Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Denah Lokasi Di Microsoft Word

Cara Membuat Denah Lokasi

Ketika ingin membuat denah lokasi menggunakan gambar, biasanya aplikasi yang sering digunakan adalah photoshop, adobe dan aplikasi sejenisnya. Akan tetapi tahukah kamu, membuat denah lokasi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Word.

Setelah mencoba beberapa aplikasi, cara membuat denah lokasi menggunakan Word adalah cara yang paling mudah dan hasilnya pun sama.

Microsoft Word merupakan aplikasi yang familier di telinga masyarakat, kebanyakan pekerjaan sering dikerjakan menggunakan Microsoft Word ini.

Makanya ketika kamu ingin membuat denah lokasi untuk sebuah undangan, kamu bisa menggunakan Word karena pengoperasiannya sangat mudah.

Cara membuat denah lokasi pun juga cukup simpel dan tidak terlalu rumit dan denah lokasi pun juga bisa digunakan pada kartu undangan.

Denah Lokasi

Denah lokasi merupakan sebuah gambar yang digunakan untuk menunjukkan suatu lokasi. Biasanya denah lokasi digunakan pada undangan, brosur-brosur sekolah, dan hal yang lain, yang perlu diisi denah untuk menunjukkan tempat.

Tanpa memberikan denah lokasi, terkadang seseorang akan kebingungan apabila ingin mencari di mana tempat perusahaan atau orang yang mengundang.

Manfaat Denah Lokasi

Denah lokasi memang kerap dipandang sebelah mata oleh orang-orang yang sudah mengetahui tempat yang akan dia tuju.

Sehingga banyak sekali orang-orang lupa bahwa denah lokasi memberi manfaat yang besar, tentunya bagi mereka yang memang belum mengetahui di mana letak lokasi tersebut.

Karena saking besarnya manfaat denah ini, Google menciptakan aplikasi Google Maps. Tidak lain dan tidak bukan agar orang-orang tahu beberapa jalan yang memang sama sekali belum dia ketahui.

Nah tidak mengherankan apabila sekarang jarang sekali ada orang tersesat karena lokasi tersebut dapat diakses melalui aplikasi di smartphone kamu.

Selain itu, denah lokasi pada undangan juga penting untuk mereka yang belum mengetahui tempatnya. Meskipun denah lokasi pada undangan terlihat kecil, namun setidaknya bisa memberi petunjuk atau bahasa Jawanya ancer-ancer.

Dengan demikian orang-orang yang diundang akan mengetahui di mana letaknya sehingga tidak kesulitan mencari gedung yang akan digunakan. Nah untuk lebih detailnya, berikut ini manfaat denah lokasi untuk brosur, undangan, dan lainnya:

1. Memberi Petunjuk

Manfaat yang pertama ini tentunya sudah banyak orang yang tahu. Denah lokasi ada memang diperuntukkan memberi petunjuk seseorang agar tempat yang menjadi tujuan bisa terjangkau tanpa harus melewatinya dengan susah-payah.

Tanpa denah lokasi, seseorang akan buta arah. Tidak mungkin mereka akan mengandalkan kompas dan Google Maps saja.

Ada beberapa orang menganggap denah lokasi tidak terlalu penting karena adanya Google Maps. Pernyataan itu sebenarnya kurang tepat, meskipun ada Google Maps denah lokasi yang ada di undangan atau brosur tetaplah penting.

Mengapa demikian? Karena Google Maps tidak bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Ada beberapa daerah yang belum bisa dibaca oleh Google Maps.

Sehingga ketika mengadakan hajatan yang tempatnya belum terjangkau Google Maps, bisa memanfaatkan denah lokasi untuk memberi petunjuk para tamu undangan yang ingin mendatangi acara pernikahan.

2. Menarik Perhatian

Brosur dan undangan memang didesain untuk dapat menarik perhatian orang-orang, begitu pula dengan adanya denah lokasi.

Denah lokasi yang didesain sekeren dan sekreatif mungkin akan dapat menarik perhatian orang-orang. Jika kamu lihat beberapa brosur kampus-kampus, kamu akan melihat beberapa desain denah lokasi yang sangat menarik.

Desain tersebut sengaja dihadirkan untuk menarik perhatian dari orang-orang agar mempunyai rasa penasaran dengan kampus atau perusahaan yang dituju.

Biasanya desainnya dibuat seperti animasi 3D dengan tatanan bangunan yang diperlihatkan. Siapa yang tidak tertarik melihat gambar tersebut, bahkan tak jarang sebagian orang akan terperangah melihat itu.

3. Membantu Menjelaskan Ketika Bertanya

Selain denah lokasi dan Google Maps, kerap sekali kita meminta bantuan pada orang-orang yang ada di daerah lokasi yang akan kita tuju.

Malu bertanya sesat di jalan, semboyan itu memang sudah menjadi prinsip untuk siapa pun yang hendak bepergian. Karena hanya mengandalkan smartphone saja, kita tidak akan sampai tujuan.

Dengan adanya denah lokasi, tentu kamu akan sangat terbantu ketika bertanya kepada seseorang. Karena memang lokasi lebih mudah dimengerti apabila dijelaskan menggunakan gambar.

Maka ketika menunjukkan gambar, orang yang ada di daerah tersebut, akan tahu di mana lokasi yang sebenarnya ingin kamu tuju. Tanpa harus berlama-lama, dia sudah paham.

Ada manfaat lain ketika kamu bertanya pada seseorang, terkadang ada orang baik yang malah mengantarkannya sampai ke tempat tujuan. Sehingga ketika di jalan jangan malu bertanya pada orang-orang sekitar agar kamu tidak tersesat.

Kelebihan Membuat Denah Lokasi Di Word

Selain manfaat dari denah lokasi, kamu juga perlu mengetahui kelebihan membuat denah lokasi di Word. Kelebihan ini bisa kamu jadikan pertimbangan ketika hendak membuat denah menggunakan Microsoft Word. Nah berikut ini kelebihan dari cara membuat denah lokasi di Word:

  • Membuat denah lokasi lebih mudah dan simpel ketika menggunakan Microsoft Word karena aplikasi ini sangat familier dan sering digunakan.
  • Kamu tidak dituntut harus ahli dalam bidang desain grafis ketika hendak membuat denah lokasi di Microsoft Word.
  • Dapat mendesain denah lokasi seperti yang kamu inginkan dengan mudah.
  • Waktu yang digunakan untuk mendesain pun relatif singkat dan tidak terlalu berbelit-belit.
  • Fitur-fitur warna yang ada di dalam Microsoft Word dapat mempermudah kamu dalam memberi warna pada denah lokasi yang sedang kamu desain.

Cara Membuat Denah Lokasi Di Microsoft Word

Banyak kelebihan yang bisa kamu nikmati ketika mendesain denah lokasi menggunakan Microsoft Word. Karena selain simpel, aplikasi ini juga sangat familier di masyarakat umum.

Dari beberapa aplikasi, entah aplikasi dari Microsoft itu sendiri, pengoperasian aplikasi yang paling mudah adalah aplikasi Microsoft Word itu sendiri. Selainnya aplikasi tersebut sangatlah sulit dioperasikan.

Nah bagaimana sih cara membuat denah lokasi yang katanya mudah tersebut? Buat kamu yang sudah sering mengoperasikan Microsoft Word akan terkejut ketika mengikuti cara membuat denah lokasi di Microsoft Word ini.

Karena ketika sudah mengetahuinya, kamu akan bisa melalukannya di luar kepala tanpa harus melihat tutorialnya. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini cara membuatnya:

  1. Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menjalankan aplikasi Microsoft Word. Lalu kamu tinggal membuat lembaran baru yang digunakan untuk menggambar denah lokasi. Setelah membuat dokumen baru, kamu sudah bisa mulai mendesain denah lokasi dengan cara memilih menu insert lalu kamu klik tulisan Shapes.
  2. Ketika sudah muncul bermacam-macam bentuk setelah mengklik Shapes, pilihlah bentuk persegi panjang dari macam-macam bentuk-bentuk tersebut.
  3. Usai memilihnya, kamu tinggal tarik saja bentuk tersebut ke halaman kosong tadi lalu atur lebar dan panjangnya sesuai kebutuhan kamu. Jangan lupa memilih warna dengan mengklik shapes style. Persegi panjang ini biasanya digunakan untuk memberi petunjuk jalan.
  4. Berikan bentuk bangunan penting, seperti gedung, sekolah atau masjid dengan mendownload gambarnya di internet.
  5. Kamu tinggal memasukkan gambar tersebut dengan memilih menu insert. Selesai maka denah lokasi sudah jadi dan bisa kamu gunakan untuk undangan atau brosur.

Cara membuat denah lokasi dengan menggunakan Microsoft Word memang lebih mudah dengan cara membuat denah lokasi menggunakan aplikasi lain.

Selain kemudahan dalam pembuatannya, hasilnya pun juga tidak kalah menarik dan bagus dari aplikasi desain lainnya. Selamat mencoba!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.