Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Antena TV Dengan Menggunakan Bahan Sederhana

Cara Membuat Antena TV

Apa yang akan anda lakukan jika anda saluran televisi kesayangan di rumah anda tiba-tiba buram atau bahkan menghilang begitu saja.

Pasti anda akan mencari berbagai cara untuk membetulkan nya bukan? Tahukah anda bahwa ternyata ada cara membuat antena tv yang bisa anda gunakan dengan mudah untuk membuat saluran televisi di rumah anda menjadi lebih bagus dan lebih jernih.

Apa Keuntungannya Membuat Antena Sederhana Ini?

Jika anda membuat antena televisi dengan menggunakan cara ini maka anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Harga jauh lebih umurah bahkan bisa gratis
  2. Bisa atur sendiri dimensi antena sesuai dengan keinginan
  3. Dapat dikembangkan menjadi sebuah alat yang bisa diperjual belikan
  4. Bisa menjadi ladang penghasilan dengan memperbaiki saluran televisi tetangga

Bagaimana Cara Membuat Antena TV?

Cara membuat antena tv sangat mudah, anda bisa membuat rancangannya sendiri dengan menggunakan  bahan seadanya.

Namun meski menggunakan bahan-bahan sederhana jangan remeh kan soal kualitas gambar yang dihasilkannya. Tidak kalah dengan kualitas yang di tawarkan oleh antena yang biasa anda beli.

1. Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum anda memulai membuat perakitan nya, silahkan anda persiapkan beberapa peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat alatnya seperti:

  1. Pelat seng jenis nisplang sepanjang 1 meter, lebih bagus gunakan pelat aluminium agar lebih tahan terhadap cuaca
  2. Kabel coaxial 75 ohm dan konektor nya, atau nama trend nya kabel antena TV
  3. Obeng
  4. Tang
  5. Baut dan paku secukupnya saja

2. Langkah-Langkah Pembuatan Antena TV

Setelah anda mempersiapkan semua bahan yang akan dibutuhkan untuk membuat antena , sekarang mari kita belajar cara membuatnya. Anda yang belu tahu silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Potong pelat seng atau aluminium yang sudah anda persiapkan sebelumnya dengan bentuk segi empat 1 buah, dan  berbentuk segitiga 2 buah, atau anda bisa sesuaikan dengan bentuk yang anda inginkan
  2. Selanjutnya silahkan anda hubungkan kedua ujung datar potongan plat aluminium yang sudah anda potong tadi, bentuk seperti layaknya antena yang sering anda jumpai di toko-toko
  3. Selanjutnya lubangi ujung datar plat aluminium tersebut menggunakan obeng buat 2 atau 4 lobang saja
  4. Hubungkan antena dengan kabel coaxial 75 ohm
  5. Kemudian gunakan pelat segi empat sebagai alat antena dan berikan penyangga antena nya menggunakan kayu ataupun balok plastik

Antena ini berfungsi sebagai pengarah antena tv agar bisa di tembakan ke sumber sinyal atau jaringan televisi.

Jika cara membuat antena tv ini masih menghasilkan gambar yang kurang jernih, anda dapat membuat ulang dengan ukuran yang jauh lebih besar. Semakin besar media yang digunakan maka semakin bagus daya tangkap jaringannya.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.