Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal untuk Pemula

Mempelajari cara budidaya ikan sidat di kolam terpal adalah pilihan yang paling cerdas dilakukan saat ini. Kita sadari bahwa di tengah era globalisasi ini, persaingan bisnis semakin meningkat.

Maka tak heran jika banyak pemula yang terjun ke dalam dunia budidaya untuk ternak ikan sidat. Karena kabarnya, hanya butuh modal kecil dan proses yang mudah, budidaya ikan sidat bisa menjadi bisnis yang paling menguntungkan!

Ikan sidat termasuk jenis ikan air tawar yang digemari banyak orang karena rasanya yang sangat lezat. Selain permintaan pasar yang semakin tinggi, keuntungan membudidayakan ikan sidat ialah prosesnya yang mudah dan murah.

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal dinilai sangat ekonomis dan mudah dipelajari. Yuk simak uraian di bawah ini untuk mengetahui tahapan-tahapan budidaya ikan sidat di kolam terpal untuk pemula.

Tahap Pemilihan Bibit Ikan Sidat

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal yang pertama adalah tahap pemilihan bibit ikan sidat. Dalam proses ini pembudidaya harus selektif dalam memilih bibit ikan sidat yang unggul dan berkualitas. Sebab, keberhasilan budidaya ditentukan oleh pemilihan bibit ikan sidat.

Kita semua tahu bahwa jenis ikan air tawar satu ini sangatlah komersial sehingga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Hingga saat ini pun, benih ikan sidat juga memiliki nilai jual dengan harga yang tinggi.

Bahkan untuk harga 1 kg bibit ikan sidat bisa mencapai Rp 150.000 dengan jumlah kisaran 500 benih ikan. Nah, bagaimana cara mendapatkan bibit ikan sidat berkualitas ? Ini dia caranya :

  1. Pertama, anda bisa membeli bibit dengan mendatangi perikanan yang menjual bibit ikan sidat berkualitas atau membelinya secara online
  2. Kedua, anda harus ketahui bagaimana ciri-ciri dari benih ikan sidat yang unggul
  3. Pilihlah ikan sidat yang unggul yaitu yang ekornya tidak lebih panjang atau besar daripada bagian badannya

Tahap Persiapan Kolam Terpal

Sebagai pemula yang baru terjun dalam dunia budidaya ikan sidat, tentu anda masih bingung bagaimana cara melakukan persiapan kolam terpal yang baik dan benar. Namun jangan khawatir, cara budidaya ikan sidat di kolam terpal cukup mudah dilakukan.

Selain menghemat budget dan mudah dilakukan, menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya ikan sidat memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

Temperatur air di kolam terpal cenderung relatif stabil, pembersihan air di kolam terpal sangat mudah dibersihkan, proses pemanenan ikan sidat cenderung lebih mudah dan cepat dan hasil panen ikan sidat tidak berbau tanah karena media budidaya bukan kolam tanah

Lantas, bagaimana cara membuat kolam terpal sebagai wadah budidaya ikan sidat ? Nah, untuk membuat kolam terpal yang baik harus dilengkapi dengan sirkulasi air yang bagus. Oleh karena itu, pembudidaya harus menyiapkan beberapa peralatan seperti filter kolam, pompa air, batuan aerasi dan selang udara.

Adapun fungsi dari pompa air kolam sangat penting dalam proses budidaya ika sidat, yakni berperan sebagai penggerak air kolam serta meningkatkan kandungan oksigen dalam air. Adapun untuk pembuatan kolam terpal yang praktis, anda bisa ikuti cara berikut ini :

  1. Langkah pertama, buat kerangka kolam dari bahan kayu atau besi
  2. Buatlah kolam terpal dengan ukuran standart 2 x 7 x 0,7 meter
  3. Setelah itu lakukan pembuatan pagar sisi-sisi kolam menggunakan kayu atau bambu
  4. Buatlah alas yang berbahan sekam padi atau karpet
  5. Berikutnya, anda bisa memasang terpal guna mencengah kebocoran, kemudian ikatkan pada rangka-rangka kolam yang telah dibuat
  6. Setelah itu barulah isi kolam terpal sedalam 40 cm dengan air sungai
  7. Terakhir, beri oksigen buatan menggunakan pompa udara dengan 12 lubang

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah

Proses dan Cara Budidaya

Tahap pendederan termasuk dalam cara budidaya ikan sidat di kolam terpal yang dinilai cukup penting dan perlu perhatian khusus untuk melakukannya. Terdapat 2 tahap pendederan yang bisa dilakukan yaitu glass eel dan elver.

  1. Glass Eel. Tahap pendederan dengan glass eel bisa dilakukan di kolam fiber yang berbentuk bulat dengan kapasitas 500 liter. Masa pemeliharaan ini antara 45 hingga 50 hari dengan padat tebar sejumlah 20 ekor per liter hingga ikan sidat mencapai 500 ekor per liter. Lakukan penggantian air melalui sistem resikulasi 75 % setiap hari secara berkala. Lengkapi kolam pendederan dengan bak filter, aerasi dan sinar ultraviolet
  2. Elver. Tahap elver ini biasa dilakukan saat ikan sidat telah memiliki pigmen unik. Umumnya dilakukan saat umur ikan mencapai 3 bulan dengan bobot 50 ekor per kilogram.Lakukan penggantian air pendederan dengan sistem resirkulasi air 30 % setiap hari

Tahap Perawatan

Perawatan atau pemeliharaan merupakan cara budidaya ikan sidat di kolam terpal yang penting diperhatikan. Sebab, jika salah langkah dalam proses ini, bisa berakibat fatal yang berujung pada kematian ikan atau kerugian.

Oleh karena itu, jika ingin budidaya ikan sidat berhasil, coba lakukan perawatan pemberian pakan dan mengontrol kualitas air dengan baik.

  1. Memberikan Pakan. Pemberian pakan ikan sidat dilakukan dengan frekuensi minimal 3 kali dalam seminggu.
    Pakan sidat bisa berupa binatang hidup seperti udang segar, kepiting dan cacing tanah, pelet dengan kandungan protein tinggi. Beri pakan tambahan guna mendukung pertumbuhan ikan sidat. Saat pemberian pakan matikan pompa kolam terlebih dahulu supaya pakan bisa terpusat dalam satu area
  2. Memperhatikan Lingkungan Air Kolam. Menjaga suhu kolam budidaya ikan sidat agar berada pada suhu optimal, yaitu antara 28-32 derajat Celcius. Suhu disesuaikan dengan jenis ikan sidat yang dibudidayakan. Adapun untuk jenis pendederan glass eel, sangat disarankan suhu kolam berada pada 28-31 derajat Celcius. Untuk jenis pendederan elver suhu kolam sebaiknya berada pada 29-32 derajat Celcius.
  3. Sedangkan untuk pembesaran, ikan sidat membutuhkan suhu optimal, yaitu berada pada 28-32 derajat Celcius. Usahakan untuk mmenjaga tingkat pH air berada dalam keadaan normal yaitu antara 7-8. Perhatikan kandungan oksigen terlarut terbaik untuk pertumbuhan ikan sidat, yaitu pada >5 mg/L. Salinitas berada di antara 6-7 ppt

Proses Panen

Nah, kini saatnya anda sudah masuk ke tahap terkahir dalam cara budidaya ikan sidat di kolam terpal. Setelah anda melakukan beberapa tahapan budidaya seperti yang sudah dijelaskan diatas, ikan sidat akan tumbuh berkembang dan mulai membesar. Inilah saatnya anda mulai bisa melakukan pemanenan.

  1. Ikan sidat mulai bisa dipanen saat ukurannya mencapai 180-230 gram/ekor
  2. Lakukan pemanenan secara serentak atau secara bertahap, satu demi satu
  3. Jika panen sidat dilakukan secara bertahap, anda bisa memanen dengan cara dipancing menggunakan palet
  4. Sementara jika memilih panen serentak, terlebih dahulu kurangi air kolam hingga ikan sidat terlihat, barulah giring ikan ke bak penampungan. Setelah itu pisahkan ikan sidat yang dipanen berdasarkan ukuran untuk dijual.

Baca juga:  Cara Budidaya Ikan Baronang

Nah, demikianlah cara budidaya ikan sidat di kolam terpal yang cukup praktis dilakukan. Bagaimana ? Setelah mengetahui langkah-langkah budidaya ikan sidat, apakah anda mulai tertarik untuk mempraktikkannya di rumah dengan membuat kolam terpal sendiri ?

Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mendapatkan hasil budidaya ikan sidat yang melimpah sehingga bisa meraup banyak keuntungan. Semoga berhasil !

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.