Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Daftar Isi Word 2010

Cara Membuat Daftar Isi Word 2010

Daftar isi menjadi bagian penting dalam penyusunan karya tulis, baik itu berupa karya ilmiah maupun karya fiksi. Karena fungsi dari daftar isi ini memberitahu pembaca beberapa bab yang menjadi isi dari karya tersebut, baik letak halamannya maupun judul per babnya. Sehingga bisa memudahkan para pembaca.

Cara membuat daftar isi word 2010 sangat penting dikuasai bagi mereka yang hendak membuat karya. Karena dengan mengetahui cara tersebut, penulis yang sedang menyelesaikannya juga dapat terbantu.

Misalnya ketika mengerjakan sebuah karya tulis, sejak awal penulis sudah memberi halaman dan menyalin halaman berdasarkan judul per bab di dalam daftar isi.

Ketika menutup karya tulis tersebut dan melanjutkannya besok, penulis tinggal membuka halaman terakhir dengan melihat daftar, tapi beda halnya jika penulis tidak tahu Cara membuat daftar isi word 2010.

Oleh sebab itu mengapa dalam penulisan karya tulis ilmiah maupun fiksi, daftar isi itu menjadi salah satu kerangka yang penting didalamnya.

Daftar Isi

Sebelum kita membahas Cara membuat daftar isi word 2010, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu daftar isi? Lalu apa sebenarnya pengertian dari daftar isi tersebut?

Daftar isi merupakan wadah untuk petunjuk pokok-pokok dari isi suatu karya tulis, baik karya tulis ilmiah maupun karya tulis fiksi.

Dengan adanya daftar isi, pembaca yang langsung ingin mencari pokok pembahasannya dan tidak perlu membuka semua halaman, tinggal membuka daftar isi dan membuka pokok yang dicari pada halaman yang sudah ditunjukkan.

Fungsi dari Daftar Isi

Ketika membaca sebuah karya tulis, baik itu karya tulis ilmiah maupun karya tulis fiksi, kita sering menemukan satu halaman yang berisikan daftar isi.

Biasanya letak daftar isi tersebut setelah kata sambutan dari penulis. Lalu apakah penting dengan adanya daftar isi tersebut? Toh apabila ingin membaca buku, tinggal membaca saja tanpa harus melihat daftar isinya terlebih dulu.

Penting tidak penting daftar isi tersebut berdasarkan dengan pembaca. Karena semua penulis merasa daftar isi penting dibuat untuk menjadi informasi bagi pembaca yang hendak membaca bukunya.

Tidak mungkin pembaca hanya ingin membaca begitu saja tanpa harus memancing hasrat membacanya dengan cara melihat isinya.

Pembaca biasanya akan tertarik dengan judul lalu yang kedua adalah daftar isi. Maka tak heran, ketika hendak membeli sebuah buku, pembaca akan melihat daftar isi selain melihat dari judulnya.

Percaya atau tidak, dengan membaca daftar isi kadang hasrat membaca akan semakin memuncak dan menggebu-gebu. Sehingga minat baca akan semakin meninggi. Selera melahap buku akan muncul.

Selain hal-hal yang disebutkan tersebut, ada banyak fungsi dari daftar isi sehingga menjadi alasan kuat mengapa daftar isi harus ada dalam karya tulis, baik karya tulis ilmiah maupun karya tulis fiksi. Berikut fungsinya:

1. Dapat Membuat Karya Tulis Lebih Rapi

Dengan adanya daftar isi, karya tulis yang dihasilkan, baik karya tulis ilmiah dan karya tulis fiksi bisa rapi. Karena apa, ketika mencetaknya, tidak mungkin mesin cetak akan berurutan secara otomatis.

Tentu saja kadang ada kertas yang tercecer sehingga diharuskan menyusun kembali setelah semua sudah tercetak. Hal tersebut akan sangat sulit disusun tanpa menggunakan daftar isi sebagai patokannya.

Apalagi karya tulis tersebut memiliki jumlah halaman yang banyak dan tebal, maka akan membutuhkan waktu lama untuk menyusun lembaran-lembaran yang sudah dicetak tersebut apabila tanpa daftar isi.

Bahkan bisa memakan waktu seharian penuh untuk menyusunnya. Artinya apa? Dengan daftar isi, kamu juga bisa terbantu dalam penyusunan setelah diprint atau dicetak.

Karena ketika kamu menyusunnya, kamu bisa melihat bagaimana susunannya yang benar sehingga karya tulis kamu tampak rapi apabila sudah tersusun.

2. Memancing Hasrat Pembaca

Selain untuk menyusun rapi sebuah karya tulis, daftar isi juga bisa digunakan untuk strategi penjualan buku tersebut. Mengapa demikian?

Karena daftar isi merupakan kumpulan dari pokok-pokok karya tulis tersebut. Nah ketika judul sudah berhasil menarik pembaca, maka alangkah baiknya judul per bab dibuat semenarik mungkin.

Karena apa ketika hendak menunjukkan bocoran daftar isi, pembaca akan semakin tertarik dan tanpa ragu lagi membeli karya tersebut hanya karena judul dan daftar isi dari judul per bab menarik perhatian mereka.

3. Menjadi Referensi Pembaca

Biasanya tidak jarang para mahasiswa mencari referensi tugasnya dari beberapa buku yang ada di perpustakaan dan di sinilah mengapa daftar isi merupakan jimat yang harus ditemukan oleh para mahasiswa tersebut.

Karena mahasiswa tersebut hanya memiliki waktu yang terbatas. Tidak mungkin mereka akan membaca semua buku yang ada di perpustakaan.

Selain memakan waktu yang banyak, tugas yang diberikan oleh dosen mereka tidak akan selesai. Makanya mereka memilih alternatif lain yakni membaca daftar isi dan langsung menuju ke halaman yang berkaitan dengan tugasnya. Dengan demikian buku tersebut berguna atau tidak.

4. Menentukan Bahan Diskusi

Tidak jarang di luar sana banyak orang yang memiliki komunitas baca. Kegiatan dari komunitas tersebut biasanya mendiskusikan isi buku dan sebagainya. Nah daftar isi ini membantu mereka menentukan bahan diskusi buku yang akan mereka diskusikan.

Cara Membuat Daftar Isi Word 2010

Nah setelah mengetahui mengapa daftar isi penting untuk sebuah karya tulis. Kamu hendaknya juga harus mengetahui cara membuat daftar isi word 2010. Karena dengan demikian kamu bisa membuat daftar isi dengan cepat.

Kamu pasti belum tahu, kalau ada beberapa cara membuat daftar isi secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu menuliskan satu per satu dengan menghafal judul per babnya.

Cara ini juga bisa mempersingkat waktu kamu ketika mengerjakan sebuah karya tulis. Sehingga kamu bisa memiliki waktu yang lebih longgar lagi. Nah untuk itu, berikut ini caranya:

  • Aktifkan terlebih dulu fungsi heading 1 dan heading 2
  • Kamu lihat toolbar bagian kiri, apabila ada kotak toolbar berisi navigasi, maka secara otomatis heading 1 dan heading 2 sudah aktif
  • Pilihlah judul dan sub judul dengan menggunakan heading tersebut
  • Apabila semua judul dan sub judul muncul di panel sebuah kiri, kamu sudah bisa membuat daftar isi secara otomatis.

Sampai sini apakah kamu sudah belum? Apabila belum kamu bisa mencoba cara mengaktifkan fungsi heading 1 dan heading 2 untuk memudahkan kamu membuat daftar isi secara otomatis.

Karena dengan demikian waktu kamu tidak akan termakan banyak hanya untuk membuat daftar isi saja. Setelah berhasil, lakukan langkah berikutnya ini:

  • Letakkan cursor pada halaman yang ingin dijadikan untuk daftar isi
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik fungsi refrences di bagian toobar atas
  • Klik table of content di toobar atas, paling kiri
  • Klik autumatic table semua daftar isi yang tadi kamu pilih
  • Setelah kamu klik yes, secara otomatis daftar isi tersebut tersusun rapi di halaman yang kamu maksudkan tadi. Dengan demikian kamu sudah berhasil menambahkan daftar isi dengan waktu yang relatif singkat

Dengan memberikan daftar isi pada karya tulis yang kamu buat, kamu membawa manfaat dan sesuatu yang menjanjikan pada karya tulis kamu ini.

Makanya cara membuat daftar isi di Word 2010  ini harus kamu kuasai. Tentu saja cara ini bisa diterapkan di beberapa word yang ada. Caranya nyaris sama, hanya saja paling letak menunya yang kadang berbeda.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.