Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Tahapan Cara Budidaya Ikan Tembakang

Cara budidaya ikan tembakang

Cara budidaya ikan tembakang memang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi bagi anda para pemula yang hendak membangun bisnis budidaya ikan tembakang. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan kupas secara tuntas rahasia budidaya ikan tembakang yang sangat mudah untuk dilakukan semua orang termasuk bagi para pemula.

Dewasa ini ikan tembakang menjadi incaran banyank orang, karena keindahan yang dimiliki oleh ikan jenis ini. Selain menawarkan keindahan yang mampu memanjakan mata, ikan tembakang juga sangat enak untuk dikonsumsi dan memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Dengan demikian, peluang usaha budidaya ikan tembakang sangat menjanjikan kedepannya.

Pemilihan Lokasi Kolam Ikan Tembakang

Cara budidaya ikan tembakang

Cara budidaya ikan tembakang pertama yang wajib anda lakukan adalah pemilihan lokasi yang tepat. Untuk itu, ketahuilah beberapa kreteria lokasi yang baik untuk melakukan pembudidayaan ikan tembakang:

1. Lokasi yang strategis

Tips pemilihan lokasi untuk budidaya ikan tembakang yang pertama adalah memilih lokasi strategis. Strategis yang dimaksud di sini adalah lokasi yang jauh dari pemukiman warga, terletak di kondisi tanah yang tidak terjal, dekat dengan sumber air, serta tidak tercemar oleh limbah.

2. Pembuatan kolam ikan

Setelah mendapatkan lokasi yang strategis, kini saatnya anda untuk membuat kolamnya. Di mana bentuk kolam yang dibuat adalah memiliki ukuran persegi panjang. Sedangkan untuk pematang pada kolam ikan berbentuk seperti trapesium. Kemiringan pematang itu sendiri adalah 1:1. Dan untuk tinggi dari pematang kolam ikan tembakang adalah 1,5 meter hingga 2 meter.

Pematang untuk kolam ikan tembakang ini sendiri bisa anda buat menggunakan bahan dasar tanah atau semen. Ini tergantung dari kebutuhan anda sendiri. jika ingin membuat kolam yang permanen dan serius dalam menjalankan budidaya ikannya, alangkah lebih baiknnya menggunakan semen.

3. Isi tanaman air

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti longsor, alangkah lebih baiknya untuk menanam tanaman air pada bagian atas pematang. Karena tanaman ini mampu menjaga kekuatan pematang dalam mencegah terjadinya longsor seperti saat musim hujan.

4. Diamkan kolam

Setelah kolam dan pematangnya selesai anda buat, Cara budidaya ikan tembakang selanjutnya adalah mendiamkan kolam untuk beberapa hari kedepan selama kurang lebih satu minggu. Tujuannya agar kolam benar-benar kering dan siap untuk diisi air dan bibit ikan tembakang.

Setelah kolam didiamkan dalam satu minggu, selanjutnya anda mengisi kolam dengan air setinggi 60 cm hingga 100 cm dari permukaan dasarnya. Setelah itu, biarkan air tersebut selama 3 hingga 7 hari kedepan. Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan tidak adanya kebocoran pada bagian kolam. Serta juga bertujuan untuk mengembangbiakkan pakan alami di dalam kolam seperti lumut, cacing, dan mikroorganisme yang nantinya dijadikan pakan alami untuk ikan tembakang.

Pemilihan Bibit Ikan Tembakang

Cara budidaya ikan tembakang

Setelah kolam untuk budidaya ikan tembakang anda selesai, kini saatnya untuk memilih bibit atau induk ikan tembakang yang berkualitas. Berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan nantinya:

1. Kelincahan ikan tembakang

Kelincahan ikan merupakan faktor terpenting dalam cara budidaya ikan tembakang. Untuk itu, ketika anda hendak membeli bibit ikan tembakang di pasar atau di tempat budidaya pastikan untuk memilih ikan yang lincah. Karena kelincahan yang dimiliki oleh ikan tembakang menandakan kesehatan dalam tubuhnya. Semakin lincah pergerakan ikan, itu artinya ikan dalam keadaan sehat. Begitujuga sebaliknya, jika aktivitas ikan tidak lincah atau lemah maka kesehatan dari ikan bisa anda pertanyakan.

2. Umur ikan

Selain melihat kelincahan pada ikan, anda juga harus mengetahui umur dari bibit ikan tembakang yang hendak di beli. Biasanya ikan yang memiliki kualitas bagus dan sangat baik untuk dijadikan bibit adalah ikan yang memiliki umur 2 tahun.

3. Kecerahan kulit ikan

Ikan tembakang yang berkualitas untuk dijadikan bibit adalah ikan memiliki warna kulit yang cerah. Dengan cerahnya warna kulit ini menandakan bahwa ikan yang akan anda jadikan bibit adalah ikan dalam keadaan sehat.

Proses Pemijahan

Cara budidaya ikan tembakang

Sama halnya seperti budidaya ikan lainnya, cara budidaya ikan tembakang juga harus melakukan proses yang namanya pemijihan. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

1. Memasukkan induk ikan tembakang pada kolam

Proses pemijihan yang pertama adalah memasukkan ikan tembakang betina dan jantan ke dalam kolam. Kemudian biarkan mereka beradaptasi dan melakukan perkawinan. Ketika ikan betina dan jantan selalu bersamaan dan ada kegiatan kejar-kejaran, itu menandakan telor ikan akan segera dilahirkan oleh betina dan segera dibuahi oleh pejantannya.

Ketika telur sudah lahir dan dibuahi, maka telur-telur tersebut akan menempel pada bagian sudut kolam atau pada akar-akar tanaman yang ada dalam kolam.

2. Pindahkan induk ikan tembakang yang jantan dan betina

Ketika telur sudah dibuahi, segera pindahkan induk ikan tembakang ini. jika tidak segera dipindahkan, kemungkinaan besar telur-telur tersebut akan dijadikan makanan oleh induknya.

3. Pindahkan anak-anak ikan

Ketika telur-telur tersebut sudah berhasil menetas, maka pindahkanlah pada kolam yang baru. Dan perhatikan juga, kepadatan ikan dalam kolam. Jika ikan terlalu banyak, maka tidak baik bagi pertumbuhan anak-anak ikan tembakang.

Proses Perawatan Ikan Tembakang

Cara budidaya ikan tembakang

Perawatan merupakan cara budidaya ikan tembakang yang sangat krusial. Pasalnya jika dalam perawatan ini tidak dilakukan dengan serius, maka benih-benih ikan yang sudah hidup tidak akan bisa berkembang secara maksimal. Untuk itu, ikutilah beberapa tips perawatan berikut:

1. Pemberian pakan

Pakan ikan tembakang ini sama seperti pakan ikan lain pada umumnya. Yang sangat penting menjadi catatan anda adalah, pastikan pemberian pakan ikan tidak telat. Jika telat pemberian pakan, bisa menyebabkan ikan tembakang menjadi stres dan bahkan pertumbuhannya akan terganggu. Pemberian pakan terhadap ikan tembakang ini wajib dilakukan sebanyak 2 kali secara rutin dalam sehari. Yaitu setiap pagi hari dan juga setiap sore hari.

2. Perhatikan suhu udara pada kolam

Suhu udara dalam kolam ikan tembakang ini sangat penting anda perhatikan. Jika terlalu panas yang disebabkan oleh sinar matahari, maka ini dapat mengganggu pertumbuhannya. Oleh karena demikian, jika ini terjadi, tutuplah pada bagian atas kolam dengan menggunakan terpal atau kain hitam agar terik sinar matahari bisa diminimalisir.

Panen dan Pemasaran

Cara budidaya ikan tembakang

Panen dan pemasaran merupakan cara budidaya ikan tembakang yang terakhir. Biasanya ikan tembakang ini bisa anda panen ketika sudah memasuki usia 40 hari. Untuk pemasarannya sendiri bisa dilakukan melalui 2 cara:

1. Melalui media online

Cara pemasaran ini bisa anda lakukan melalu media sosial atau marketplace yang sudah memiliki nama besar, seperti Shopee, Toko Pedia, dan yang lainnya. Jika menggunakan media sosial, anda bisa menggunakan instagram, whatsapp, facebook, dan yang lainnya.

2. Media offline

Langkah ini bisa anda lakukan dengan cara memasarkan ikan tembakang secara langsung kepada pembeli. Atau bisa juga menitipkan di tempat jual beli ikan.

Itualah cara budidaya ikan tembakang yang sangat mudah untuk dilakuakn oleh semua orang. Semoga cara ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan. Selamat mencoba!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.