Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Google Drive Dengan Mudah

Cara Membuat Google Drive

Aplikasi android yang sering kali meminta update membuat penyimpanan internal penuh, sehingga penyimpanan internal yang sudah penuh tidak bisa digunakan untuk membuka aplikasi-aplikasi tersebut.

Banyak alternatif agar penyimpanan internal tidak penuh, salah satunya dengan memindah data-data ke penyimpanan lain seperti Google Drive. Lalu bagaimana cara membuat Google Drive?

Google drive sudah tersedia di semua hp android yang kamu beli, sehingga untuk membuatnya sangat mudah. Selain itu, berbagai manfaat dari Google Drive bisa kamu rasakan setelah berhasil membuat dan menggunakannya.

Meskipun Google Drive memiliki fungsi utama untuk menyimpan, akan tetapi Google Drive memiliki fitur lain yang bisa kamu gunakan untuk berbagi data dan aplikasi secara Online.

Pengertian Google Drive

Google Drive merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan file, aplikasi, dan dokumen secara gratis dari Google.

Sistem kerja Google Drive sama seperti kartu SD atau perangkat penyimpanan lain. Hanya saja, ketika kamu ingin menggunakan Google Drive, kamu harus terhubung dengan koneksi internet karena Google Drive hanya bisa digunakan secara online saja.

Kapasitas Google Drive

Banyak sekali orang-orang bertanya, berapa besar kapasitas dari Google Drive? Apakah memang Google Drive memiliki kapasitas tak terhingga? Tentu pikiran itu salah karena Google Drive juga memiliki batas untuk kapasitas penyimpanannya.

Jika kamu menggunakan Google Drive biasa atau versi gratis, kamu hanya mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 Giga saja.

Akan tetapi apabila kamu hendak menambah kapasitas penyimpanannya, kamu bisa mengupgrade ke Google One. Secara otomatis kapasitas penyimpanan yang akan kamu dapatkan akan bertambah menjadi lebih besar.

Dengan demikian, kamu bisa menyimpan data-data berupa file, foto, dokumen, dan yang lainnya tanpa perlu khawatir. Berikut ini harga Google One saat ini buat kamu yang penasaran:

  • Dengan Kapasitas 100GB kamu akan mendapatkan harga IDR 26,900/bulan atau IDR 269,000/tahun.
  • Dengan Kapasitas 200 GB kamu akan mendapatkan harga: IDR 43,000/bulan atau IDR 430,000/tahun.
  • Dengan kapasitas 2TB kamu akan mendapatkan harga: IDR 135,000/bulan atau IDR 1,350,000/tahun.

Berbagai pilihan harga tersebut sudah sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang akan kamu dapatkan. Kamu bisa memilih seberapa besar penyimpanan yang kamu butuh kan untuk membantumu mengurangi kapasitas penyimpanan internal.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Drive

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun Google Drive tampak sempurna dalam berperan menjadi alternatif penyimpanan secara Online, namun tanpa kamu ketahui banyak kekurangan di dalamnya.

Nah tidak adil apabila kelebihan dan kekurangan tidak kamu ketahui saat hendak menggunakan Google Drive ini. Kelebihan Google Drive hadir untuk bisa kamu nikmati dengan baik, sedangkan kekurangannya untuk menjadi patokan apa saja yang perlu kamu hindari.

Dengan begitu kamu bisa menggunakan Google Drive dengan nyaman. Nah berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Google Drive yang bisa kamu pelajari:

Kelebihan Google Drive

Tentu saja kamu sudah mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Google Drive, salah satunya yang menjadi fungsi utama dari aplikasi ini yakni menyimpan beberapa data secara Online.

Sebenarnya masih ada banyak lagi kelebihannya dan berikut ini kelebihan dari Google Drive yang lebih lengkap dan detail, di antaranya:

  • Dengan Google Drive biasa kamu bisa menyimpan data secara gratis dan hanya dengan menggunakan Google saja. Selain itu kamu juga bisa mendapat kapasitas penyimpanan hingga 15 GB.
  • Data seperti file, dokumen, dan foto penting dijamin keamanannya oleh Google. Nah untuk bisa menjamin lebih aman lagi, kamu perlu menggunakan keamanan berlapis pada akun Google. Seperti memberikan kode autentik ketika seseorang hendak masuk atau alternatif keamanan lain.
  • Kapasitas yang diberikan sebesar 15 GB dapat membantumu mengurangi beban dari penyimpanan internal. Sehingga memori internal hp android kamu tidak penuh. Hebatnya lagi jika kamu masih kurang dengan ukuran sebesar itu, kamu bisa mengupgrade dengan harga murah dan terjangkau oleh kantong.
  • Google Drive menyediakan slot dan folder-folder sehingga penyimpanan kamu akan tampak rapi ketika dilihat. Selain itu kamu juga bisa mudah mencari file-file kamu karena adanya beberapa folder yang sudah disediakan tersebut.
  • Di Google Drive ini kamu bisa menyimpan file dengan berbagai jenis format. Kamu bisa menyimpan file berformat, pdf, Zip, rar, video, foto dan lain-lain yang sekiranya kamu anggap penting.
  • Kamu juga bisa mengunduh atau mengedit langsung file yang ada di Google Drive. Dengan fitur ini kamu juga bisa berbagi dengan teman atau orang lain yang sekiranya aman untuk semua file-file dan data kamu.

Kekurangan Google Drive

Setelah mengetahui kelebihan dari Google Drive yang begitu banyak ini, kamu juga harus mengetahui beberapa kekurangan yang bisa kamu jadikan antisipasi ketika hendak menggunakan Google Drive ini.

Apakah kamu tahu beberapa kekurangan dari Google Drive yang sekilas tampak sempurna dan tanpa celah ini? Jika belum mari simak beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Google Drive, di antaranya:

  • Kapasitas dari Google Drive free atau gratis hanya 15 GB saja. Sehingga kamu tidak bisa sepenuhnya mengalihkan data-data berupa file, foto, dokumen, atau video dari penyimpanan Internal ke Google Drive.
  • Kamu harus berlangganan dan membayar setiap bulan apabila kamu ingin memperbesar kapasitas penyimpanan di Google Drive kamu. Meskipun mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, kamu juga diminta untuk membayarnya setiap bulan. Hal itu dapat membuat ekonomi kamu membengkak.
  • Kamu harus terhubung dengan koneksi internet yang stabil apabila ingin menggunakan Google Drive dalam skala waktu yang panjang.
  • Ketika hendak mendownload atau mengunduh file yang ada di Google Drive, kamu perlu melalukan langkah verifikasi dan kadang ada beberapa file yang sudah tidak tersedia. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, internet yang tidak stabil atau memang file tersebut sudah dihapus oleh pemiliknya.
  • Selain itu fitur bakcup dan sinkronisasi di komputer kurang optimal sehingga kadang tidak bisa digunakan untuk mengalihkan data yang tersimpan.

Cara Membuat Google Drive

Tentu saja kamu sudah tidak sabar ingin membuat Google Drive karena mungkin penyimpanan kamu penuh. Cara membuat Google Drive tergolong sangat mudah, karena kamu bisa melakukannya sembari rebahan.

Selain itu untuk cara membuat google drive, kamu tidak perlu perangkat canggih seperti komputer atau laptop. Hanya dengan android kamu yang ada di genggaman kamu bisa membuat Google Drive.

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat Google Drive, sehingga kamu tidak harus menanggung rasa pusing di kepala akibat penyimpanan internal yang selalu penuh ini. Mari kita simak, cara membuat Google Drive berikut ini:

  • Buka menu setting di android kamu
  • Scroll ke bawah dan pilih menu akun dan sinkronisasi
  • Klik tambah akun
  • Setelah muncul beberapa menu, pilih akun Google
  • Buatlah email akun Google sesuai yang kamu inginkan
  • Lalu sinkronkan setelah kamu berhasil membuatnya

Ketika kamu sudah berhasil memastikan kalau email tersebut berhasil kamu buat, kamu tinggal melakukan langkah finishing agar kamu bisa menggunakan Google Drive secepatnya. Berikut langkah-langkah finishing tersebut:

  • Buka aplikasi Google Drive
  • Jika belum kamu tinggal mendownload-nya di Play Store
  • Langsung saja pilih email yang buat dan saat itu juga kamu bisa memindah file-file kamu ke dalam Google Drive yang menggunakan akun email kamu tadi.

Kemudahan yang diberikan Google dalam cara membuat Google Drive seharusnya bisa kamu manfaatkan dengan baik. Sehingga kamu bisa menjadikan Google Drive sebagai alternatif penyimpanan apabila penyimpanan internal kamu penuh.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.