budidaya Ikan Platy Bagi Pemula Agar Untung
Warta Bandung

5 Cara Budidaya Ikan Platy Bagi Pemula Agar Untung

Cara budidaya ikan platy yang baik dan benar dimulai dari pemilihan benih atau indukan yang bagus. Pembuatan kolam yang sesuai dengan standar jadi bagian penting dari kesuksesan budidaya ikan. Selain itu, ikan platy juga harus dilakukan perawatan dengan baik agar hasilnya sangat bagus dan panennya bisa sukses.

Selama ini, perawatan ikan hias mungkin tampaknya mudah dilakukan tetapi siapa sangka ternyata hal mudah tersebut dapat berakibat buruk jika dianggap sepele. Oleh sebab itu, diperlukan cara budidaya ikan platy khusus dan harus dilakukan dengan baik dan benar. Cara tersebut dijabarkan baik pada saat pemilihan benih hingga perawatannya secara berkala.

Adapun langkah – langkah dalam melakukan budidaya ikan platy tersebut dijelaskan sebagai

berikut:

Memilih Benih Ikan Platy Berkualitas Unggul

Sama seperti melakukan proses budidaya jenis hewan lainnya, cara budidaya ikan platy

juga memiliki tahap awal yang sangat penting untuk dilakukan yaitu memilih benih ikan. Dalam proses pemilihan ini juga tidak dapat dilakukan secara asal – asalan, sebab tolok ukur keberhasilan panen ditentukan dalam langkah ini. Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Mengunjungi toko ikan atau tempat budidaya ikan platy terdekat dan terpercaya memiliki kualitas ikan platy unggul.
  2. Mengamati ciri – ciri dari beih ikan platy yang sehat dan berkualitas unggul. Adapun ciri – ciri yang dapat diperhatikan berupa aktifitasnya yang agresif, postur tubuhnya, warnanya yang cerah, matanya sangat cerah dan tidak memiliki kabut, serta organ tubuh yang lengkap atau tidak cacat.
  3. Setelah menemukan ikan yang sehat dan berkualitas, saatnya memilih jenis kelamin ikan. Ikan berkelamin jantan umumnya memiliki warna yang lebih cerah, bentuk tubuh lebih ramping, dan memiliki sirip tepat di bawah perutnya. Sedangkan, ikan platy berkelamin betina memiliki personalisasi yang berbeda dari ikan platy jantan tersebut.
  4. Pilihlah kedua jenis kelamin ikan tersebut agar ikan dapat dibudidayakan atau dibiakkan.

Mempersiapkan Kolam Ikan Platy

Langkah kedua dalam budidaya ikan hias yang satu ini merupakan langkah penting dan wajib diperhatikan. Langkah tersebut adalah mempersiapkan kolam ikan platy yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Mengapa? Sebab kolam adalah tempat ikan ini hidup dan berkembang biak, jika kolam ini tidak dipersiapkan dengan baik tentu saja akan mengganggu kehidupannya. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan penggunaan kolam atau aquarium. Apabila anda bertujuan untuk membudidayakan dengan partai besar, anda bisa menggunakan kolam. Sedangkan, jika ingin membudidayakan dengan partai kecil, bisa menggunakan aquarium berukuran sedang hingga besar.
  2. Jika anda memilih opsi pertama sebagai tempat ikan ini dibudidayakan, maka kolam yang harus anda siapkan umumnya berukuran cukup luas. Anda bisa menggunakan kolam yang terbuat dari kain terpal atau tanah.
  3. Namun, jika anda memilih opsi kedua yaitu aquarium, maka anda harus memilih aquarium yang berukuran cukup luas. Adapun ukuran yang disarankan berkisar 30 x 30 cm untuk ikan platy dibawah 10 ekor.
  4. Pastikan aquarium atau kolam yang anda gunakan untuk membudidayakan ikan platy bersih terlebih dahulu sebelum air diisikan ke dalamnya.
  5. Isikan air yang sehat ke dalam kolam atau aquarium. Air yang sehat yaitu air sumur atau air hujan. Anda tentu saja bisa menggunakan air PDAM, tetapi wajib diendapkan semalaman untuk menghilangkan kandungan kaporit yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk sertakan air bawaan dari toko ikan terlebih dahulu untuk penyesuaiannya terhadap lingkungan baru.
  6. Melakukan penebaran benih ikan platy. Usahakan menebar benih ikan platy berkelamin betina dan jantan berasio 3:2, dimana jumlah kelamin betina lebih banyak dibandingkan dengan kelamin jantan.

Baca juga: Jenis Makanan dan Cara Budidaya Ikan Nila Merah

Cara Budidaya Ikan Platy Mickey Mouse

Langkah paling krusial yang wajib diperhatikan dalam cara budidaya ikan platy adalah dengan memperhatikan setiap prosesnya. Adapun proses yang dilakukan dalam membudidayakan ikan platy adalah sebagai berikut:

  1. Proses pertama dalam membudidayakan ikan platy dimulai dengan memilih makanan yang berkualitas. Makanan ini bisa berupa pelet yang umumnya digunakan sebagai makanan untuk ikan atau mungkin cacing darah.
  2. Setelah memilih makanan, langkah selanjutnya adalah memberi ikan platy milik anda makan. Proses pemberian makan dapat dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan sore. Usahakan untuk memberi makan ikan dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan, sebab makanan yang berlebihan akan mempercepat proses ikan mati.
  3. Setelah memberi makan ikan jangan lupa untuk memperhatikan Kesehatan ikan yang mungkin kalanya sedang menurun. Jika ikan platy anda sedang tidak sehat, obatilah ikan tersebut dengan membeli obat ikan sesuai dengan rekomendasi yang disarankan oleh sang tukang ikan.

Cara Memelihara Ikan Platy

Cara budidaya ikan platy selanjutnya yang harus diperhatikan adalah perawatan ikan platy itu sendiri. Umumnya langkah ini hampir sama dengan langkah ketiga yang dijabarkan di atas, tetapi terdapat cara perawatan khusus yang perlu anda perhatikan, terutama saat ikan platy anda hendak hamil. Adapun cara perawatan yang dimaksud:

  1. Langkah pertama yang anda lakukan adalah mengecek ikan platy betina. Proses pengecekan ini dapat anda lakukan 2 minggu setelah proses pemijahan atau budidaya tadi. Cek apakah ikan tersebut mulai membesar perutnya yang menjadi pertanda kehamilan.
  2. Tanda – tanda kehamilan tersebut bukan hanya dapat dilihat dari membesarnya perut ikan yang dimaksud. Akan tetapi, dapat diamati pula kemunculan bitnik – bitnik hitam di kulit bagian perutnya.
  3. Proses kehamilan berlangsung sekitar 1 bulanan dan dilanjutkan dengan proses kelahiran dimana lahirnya larva ikan platy. Perlu diperhatikan untuk larva ikan platy mampu berenang dengan umur dua hari sejak kelahiran.
  4. Untuk menghindari kecelakaan dimana induk yang memakan anaknya sendiri. Larva ikan platy wajib dipisahkan tempatnya dengan induk ikan platy dengan menggunakan jaringan atau aquarium tersendiri.
  5. Jangan lupa untuk memberi makan indukan dan larva ikan platy tersebut dengan makanan yang sehat bermutu tinggi.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi di Dalam Tanah

Proses Panen Ikan Platy

Langkah terakhir yang paling membuktikan bahwa cara budidaya ikan platy yang anda lakukan baik dan benar. Adapun langkah tersebut adalah:

  1. Lakukanlah proses panen saat umur ikan platy yang telah lahir mencapai 2 bulanan. Hal ini menunjukkan bahwa ikan platy yang hendak dipanen sudah cukup umur.
  2. Memperhatikan kondisi ikan platy yang akan dipanen dimulai dari ukurannya yang sudah cukup besar. Ukuran tersebut berkisar 2,5 – 3 cm. Ikan platy dengan ukuran tersebut sudah cukup remaja untuk diperjualbelikan.
  3. Jangan lupa cek dulu Kesehatan ikan platy anda sebelum proses panen dilakukan, sebab ikan platy yang tidak sehat akan merusak kualitas budidaya anda.

Langkah – langkah di atas wajib diperhatikan dan diterapkan sebagai cara budidaya ikan platy. Hal tersebut dimaksudkan agar bisnis anda berjalan dengan baik dan bermutu di mata pasaran. Jangan lupa pula, langkah di atas dapat diterapkan meskipun anda hanya bertujuan untuk memelihara tanpa niat berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *