Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Kalibrasi Sensor Dan Mengetahui Penyebabnya

Cara Kalibrasi Sensor

Sensor pada layar android sekilas memang tidak tampak penting. Akan tetapi andai kamu mau mengetahuinya lebih mendalam, sensor pada layar sangat penting.

Karena ketika sensor tersebut tidak akurat, layar ponsel kamu akan sulit digerakkan.

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara kalibrasi sensor pada layar ponsel kamu agar sensor tersebut akurat dan layar kamu bisa digerakkan.

Karena seluruh ponsel modern memakai layar sebagai operasional. Maka tidak heran masalah layar sangat perlu diperhatikan.

Sedikit saja ada masalah pada layar baik pada sensor atau perangkat lainnya, otomatis ponsel kamu akan bermasalah dan akan tidak nyaman apabila sedang digunakan.

Layar merupakan hal paling vital yang paling tampak, berbagai masalah layar  harus segera ditangani.

Sensor Layar Ponsel

Dulu sebelum ponsel memiliki layar yang lebar-lebar, masalah sensor layar pada ponsel tidak pernah ditemukan atau bukan menjadi kendala yang serius.

Namun perpindahan teknologi dari tombol-tombol yang ada dan tampak menjadi software membuat ponsel zaman sekarang menggunakan layar sebagai tumpuan pengoperasiannya.

Tidak heran, banyak pengguna ponsel sekarang lebih berhati-hati pada layarnya.

Penyebab Layar Sentuh Ponsel Tidak Sensitif

Sebelum kamu memberi diagnosa pada layar sentuh ponsel kamu itu rusak setelah kamu tidak mengoperasikannya, kamu wajib memperhatikan hal-hal berikut ini.

Karena tidak serta-merta layar ponsel yang tidak sensitif dan tidak responsif itu rusak.

Bahkan sebelum melakukan pengecekan secara teliti, kamu langsung memberi analisa kalau sensor di layar android kamu sudah tidak berfungsi lagi.

Layar sentuh memang memiliki peran yang penting. Segala opersional gadget atau ponsel dengan menggunakan layar sentuh mengakibatkan layar sentuh sendiri bergeser perannya.

Mulai dari pelengkap untuk menampilkan hasil dari operasional beberapa software, menjadi memiliki peran yang sangat vital.

Gadget atau ponsel tidak akan bisa digunakan apabila layar sentuhnya rusak.

Tidak berfungsinya sebuah layar gadget atau ponsel tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya tidak sensitifnya sensor pada layar tersebut.

Oh iya, semua layar pada gadget atau ponsel saat ini dilengkapi dengan sensor. Sensor ini berguna untuk mendeteksi gerakkan jari kamu yang mengoperasikan gadget tersebut menggunakan layar.

Nah kurang sensitifnya sensor tersebut akan berpengaruh dan sangat mengganggu kenyamanan kamu dalam mengoperasikan gadget atau ponsel kamu.

Untuk itu ada beberapa penyebab mengapa sensor tersebut tidak sensitif yang bisa kamu jadikan bekal agar ketika layar ponselmu tidak bisa digunakan.

Kamu tahu kalau itu hanya sensornya yang tidak sensitif, nah berikut penyebabnya:

1. Layar Sentuh Kotor

Namanya sensor tentu saja dia sangat sensitif dengan segala sesuatu. Sensor dibuat untuk peka terhadap sesuatu yang ada di dekatnya, terutama pada kulit-kulit yang menempel di jari-jari agar ketika menggerakkan layar ponsel, layar bergerak dan merespon dengan sangat cepat.

Nah tahukah kamu apabila layar sering digunakan dan jarang sekali dibersihkan akan membuat kotoran-kotoran berupa debu-debu atau kotoran lain menempel pada layar.

Apalagi layar tersebut tidak dilapisi dengan tempered glass. Otomatis layar akan mudah kotor dan kotoran tersebut dapat membuat sensor pada layar tidak terlalu sensitif karena terhalang oleh kotoran.

Setiap hari usahakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada layar sentuh ponsel kamu.

Agar kotoran tersebut tidak menutupi layar dan tidak membuat sensor pada layar tidak terlalu sensitif. Hindari hal jorok bahkan pada benda sekecil apa pun.

2. Menggunakan Charger Palsu

Kabel charge memang tidak terlalu awet lama apabila jarang dirawat oleh penggunanya.

Pengguna yang kerap teledor bisa membuat kabel charge rusak atau malah parahnya membuat charge rusak beserta kepala adaptornya.

Jika sudah demikian maka hal yang paling sering dilakukan adalah membeli charger baru yang tentunya tidak original.

Charger original kadang lebih mahal dari charger-charger palus yang sering beredar di konter-konter.

Karena, terkadang perusahaan ponsel tersebut tidak mengeluarkan charger lain dan stoknya sesuai dengan produksi ponselnya tersebut.

Charger tidak original memang bisa digunakan. Bahkan ada beberapa charger tidak original lebih cepat mengisi dayanya ketimbang charger original.

Hal inilah yang membuat semua orang memilih charger non original guna mempercepat pengisian daya.

Sekilas memang manfaatnya luar biasa dan sangat menyenangkan. Akan tetapi ada risiko mengerikan di balik kecanggihan yang ditawarkan oleh charger non original.

Yakni tidak berfungsinya sensor pada layar karena aliran listrik yang masuk ke ponsel tidak sesuai.

Charger sudah didesain dengan kapasitas jumlah daya yang seharusnya sejumlah itu.

Maka tak khayal apabila menggunakan charger non original, daya yang masuk bisa lebih banyak dan mengakibatkan sensor terkena aliran listrik yang tidak wajar.

Sensor dil layar otomatis eror dan layar kamu bisa berpindah-pindah dengan sendirinya tanpa kamu pegang.

3. Gadget Atau Ponsel Jatuh

Acapkali membeli ponsel para penjual mengingatkan dua hal. Ponsel tidak boleh jatuh atau terkena air.

Hal itu karena beberapa hardware atau perangkat keras dari ponsel tersebut sangat sensitif.

Mengapa tidak boleh terkena air? Karena air akan mengakibatkan listrik bekerja tidak stabil atau dapat meningkatkan daya listrik itu sendiri.

Daya listrik yang berlebihan akan membuat sebuah perangkat konslet dan tidak bisa digunakan lagi.

Begitu juga dengan layar pada gadget atau ponsel kamu. Layar itu sangat sensitif, jatuh sekali saja bisa mengakibatkan keretakkan dan parahnya touchscreen tidak bisa digunakan karena sensor dan komponen lainnya sudah tidak dapat berfungsi lagi.

Cara Kalibrasi Sensor

Nah berbicara sensor kamu juga harus mengetahui cara kalibrasi sensor pada layar gadget atau ponsel kamu.

Hal tersebut dapat berguna untuk meningkatkan tinggal sensitif sensor pada layar. Jadi ketika kamu merasa layar gadget atau ponsel kamu kurang baik, kamu bisa melakukan ini.

Jangan terburu-buru membawa ke konter karena akan dihargai sangat mahal.

Cara-cara yang di bawah ini akan membantumu dalam urusan sensor pada layar gadget atau ponsel.

Tanpa menggunakan aplikasi atau embel-embel lain kamu sudah bisa meningkatkan tingkat sensitif dari sensor layar gadget atau ponsel kamu.

Nah kamu pasti penasaran bagaimana caranya, Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan di antaranya:

  • Masuk pada aplikasi telepon yang ada di gadget atau ponsel kamu
  • Tulis angka ini ke kolom nomor yang sudah tersedia *#*#3646633#*#
  • Ketika muncul tampilan Engineer Mode, kamu pilih saja Hardwer Testing
  • Pilih menu sensor yang letaknya ada di bawah
  • Selanjutnya apabila sudah muncul pilihan, kamu pilih menu Sensor Celibration
  • Klik tombol clear calibration terlebih dulu
  • Tunggu prosesnya hingga selesai lalu pilih menu Do Calbration (20% tolerance) atau Do calibration (40% tolerence). Hal tersebut sesuai dengan keinginanmu ya. Pilih salah satu saja.
  • Klik kembali dan cobalah bagaimana gerakkan layar kamu.

Cara kalibrasi sensor ini dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi atau tanpa root android kamu.

Dengan cara yang mudah ini kamu sudah bisa memperbaiki tingkat sensitif sensor pada layar gadget atau ponsel kamu.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.