Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Beton

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Beton

Pandemi saat ini banyak orang yang akhirnya bingung memikirkan perekonomian mereka. Hampir banyak orang yang akhirnya terpaksa harus gulung tikar akibat dari adanya kerugian tersebut. Namun ada sebagian anak muda yang berhasil menciptakan sebuah cara budidaya ikan sidat di kolam beton menjadi suatu hal yang unik hingga akhirnya membuat banyak orang yang ingin mencobanya.

Proses Pemilihan Indukan Ikan Sidat

Indukan ikan sidat tentunya tidak bisa sembarangan dilakukan membutuhkan sebuah proses pada tahapan pemilihannya. Beberapa orang beranggapan bahwa ikan ini memiliki sebuah karakteristik yang berbeda sehingga membuat ikan sidat menjadi ikan yang tenar. Ada cara budidaya ikan sidat di kolam beton yang dapat dibuat untuk membudidayakan ikan tersebut.

  1. Ikan sidat harus dipilih berdasarkan usia dari masing-masing ikan tersebut karena ikan yang telah memiliki umur yang cukup maka potensi untuk mendapatkan sebuah telur pun cukup besar.
  2. Ikan sidat dipilih berdasarkan jenis kelaminnya yaitu berupa jantan dan betina yang nantinya akan diambil untuk proses perkawinan tersebut.
  3. Ikan sidat dilihat berdasarkan keseharian dari aktivitas sang ikan. Jika ikan tidak beraktivitas seperti biasanya maka dapat dikatakan bahwa ikan tersebut sedang mengalami sakit dan lain sebagainya.
  4. Ikan sidat harus memiliki bentuk tubuh yang halus atau dapat dikatakan sempurna sehingga kualitasnya pun dapat terkontrol dengan baik.
  5. Ikan sidat pun harus memiliki indukan yang jelas atau dapat dikatakan bukan dari percampuran ikan lainnya.

Persiapan Tempat Beton Untuk Ikan Sidat

Ada beberapa bahan yang diperlukan untuk proses pembuatan kolam dari beton tersebut. Hal ini, tentunya harus dipersiapkan sebelum bibit ikan atau indukan ikan sidat datang. Maka dari itu bahan-bahan ini bisa di catat dan kemudian dicari untuk sebuah referensi saja. Ikan ini bisa dibudidayakan pada tempat apa saja asalkan sesuai dengan standar. Cara budidaya ikan sidat di kolam beton dapat diperhatikan pada beberapa bahan di bawah ini.

  1. Bahan yang diperlukan yaitu sebuah tempat yang pas dan cocok untuk proses budidaya ikan sidat.
  2. Bahan kedua yaitu menyiapkan beberapa semen untuk menghaluskan kolam agar tidak ada kasar.
  3. Setelah itu kolam tersebut dapat dibuat dan dibiarkan mengering selama kurun waktu dua harian lebih.
  4. Siapkan juga sebuah pipa kecil yang siap mengalirkan air dari satu kolam ke kolam lainnya untuk membuat suasana kolam tetap hidup dengan adanya gemericik air. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai oksigen bagi ikan sidat tersebut.
  5. Siapkan saluran untuk pembuangan air kotor agar tidak menyisakan bau pada kolam tersebut yang membuat ikan terkadang mengalami setres berat dan mati.
  6. Selanjutnya juga ada beberapa jaring kecil yang digunakan untuk mengamankan ikan agar tidak keluar dari kolam saat air kotor dikeluarkan.
  7. Tambahkan juga sebuah tanaman hias kecil untuk menghidupkan suasana dari kolam agar tidak tampak sepi.

Proses Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Beton

Ada beberapa poin khusus yang ada pada sebuah proses budidaya ikan sidat dari beton tersebut. Pada setiap proses ini tentunya tidak akan sama dengan tahapan ikan lainnya. Ada banyak poin yang dapat diketahui bahkan dibedakan dengan cara budidaya ikan sidat di kolam beton dengan proses budidaya ikan lainnya. Poin tersebut merupakan sebuah budidaya ikan sidat dari kolam beton yang memiliki perbedaan dari jenis ikan lainnya.

  1. Poin pertama tentunya ikan hasil dari pemilihan indukan tersebut harus dipisahkan terlebih dahulu dari beberapa ikan lainnya.
  2. Kemudian setelah kolam beton kering, ikan dapat dimasukkan ke dalam kolam beton agar dapat dikawinkan satu sama lainnya.
  3. Ikan yang dapat dimasukkan ke dalam sebuah kolam bisa lebih dari dua pasang ikan karena pada masing-masing ikan akan menghasilkan sebuah bibit ikan yang lumayan cukup banyak.
  4. Poin selanjutnya ikan sidat mengalami sebuah proses pembuahan atau perkawinan terkadang satu harian full atau paling lama dua hari. Tergantung dari suasana kondisi sang ikan sidat tersebut mengalami sebuah pembuahan.
  5. Setelah itu hanya tinggal menunggu beberapa hari untuk menunggu telur-telur tersebut menetas dan menjadi bibit.
  6. Kemudian hasil dari pembuahan tersebut dapat dipindahkan pada kolam yang pendewasaan dari ikan sidat. Hal ini dilakukan agar ikan tersebut dapat berkembang dengan baik agar kualitas dari bibit ikan tersebut dapat terjaga dengan baik.
  7. Selanjutnya dalam sebuah pemberian kandungan protein untuk ikan sidat pun harus tetap terjaga dengan baik.

Perawatan Ikan Sidat

Ada perawatan yang khusus untuk dilakukan agar tumbuh kembang dari ikan sidat dapat memiliki kualitas agar dapat memberikan sebuah keuntungan yang lebih banyak dari pada sebelumnya. Cara budidaya ikan sidat ini adalah sebuah bisnis dan usaha yang akan sangat menghasilkan dan sangat diyakini dapat mengubah perekonomian dimasa pandemi saat ini.

  1. Perawatan yang pertama bisa dilakukan oleh para pemilik dari budidaya yaitu lebih memperhatikan sebuah bibit dari ikan sidat untuk mendapatkan sebuah keuntungan dari modal yang mereka keluarkan.
  2. Perawatan yang selanjutnya yaitu terdapat pada sebuah pipa yang digunakan untuk mengalirkan air tersebut ke semua kolam. Hal ini karena biasanya ada sebuah lumut yang terdapat pada saluran pipa tersebut.
  3. Hal yang selanjutnya yaitu memperhatikan masing-masing dari bibit ikan sidat. Hal ini karena perkembangan ikan sidat sangat penting dalam mendapatkan sebuah keuntungan yang besar. Oleh karena itu bagi para pemilik bisnis hal ini menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk mendapatkan sebuah keuntungan tersebut.
  4. Rajin dalam pemberian makanan terhadap ikan agar bibit dapat berkembang biak dengan cepat dan juga memiliki tubuh mengalami sebuah kenaikan berat tubuh yang berkualitas.
  5. Pembersihan dari kolam beton juga harus dilakukan secara serius dan rajin dalam pembersihannya agar ikan tersebut dapat terhindar dari berbagai serangan binatang kolam ikan.

Proses Panen Ikan Sidat

Ikan sidat yang telah mencapai usianya maka sudah bisa untuk di panen. Proses panen dari ikan sidat tersebut memiliki sebuah proses yang sesuai. Maka dari itu ada sebuah proses mudah dan gampang untuk diikuti dalam memanen ikan sidat. Ini merupakan beberapa cara budidaya ikan sidat di kolam beton yang tentunya akan menghasilkan sebuah keuntungan yang besar.

  1. Sebelum di panen tentunya ikan terlebih dahulu diberikan sebuah pakan  agar mudah untuk di panen.
  2. Hal berikutnya yaitu saluran pembuangan air dibuka secara perlahan agar air yang berada di dalam kolam dapat berkurang.

Hal yang terakhir yaitu menangkap beberapa ikan secara langsung bisa dengan menggunakan sebuah jaring pancingan atau diambil secara langsung untuk memudahkan pengambilan dan menghindari ikan lainnya terganggu.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.