Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Cara Budidaya Ikan Wader yang Mudah Bagi Pemula

cara budidaya ikan wader

Cara budidaya ikan wader bisa dimulai dari pemilihan indukan yang berkualitas. Kemudian dilanjut dengan proses persiapkan kolam, tanam ikan wadernya, rawat ikannya dan tinggal Anda panen ikannya. Mudah bukan?

Ikan wader merupakan sebuah ikan yang sangat jarang di ketahui oleh masyarakat. Ikan ini memiliki bentukan tubuh yang sangat mungil dan hampir tidak memiliki daging. Banyak orang yang dulunya tidak menyukai ikan tersebut namun saat ini banyak orang yang sudah mulai mengolah masakan berbahan dasar ikan wader ini.

Pemilihan Indukan Ikan Wader

Ikan wader memiliki dua jenis ikan yang berbeda hal ini hanya dibedakan dengan warna dari kulit ikan tersebut. Bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan wader terdapat beberapa hal cara budidaya ikan wader ini. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah dalam memilih indukan dan juga proses budidaya dari ikan tersebut.

  1. Memilih jenis ikan wader yang sesuai dengan apa yang Anda ingin budidayakan. Ikan wader sendiri memiliki dua jenis yang berbeda.
  2. Anda harus memiliki ikan wader yang memiliki warna tidak terlalu pucat hal itu karena akan menunjukkan bahwa ikan tersebut sedang mengalami sakit.
  3. Hal selanjutnya yaitu ikan wader juga terkenal dengan gesit dan lincah maka dari itu Anda dapat memilih ikan dengan kriteria seperti itu. Untuk menunjukkan bahwa ikan tersebut memang memiliki kualitas yang terbaik dan layak untuk dijadikan sebagai indukan dari ikan wedar.
  4. Tahapan berikutnya ikan ini dapat Anda temukan di sebuah alam terbuka. Namun Anda harus bisa membedakan mana ikan yang jantan dan betina.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koki yang Baik 

Persiapan Kolam Untuk Ikan Wader

Ikan ini tidak harus memiliki sebuah tempat khusus untuk dijadikan sebagai sebuah tempat tinggal. Namun Anda tetap membutuhkan berbagai kesiapan dalam untuk tempat ikan wedar tersebut. Hal ini agar proses cara budidaya ikan wader dapat berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan serta butuhkan. Proses persiapan tempat ini juga tidak membutuhkan sebuah hal yang khusus untuk proses pembuatannya.

  1. Jika Anda ingin membuat usaha bisnis ikan wader maka Anda harus menyiapkan sebuah kolam yang cukup besar untuk proses budidaya ikan wader tersebut.
  2. Anda bisa menyiapkan 4 kolam untuk proses budidaya ikan wader ini. Masing-masing dari kolam tersebut memiliki sebuah fungsi yang berbeda.
  3. Siapkan juga saluran untuk air masuk dan keluar menggunakan sebuah pipa yang dialiri ke kolam tersebut. Adanya suara gemericik air dapat membuat ikan-ikan tersebut mendapatkan sebuah perputaran oksigen. Jadi Anda juga tidak perlu repot untuk mengurasnya dengan mengisi air secara manual.
  4. Selain itu Anda juga dapat menyiapkan beberapa tanaman untuk di kolam tersebut untuk proses  pembuahan dari telur yang akan dihasilkan oleh ikan wader.
  5. Pastikan satu kolam mampu untuk menampung ratusan ikan karena sekali bertelur ikan ini bisa menghasilkan banyak telur hingga mencapai kurang lebih 500.

Cara Membudidayakan Ikan Wader

Ikan yang telah berhasil berkembang kemudian bisa Anda budidayakan dengan cara mengawinkan antara indukan jantan dengan betina. Inilah proses atau cara budidaya ikan wader yang harus Anda pahami yaitu mengenai sebuah pembeda antara jenis jantan dan betina. Namun Anda tidak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat di tuntaskan pada sebuah artikel ini.

  1. Pilihlah induk yang sesuai dengan standar dari sebuah budidaya ikan agar tidak terjadi bibit yang cacat dan lain sebagainya.
  2. Siapkan tempat untuk proses mengawinkan antara ikan jantan dan betina
  3. Dalam satu kolam Anda bisa memasukkan satu hingga lebih dari lima pasang ikan untuk dilakukan sebuah proses kawin antara pasangan tersebut.
  4. Anda bisa menunggu proses pembuahan dari masing-masing ikan wader tersebut. Hal ini tidak dapat dipastikan kapan ikan tersebut selesai melakukan pembuahan. Namun Anda bisa melakukan sebuah pengecekan.
  5. Setelah proses selesai pasangan ikan wader tersebut dapat dikembalikan kepada kolam lainnya dan Anda juga bisa memperhatikan telur-telur tersebut hingga pada saatnya menetas.
  6. Ikan kecil dari wader sendiri bisa dipindahkan kepada kolam pembesaran ikan agar dapat berkembang biak dengan cepat.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Hias Arwana

Perawatan Ikan Wader

Ikan wader setelah mengalami proses penetasan tentunya membutuhkan sebuah perawatan agar ikan tersebut dapat berkembang biak dengan baik. Cara budidaya ikan wader ini tentunya mewajibkan Anda untuk memberikan vitamin dan makanan yang dapat menumbuh kembangkan ikan wader tersebut. Maka dari itu proses ini adalah sebuah titik penentuan apakah ikan yang Anda budidayakan tersebut dapat berkembang dengan baik atau tidak.

  1. Memberikan makanan pada ikan wader sesuai dan tepat waktu. Hal ini juga bisa menjadi titik penentuan ketika Anda tidak memberikan pakan tepat waktu maka akan sangat sulit untuk mengembang biakkan ikan tersebut.
  2. Rajin dalam memberikan asupan vitamin kepada masing-masing ikan wader. Vitamin ini untuk memperkuat daya tahan ikan terhadap hama yang terkadang menghampiri kolam tersebut.
  3. Menjaga air dalam kolam agar tidak mudah keruh dan kotor karena dapat menyebabkan kelangsungan hidup dari ikan wader terganggu. Sehingga ada banyak terkadang ikan wader yang mati karenanya.
  4. Menjaga kebersihan kolam selain air diganti kolam juga harus sering dibersihkan dengan cara dikuras dan di sikat. Agar lumut yang menempel dapat terangkat sehingga tidak menimbulkan sebuah penyakit pada ikan wader tersebut.
  5. Hal yang berikutnya yaitu terdapat pada sebuah pemilihan ikan-ikan wader tersebut. Anda harus bisa memilih ikan tersebut dan memisahkannya agar tidak terjadi sebuah kesulitan dalam mengetahui perkembangan dari ikan-ikan tersebut.
  6. Mengatur sebuah pH yang terdapat pada kolam tersebut. Pastikan bahwa kandungan yang terdapat di dalam kolam tersebut mengandung hal yang baik untuk proses dari tumbuh kembang ikan yang Anda budidayakan terus.

Proses Panen Dari Ikan Wader

Ikan wader setelah di budidayakan kemudian bisa untuk di panen pada beberapa bulan atau bahkan minggu kemudian. Keuntungan yang didapatkan dari ikan wader ini juga bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta. Proses budidaya tersebut bisa berhasil jika Anda melakukannya dengan serius dan penuh keyakinan agar cara budidaya ikan wader dapat memberikan Anda sebuah keuntungan yang besar.

  1. Tahapan pertama Anda bisa menyiapkan sebuah saringan untuk menangkap ikan-ikan tersebut. Terkadang dalam menangkap ikan ini membutuhkan sebuah trik khusus bahkan juga jaring yang tidak terlalu lebar diameter lubangnya. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda mencari sebuah jaring khusus untuk ikan wader
  2. Tahapan atau proses yang kedua yaitu Anda juga bisa mulai mengurangi air yang terdapat di kolam tersebut untuk mendapatkan banyak ikan. Namun hal ini akan mempengaruhi ikan lainnya jika Anda tidak melakukan sebuah pemisahan ikan wader dari awal budidaya.
  3. Proses terakhir yaitu Anda bisa mulai untuk menaruh ikan-ikan tersebut ke dalam sebuah wadah yang sudah disiapkan untuk menangkap hasil panen yang Anda lakukan. Agar ikan tidak mati dan tetap bisa hidup.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lele

Nah itulah sedikit penjelasan tentang cara budidaya ikan wader yang mudah bagi pemula. Sangat mudah bukan? Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau bagikan jika Anda tertarik dengan konten ini.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.