cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur
Warta Bandung

5 Cara Budidaya Ikan Sidat Di Jawa Timur Terbukti Berhasil

Hampir sebagian orang pastinya jarang ada yang mengetahui mengenai ikan sidat. Ikan yang banyak diminati oleh hampir sebagian orang. Bahkan pada masa pandemi ini banyak orang yang mulai mencari sebuah proses cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur. Hal ini karena ikan tersebut termasuk ke dalam kategori ikan yang juga bisa dibudidayakan pada daerah Jawa Timur.

Untuk anda yang ingin mencoba budidaya ikan sidat ini di Jawa Timur, artikel ini adalah yang paling tepat anda jadikan referensi. Silahkan baca hingga selesai untuk tahu prosedurnya dengan tepat.

Pemilihan Indukan Ikan Sidat

cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur

Proses pemilihan indukan ikan sidat menjadi hal yang penting untuk mendapatkan sebuah ikan yang baik. Oleh karena itu pada cara ini Anda harus memperhatikan betul terhadap semua prosesnya. Agar tidak ada yang tertinggal serta tidak ada ikan yang mengalami cacat dan gagal dalam proses perkembangbiakan.

  1. Sebelum masuk kepada sebuah kolam yang sudah disediakan maka ikan akan melalui sebuah proses pemisahan dari ikan yang lainnya.
  2. Pisahkan pasangan ikan sidat tersebut dari tempat asalnya agar proses perkembangbiakan bisa berjalan dengan lancar.
  3. Selama proses indukan pastikan bahwa telur tersebut terpisahkan diantara telur lainnya.
  4. Kemudian pisahkan telur-telur tersebut ke sebuah kolam yang terpisah agar proses perkembangbiakan mereka tidak dirusak oleh ikan sidat lainnya yang terkadang dapat membuat telur tersebut hancur.
  5. Pastikan telur ikan sidat tersebut agar tetap pada kolam yang bersih hingga nantinya telur-telur tersebut menetas pada waktunya.

Persiapan Tempat Untuk Ikan Sidat

cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur

Hal yang kedua Anda lakukan yaitu pada sebuah proses persiapan tempat untuk  ikan sidat. Jika Anda tidak mempersiapkan secara matang. Maka akan sangat mempengaruhi proses dari cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur ini. Maka dari itu beberapa proses ini bisa dipersiapkan sebelum ikan masuk ke dalam kolam.

  1. Mempersiapkan sebuah jaring apung yang akan digunakan untuk proses indukan dengan  ukuran 7×7 meter.
  2. Siapkan juga jaring yang kedua yaitu dengan memiliki sebuah ukuran hampir sama dengan yang sebelumnya 7x7x2,5 meter.
  3. Anda juga harus memperhatikan jarak antara jaring tersebut untuk tidak terlalu lebar agar ikan sidat tidak mudah lepas dari kolam.
  4. Pastikan kolam yang akan digunakan untuk ikan sidat tersebut bersih. Hal tersebut karena akan mempengaruhi sebuah proses perkembangbiakan menjadi tidak baik.
  5. Siapkan pula tutup untuk menutupi kolam agar ikan tidak mudah keluar. Terkadang walaupun sudah diberikan jaring ikan masih tetap bisa loncat keluar.
  6. Pastikan kolam selalu bersih dari kotoran agar proses budidaya yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Proses dan Cara Budidaya Ikan Sidat

cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur

Proses dan cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur sebenarnya tidak cukup sulit ketika Anda bisa melakukannya sesuai dengan proses dan tahapan dari budidaya tersebut. Oleh karena itu beberapa proses serta cara ini dapat Anda lakukan secara bertahap agar mendapatkan sebuah hasil ikan sidat yang baik. Cara budidaya ini terkadang memiliki sedikit persamaan dengan yang lainnya.

  1. Siapkan suhu pada kolam agar tetap stabil dan tetap terjaga kandungan suhu yang terdapat pada kolam tersebut.
  2. Pastikan terdapat kandungan sebuah pH yang pas untuk ikan sidat sebelum di masukkan ke dalam kolam
  3. Taruh benih ikan sidat ke dalam sebuah plastik lalu di ikat dengan menggunakan sebuah karet agar ikan tidak mudah terlepas.
  4. Kemudian taruh benih ikan tersebut di sebuah kolam yang sudah berisikan air tunggu hingga beberapa menit agar benih ikan tersebut mulai membiasakan diri untuk beradaptasi dengan lingkungan air nantinya.
  5. Setelah itu Anda bisa membuka karet tersebut secara perlahan agar benih bisa keluar sedikit demi sedikit.
  6. Pastikan air yang Anda gunakan satu liter hanya untuk enam ikan tidak lebih karena akan mempengaruhi sirkulasi udara yang terdapat dalam kolam.
  7. Setelah beberapa menit Anda bisa mulai mencoba memberikan pakan yang berbeda dengan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar dapat terlihat proses dari adaptasi benih terhadap lingkungan baru.

Proses Perawatan Ikan Sidat

cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur

Setelah beberapa tahapan sudah Anda lewati maka proses selanjutnya yaitu perawatan ikan sidat. Pada tahap ini ketelitian Anda pun akan di uji dalam segi perawatan ikan sidat. Proses ini juga menjadi sebuah titik penentuan akankah ikan yang Anda budidaya tersebut dapat berkembang dengan baik atau tidak. Itu semua tergantung dari cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur.

  1. Pemberian makanan pakan terhadap ikan sidat. Hal ini tentunya membutuhkan sebuah hal yang rutin dilakukan oleh Anda. Agar ikan sidat tersebut dapat berkembang dengan baik.
  2. Pembersihan air kolam yang dilakukan 3 hari sekali atau dapat dilihat dari keruhnya air yang ada di dalam. Biasanya sisa pakan tersebut dapat menimbulkan sebuah efek yaitu membuat air menjadi keruh.
  3. Melihat perkembangan dari ikan sidat itu sendiri. Biasanya hal tersebut dapat terlihat dari panjang dan juga berat yang terdapat pada ikan. Perawatan jenis ini dilakukan setiap Minggu agar Anda dapat mengetahui perkembangan dari ikan sidat.
  4. Pemeriksaan sebuah penyakit yang terdapat pada ikan sidat. Biasanya ikan sidat yang tidak memiliki tumbuh kembang yang baik akan tampak berbeda dengan jenis lainnya.
  5. Pemindahan ikan sidat yang dilakukan setiap minggunya untuk memisahkan antara ikan yang sudah besar dengan yang kecil-kecil.
  6. Pastikan kandungan nutrisi yang ada di dalam kolam tercukupi sehingga nantinya akan menghasilkan ikan sidat yang berkualitas.
  7. Sering memeriksakan suhu yang terdapat pada kolam tersebut agar ikan tetap mendapatkan sebuah suhu yang stabil sehingga proses perkembangannya pun dapat berjalan dengan baik.
  8. Melakukan pengecekan pH yang terdapat pada kolam ikan yang terkadang jika tidak sesuai maka akan menghasilkan ikan yang kurang baik.

Cara Panen Ikan Sidat

cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur

Setelah melalui beberapa proses cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur kini saatnya Anda sudah mulai bisa memanen ikan sidat tersebut. Biasanya ada beberapa cara yang dilakukan oleh para nelayan untuk menangkap ikan sidat ini agar lebih mudah untuk di tangkap. Berikut ini adalah sebuah proses yang bisa Anda lakukan untuk melakukan memanen ikan sidat hasil dari budidaya yang Anda lakukan.

  1. Hindari memberi makan ikan sidat yang akan di panen. Hal ini dilakukan agar ikan sidat mudah untuk ditangkap.
  2. Pancing ikan sidat yang akan di panen dengan menggunakan sebuah jaring dan pakan agar ikan tersebut menghampiri jaring tersebut.
  3. Siapkan tempat untuk menaruh ikan yang akan di panen untuk menghindari ikan berlama-lama di atas air.
  4. Pilihlah ikan yang sesuai dengan keinginan Anda berdasarkan besar dari masing-masing ikan tersebut.
  5. Hal yang terakhir yaitu Anda dapat menguras habis air yang ada di dalam kolam tersebut untuk memudahkan ikan tersebut masuk ke dalam jaring.

Nah itulah proses cara budidaya ikan sidat di Jawa Timur. Silahkan coba dan praktikan sendiri sesuai dengan prosedur di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *