Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Animasi

Cara Membuat Animasi

Sejak kecil tentu kamu suka menonton kartun di Televisi, bahkan kebiasaan tersebut tidak bisa hilang sampai sekarang. Karena itu tidak heran para penggemar anime rata-rata anak di atas usia 17 sampai 20 tahun.

Kartun merupakan animasi bergerak yang diciptakan untuk memerankan suatu karakter tokoh. Dulu cara membuat animasi hanya bisa dilakukan di komputer, akan tetapi sekarang tidak.

Kamu bisa membuat animasi atau kartun khayalanmu menggunakan aplikasi di android. Dengan begitu, kamu bisa membuat kartun atau bahkan film kartun kecil-kecilan karena kurang puasanya dengan beberapa film-film kartun yang kamu tonton selama ini.

Itu sah-sah saja. Selain bisa mengembangkan kekreatifan yang kamu miliki, membuat animasi dapat menjadi hiburan tersendiri.

Animasi

Secara bahasa sederhananya animasi merupakan gambar yang bergerak, tetapi kalau menurut bahasa luasnya animasi merupakan grafika yang dapat membuat sebuah obyek bergerak dengan sendirinya.

Dengan begitu, karakter yang dibuat dengan cara digambar, dapat bergerak seolah-olah hidup seperti manusia biasa. Biasanya animasi digunakan untuk beberapa produksi film kartun.

Jenis-Jenis Animasi

Nah berbicara soal animasi, kamu juga jangan sampai ketinggalan terkait informasi berbagai jenis animasi yang ada saat ini.

Karena animasi bukan hanya satu saja, bahkan ada banyak sekali animasi yang berkembang dan bermunculan hingga detik ini.

Animasi-animasi tersebut digolongkan berdasarkan teknik pembuatan dan terkait film kartun yang dibuat. Tidak heran, jika saat ini anime yang paling banyak digemari adalah anime dari Jepang.

Kenapa? Karena, banyak sekali kartun-kartun yang menggunakan animasi dibuat oleh Jepang. Mulai dari Naruto, Dragon ball dan lain sebagainya.

Selain itu ada pula animasi yang tak kalah dari anime Jepang yakni Tom and Jerry dan beberapa film lainnya yang sampai saat ini masih digandrungi.

Selain digunakan untuk pembuatan film-film kartun, animasi juga sering digunakan untuk game. Grafik game saat ini juga sudah sangat berkembang.

Beberapa malah menambahkan story pada game tersebut, agar game terkesan semakin hidup dan semakin menyenangkan dimainkan. Nah berikut ini jenis-jenis Animasi:

Stop Motion/Claymation

Animasi ini biasanya digunakan untuk memberi efek pada beberapa film yang dibuat tahun 1950-1960 an. Teknik pembuatan animasi ini ditemukan oleh Blakton pada tahun 1906. Blakton mencoba teknik ini menggunakan tanah sehingga nama dari animasi ini adalah animasi clay.

Kalau kamu ingin melihat bagaimana hasil dari teknik animasi ini bekerja, kamu tinggal menonton film-film tahun 1950-1960 an. Beberapa efek dari animasi ini akan terlihat apabila kamu menyimaknya dengan baik.

Animasi 2D/ 2 Dimensi

Animasi 2D merupakan animasi yang hanya dapat dilihat dari satu sudut pandang saja. Misalnya kamu dapat melihat kartun yang hanya menampilkan latar belakang dinding dan kartun yang bergerak tanpa menunjukkan latar belakang lain seperti benda atau sesuatu yang ada di sekitarnya.

Animasi 3D atau 3 Dimensi

Animasi ini merupakan animasi dari perkembangan animasi sebelumnya yakni animasi 2 dimensi. Animasi 3 dimensi merupakan animasi yang bisa menampilkan background atau latar tempat dengan lebih detail.

Sehingga seolah-olah kartun atau video yang dibuat tampak seperti kehidupan nyata. Karena tampak seperti nyata, film-film kartun yang sudah memanfaatkan animasi ini memiliki daya pikat sendiri.

Selain digunakan untuk membuat beberapa film kartun, animasi 3 dimensi ini sering digunakan untuk membuat game. Game-game seperti game PC atau game PS 3 atau PS 4 grafiknya begitu mengagumkan. Sehingga membuat game tampak nyata.

Animasi Game

Animasi game dikhususkan untuk membuat game. Sudah disinggung sedikit sebelumnya. Kamu perlu tahu animasi game ini juga mengalami perkembangan.

Coba kamu lihat beberapa game yang ada di tahun 1990 an dengan game saat ini, tentu grafik dan sistem yang ditampilkan sangatlah berbeda.

Teknologi yang berkembang saat ini dapat membuat beberapa game tampak lebih nyata dan membuat beberapa pemain menjadi candu dan ingin terus memainkannya.

Apalagi game-game saat ini dilengkapi dengan story real seperti film. Sehingga membuat pemain seperti merasakan pengalaman langsung ketika memainkan game tersebut.

Cara Membuat Animasi

Setelah mengenal jenis-jenis animasi, nih ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan ketika ingin membuat animasi. Beberapa cara ini dijamin ampuh dan akan membuat animasi hasil buatan kamu menjadi keren dan mengagumkan. Tidak usah berlama-lama lagi, ini cara membuat animasi buat kamu:

Membuat Susunan Naskah

Sebagai pencipta kartun atau pembuat animasi, hal pertama yang harus kamu lakukan dalam cara membuat animasi adalah menyusun naskah. Naskah tersebut penting karena nantinya akan kamu gunakan untuk mengisi suara karakter yang sedang kamu buat.

Karena karakter akan semakin kuat apabila disertai dengan logat bicaranya. Misalnya kamu ingin membuat karakter pemarah, kamu harus menentukan naskah yang berisikan cara bicara orang pemarah dan bagaimana intonasinya. Dengan begitu karakter kamu akan semakin hidup dan bisa sampai ke penonton.

Menentukan Karakter dan Membuatnya

Jika sudah menyusun naskah dan bagaimana karakter yang akan kamu buat. Langkah selanjutnya dalam cara membuat animasi adalah menentukan bagaimana karakter yang ingin kamu buat. Mulai dari menentukan bagaimana bentuk wajahnya dan bentuk seluruh tubuhnya.

Sehingga kamu bisa menyelaraskan antara tubuh dan sifat si karakter tersebut. Tidak mungkin kan apabila kamu membuat tubuh orang yang kuat kurus kerempeng? Meskipun ada sebagian yang begitu tetapi mereka melengkapinya dengan kekuatan super biasanya.

Nah beberapa hal pendukung karakter tersebut yang perlu kamu perhatikan. Setelah mendapatkan bayangan bagaimana karakter yang ingin kamu buat, kamu tinggal membuatnya menggunakan aplikasi entah itu di android maupun di komputer.

Membuat Video Animasi

Setelah membuat karakter, langkah selanjutnya dalam cara membuat animasi yang harus kamu lakukan adalah membuat latar tempat, waktu, dan sebagainya untuk pembuatan video animasi.

Jika sudah mempunyai gambaran bagaimana latar tempatnya dan kapan waktu yang pas untuk si karakter berbicara atau melakukan adegan lain mungkin, kamu tinggal menyusunnya.

Penyusunan yang sistematis dan urut akan memudahkanmu dalam membuat video animasi. Dengan beberapa aplikasi yang sudah tersedia baik di android maupun di komputer, kamu bisa membuat video tersebut.

Karakter yang sudah kamu buat bisa bergerak sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, apabila kamu ingin serius dalam menekuni animasi ini.

Kamu harus rela berkorban ketika hendak membuat video ini. Karena membuat animasi memerlukan waktu yang banyak dan kadang membutuhkan biaya yang besar apabila yang ingin kamu buat adalah film kartun.

Menambahkan Efek Lain

Terakhir kamu perlu menambahkan efek lain seperti musik untuk mendukung film kartun yang ingin kamu buat. Akan hambar rasanya apabila kamu hanya menggunakan video tanpa memberi efek lainnya seperti musik, pencahayaan, langit, lampu, rumah.

Efek-efek pendukung juga senantiasa diperhatikan agar kualitas video animasi kamu tetap menarik dan malah akan digemari banyak orang.

Karena sesederhana itu cara membuat animasi kamu bisa mulai berkreasi membuat satu atau dua karakter terlebih dulu. Baru nanti mengembangkannya menjadi beberapa karakter yang banyak.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.