Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Gif Keren, Sudah Pernah Coba?

Cara Membuat Gif

Selain emoticon, kini banyak sekali cara mengungkapkan ekspresi diri kita di aplikasi chatting dan salah satunya menggunakan GIF.

Gif merupakan gambar bergerak yang mirip sekali dengan video, biasanya gif dibuat dari potongan video yang menunjukkan sebuah ekspresi. Seperti ekspresi terkejut, menangis dan sebagainya.

Cara membuat gif yang keren dapat dilakukan di dua perangkat, yakni komputer dan HP. Benarkah bisa dilakukan di HP? Benar, kini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat GIF mulai bermunculan.

Bahkan aplikasi kamera selain aplikasi bawaan juga sudah dilengkapi dengan fitur membuat GIF, dengan demikian kamu bisa sangat mudah membuat GIF tanpa memerlukan komputer atau laptop. Hanya tinggal duduk, kamu bisa mengkreasikan ide untuk GIF.

Graphics Interchange Format

Semenjak kemunculan GIF di berbagai aplikasi media sosial, para pengguna android menggemari format yang menarik tersebut. Tidak salah memang, karena GIF mampu mendukung animasi.

Sehingga siapa pun bisa mengkreasikan potongan video menjadi bentuk kecil dan sering digunakan untuk mengungkapkan ekspresi. GIF memiliki daya pikat yang tinggi sejak kemunculannya dikenal.

Kelebihan dan Kekurangan GIF

Bukan tidak mungkin apabila GIF sendiri mempunyai kekurangan dan kelebihan, karena pada dasar keduanya tersebut merupakan satu-kesatuan yang tidak dipisahkan.

Oh iya, kamu perlu tahu kalau GIF bisa berupa file dan bisa format saja. Sehingga ketika nanti ada format foto yang di belakangnya menggunakan GIF, jangan salah jika hal tersebut hanyalah format saja.

Memangnya jika mengetahui kelebihan dan kelemahannya akan berdampak apa? Sebenarnya tidak terlalu berdampak pada kehidupanmu.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa menggunakan atau membuat format tersebut sebijak mungkin. Nah berikut ini kelebihan dan kekurangan GIF tersebut:

Kelebihan

Kamu akan bangga dan semakin menyukai dengan GIF apabila mengetahui kelebihannya. Selain itu kamu juga akan semakin kreatif ketika menggunakannya, karena GIF memiliki keunggulan dari format lain dan kamu bisa mencobanya setiap saat.

Membuat animasi seperti video atau kartun-kartun tentu bisa menjadi hiburan tersendiri buat kamu apabila tidak ada kerjaan dan menganggur. Dengan begitu kamu juga bisa mengasah kekreatifan yang kamu miliki. Nah berikut ini kelebihan dari GIF:

  • GIF dapat digunakan untuk membuat animasi seperti yang sudah kamu ketahui
  • GIF mendukung hingga 356 warna RGB 24 bit. Hal ini berguna untuk dapat menghasilkan warna dengan kualitas terbaik.
  • Ada fitur lossless compression, kamu bisa mengkrompess format atau file tersebut tanpa harus menurunkan kualitas gambar atau GIF yang kamu miliki.
  • Dapat digunakan untuk membuat logo yang menarik dan daerah di sekitar logo juga bisa terlihat dengan sangat jelas.
  • GIF juga memiliki fitur transparansi gambar.

Kekurangan

Nah setelah berbicara mengenai kelebihan dari GIF, baik dari file maupun formatnya, kita akan membicarakan apa saja kekurangan dari GIF ini. Kekurangan ini perlu dibicarakan bukan untuk membenci atau hal-hal negatif lainnya.

Akan tetapi untuk mengetahui maksimal batas penggunaan dari GIF. Sehingga, kamu tidak boleh memaksa GIF bekerja di luar kemampuannya.

Akan ada banyak risiko atau penyebab karena melampaui batas dan bisa jadi GIF akan rusak dan file tersebut tidak dapat terdeteksi oleh aplikasi mana pun. Nah berikut ini kekurangan dari GIF yang perlu jadikan tiang atau pedoman:

  • Format GIF memiliki resolusi yang rendah, sehingga tidak cocok untuk dipakai di dunia fotografi.
  • Kualitas dan ukuran mudah dipengaruhi karena penyimpanan data pada gambar sangatlah terbatas.
  • Ukuran kapasitasnya lebih rendah dari JPG. Hal itu sudah bukan menjadi rahasia lagi. Karena ketika kita mengirim GIF dan JPG, ukuran yang paling besar adalah JPG.
  • Tidak semua aplikasi bisa mendeteksi atau membaca file GIF, sehingga hanya ada beberapa saja yang bisa membaca. Seperti aplikasi chatting dan media sosial lainnya.
  • GIF yang ada di aplikasi chatting kadang tidak bisa dibaca di aplikasi chatting lainnya. Itu yang juga menjadi kelemahan dari GIF ini.

Kekurangan dan kelebihan di atas dapat dijadikan patokan dan batasan ketika kamu menggunakannya. Karena semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka kamu harus menyesuaikannya.

Tidak perlu memaksa format ini harus seperti ini. Kalau dipaksakan Justru yang nantinya akan terjadi, yakni semua file kamu rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Cara Membuat GIF

Nah usai membaca kelebihan dari GIF ini tentu saja kamu ingin mencoba menggunakan GIF ini di aplikasi chatting. Memang beberapa aplikasi chatting sudah menyediakan fitur GIF dan beberapa file.

Namun ketika kamu mencari, ternyata GIF yang disediakan tidak ada yang sesuai dengan keinginanmu saat ini. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat GIF menggunakan berbagai cara.

Cara membuat GIF dapat kamu lakukan menggunakan komputer maupun android milik kamu. Akan tetapi di antara keduanya, cara yang paling mudah untuk membuat GIF adalah dengan menggunakan aplikasi di android kamu. Mau tahu caranya? Ayok simak baik-baik sebelum mempraktikkannya:

Dengan Menggunakan Google Photos

Google photos merupakan perangkat bawaan yang bisa kamu gunakan untuk membuat GIF. Karena bisa digunakan untuk cara membuat GIF, kamu tidak perlu bersusah-payah mendownload aplikasi lain yang malah akan membuat penyimpanan internal kamu penuh.

Dari google photos ini kamu bisa mendapatkan bahan dari foto atau video koleksi mu di galeri. Prosesnya sangat mudah sehingga tidak perlu memakan waktu lama untuk membuatnya.

Sedangkan untuk hasil tidak perlu ditanya lagi, sudah pasti file yang dihasilkan menggunakan google photos ini akan bagus. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Google Photos yang sudah terpasang di android kamu
  • Upload foto dengan memilih menu upload foto
  • Pilihlah foto atau video yang ingin kamu jadikan bahan GIF
  • Kamu klik tombol plus +
  • Akan muncul beberapa menu di berandanya
  • Kamu pilih saja tulisan animaton
  • Maka secara otomatis aplikasi Google Photos akan segera memprosesnya
  • Setelah proses selesai, kamu tinggal menikmati hasil dari proses tersebut

Dengan Menggunakan Aplikasi GIF Maker

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi GIF Maker. Aplikasi ini tentu merupakan aplikasi ketiga sehingga kamu harus mendownloadnya terlebih dulu agar aplikasi bisa kamu gunakan untuk membuat GIF.

Aplikasi ini dilengkapi fitur pembuatan GIF dari beberapa potongan video. Nah kamu bisa mencari potongan video yang bisa kamu jadikan GIF. Seperti mengambil di film dan sebagainya. Untuk lebih detailnya, simak cara membuat gif berikut ini:

  • Cari potongan video yang akan digunakan untuk GIF di internet
  • Unduh dan pasang aplikasi maker ini
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih video to GIF
  • Pilih file video yang sudah kamu simpan di galeri
  • Potong video tersebut apabila belum kamu potong
  • Modifikasi dan atur resolusi GIF sesuka kamu
  • Save dan proses akan berjalan
  • Selesai

Cara membuat GIF di zaman yang serba bisa ini tentunya sangat mudah. Beberapa perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan aplikasinya yang sudah dilengkapi dengan fitur GIF ini. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot menggunakan komputer atau laptop.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.