Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Grafik Di Microsoft Word

Cara Membuat Grafik

Grafik merupakan sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan trafik atau informasi melalui beberapa bentuk, Seperti garis, lingkaran dan sebagainya.

Grafik biasanya digunakan perusahaan untuk mengetahui sejauh mana perjalanan usahanya, apakah naik atau turun trafiknya.

Nah apakah kamu tahu cara membuat grafik? Agar ketika atasanmu memintamu membuatkan grafik, kamu akan siap. Grafik bisa dibuat di berbagai aplikasi.

Namun aplikasi yang paling mudah digunakan adalah Microsoft Word, dengan menggunakan Word kamu tidak terlalu dipusingkan dengan banyaknya garis seperti yang ada di Excel.

Andai kata suatu waktu, kamu diminta untuk membuat grafik, lebih baik buatlah grafik tersebut menggunakan Word. Selain memudahkan, kamu bisa memangkas waktu yang sia-sia.

Apa Itu Grafik ?

Grafik sebenarnya adalah alternatif yang biasa digunakan untuk memberikan informasi. Beberapa laporan berubah teks maupun angka dapat diubah menjadi lebih simpel sekaligus detail dengan grafik ini.

Sehingga orang-orang akan dengan mudah menganalisis dan grafik sendiri tidak terlalu memakan tempat. Alternatif ini sering digunakan untuk mengukur kesuksesan atau kemajuan sebuah instansi.

Jenis-Jenis Grafik

Tentu saja grafik tidak hanya ditunjukkan oleh sebuah garis, ada beberapa jenis grafik yang harus kamu ketahui sebelum membuat grafik tersebut di Microsoft Word.

Nah dengan begitu kamu bisa menentukan, grafik mana yang akan kamu gunakan untuk merangkum semua data informasi atau laporan menjadi satu grafik.

Berikut ini beberapa jenis grafik yang sering digunakan oleh orang-orang untuk merangkum sebuah informasi atau laporan menjadi satu-kesatuan yang utuh agar bisa di analisa dengan cepat:

1. Grafik Kolom

Grafik jenis ini menggunakan batang vertikal untuk menyampaikan data. Grafik ini dapat digunakan untuk berbagai jenis data, namun grafik ini biasanya sering digunakan untuk membandingkan beberapa data di dalam sebuah informasi.

2. Grafik Garis

Grafik jenis ini berguna untuk menampilkan tren. Titik -titik data saling terhubung dengan garis. Hal tersebut dapat memudahkan pembaca untuk melihat apakah tren sebuah atau beberapa data cenderung meningkat atau menurun dari waktu ke waktu.

3. Diagram Pie

Seperti namanya, grafik jenis ini terdiri dari potongan sebuah lingkaran yang diibaratkan seperti potongan pie. Grafik ini dapat mempermudah pembaca ketika membandingkan proporsi, di mana setiap nilai ditampilkan sebagai sepotong kue.

Sehingga pembaca bisa dengan mudah untuk melihat nilai-nilai yang membentuk persentase jumlah keseluruhannya pada satu gambar.

4. Grafik Batang

Grafik ini mirip seperti grafik kolom. Yang membedakan adalah grafik ini menggunakan batang horizontal, bukan vertikal.

5. Grafik Area

Grafik ini menyerupai grafik garis, namun terdapat daerah terisi yang ada di bawah garis tersebut.

6. Grafik Permukaan

Dengan grafik ini, kamu dimungkinkan untuk menampilkan data pada tampilan 3D (3 dimensi). Grafik ini cocok digunakan untuk sebuah data yang besar dan banyak, yang memungkinkan kamu untuk merepresentasikan berbagai informasi pada saat yang sama.

Cara Membaca Grafik

Selain jenis grafik, kamu juga perlu memahami cara membaca grafik. Grafik sendiri mengandung beberapa unsur atau bagian, yang dapat membantu kamu untuk menginterpretasikan data yang disampaikan di dalam grafik. Berikut adalah bagian-bagian yang berbeda dari grafik, yaitu:

  • Vertikal Axis (Sumbu vertikal, juga dikenal sebagai sumbu y): adalah bagian vertikal dari sebuah grafik. Sumbu vertikal mengukur nilai dari kolom.
  • Chart Title (Judul grafik): Judul ini harus menggambarkan apa sih data yang disampaikan pada grafik secara jelas.
  • Horizontal Axis (Sumbu horizontal, juga dikenal sebagai sumbu x): adalah bagian horizontal dari sebuah grafik. Biasanya, sumbu horizontal mengidentifikasi kategori pada informasi yang disampaikan dalam grafik.
  • Data Series: Seri data ini terdiri dari titik-titik data yang terkait di dalam sebuah grafik.
  • Legend (Legenda:) Fungsinya untuk mengidentifikasi setiap seri data yang mewakili masing-masing warna atau bentuk dari sebuah grafik.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Grafik Di Microsoft Word

Setelah kamu mengetahui beberapa hal tentang grafik. Kamu perlu mengetahui juga kelebihan dan kekurangan membuat grafik di Microsoft Word.

Hal ini disampaikan karena tidak adil apabila hanya kelebihan saja yang disampaikan sehingga kamu tidak mengetahui beberapa kekurangannya.

Hal ini tidak lain tidak bukan hanya karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa mengetahui kekurangan untuk menutupinya.

Bukan berarti ketika sudah mengetahui kekurangannya, kamu pergi meninggalkan Word begitu saja tanpa rasa tanggung jawab dan berikut kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan

Membuat grafik di Word tentunya memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan ketika membuatnya nanti. Dengan begitu kamu bisa membandingkan mana yang lebih enak antara memakai Word atau memakai aplikasi lain. Untuk berikut beberapa kelebihan membuat grafik di Microsoft Word:

  • Cara membuatnya mudah
  • Tidak banyak garis sehingga ketika membuatnya akan terasa ringan.
  • Hasil print grafik dari Word lebih bagus ketimbang dari aplikasi lain.

2. Kekurangan

Di samping kelebihannya yang membuat kamu percaya, ada kekurangan yang bisa kamu jadikan patokan dan bisa kamu hindari apabila itu merugikanmu.

Menghindari beberapa kekurangannya saja. Sehingga kamu bisa membuat grafik dengan Word. Berikut ini beberapa kekurangan membuat grafik di Microsoft Word:

  • Tidak ada garis-garis seperti Excel, sehingga harus memosisikan dengan tepat
  • Untuk Word 2016, kamu akan dialihkan secara otomatis ke Microsoft Excel karena Word fokus digunakan untuk tugas-tugas teks saja.
  • Di Microsoft Word menginput datanya dilakukan secara manual, sehingga akan memakan waktu yang lebih lama ketimbang menggunakan Excel yang memiliki beberapa rumus untuk mempersingkat waktu.

Cara Membuat Grafik Di Microsoft Word

Ketika kamu sudah mengetahui banyak hal tentang grafik, kini saatnya kamu wajib mengetahui cara membuat grafik di Microsoft Word.

Dengan mengetahui ini ketika atasan, keluarga, atau anak kamu sendiri meminta bantuan membuatkan grafik, kamu bisa membuatkan grafik tersebut untuk mereka.

Ada beberapa cara yang bisa kamu pelajari dan kamu terapkan untuk menghasilkan grafik yang menarik dan akurat. Karena di sini kamu bukan hanya diminta untuk menampilkan bentuk grafikmu tetapi juga tingkat keakuratan grafik tersebut membaca informasi atau data-data.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan, mana grafik yang cocok untuk data ini dan mana grafik yang tidak cocok untuk grafik lainnya.

Karena bentuk grafik mempengaruhi juga besaran data yang akan di input menjadi satu. Nah berikut ini cara Membuat Grafik di Microsoft Word, di antaranya:

  • Tempatkan kursor teks di sudut dokumen yang mana kamu ingin munculkan grafik. Tidak tahu kursor teks? Itu loh garis yang kedip-kedip di dokumen Word kamu.
  • Arahkan kursor mouse ke tab “Insert“, kemudian klik “Chart” pada kelompok “Illustrations”
  • Sebuah kotak dialog berisikan jenis-jenis grafik akan muncul. Pilih jenis grafik dari panel kiri, lalu pilih model grafik di sebelah kanan. kamu akan menemukan beberapa pilihan grafik yang bisa kamu pilih.
  • Pilih grafik yang kamu inginkan, lalu klik OK.
  • Dengan cara yang mudah tersebut kamu sudah bisa menggunakan grafik yang ada tanpa ribet.

Cara membuat Grafik di Microsoft Word ini tergolong mudah, karena tidak ada garis-garis yang membingungkan penggunanya dalam membuat grafik.

Buat kamu yang sudah mengerti, tentu akan senang hati memasukkan grafik dalam laporan yang akan diberikan. Jadi, sedikitnya artikel ini dapat membantu kamu yang ingin tahu cara membuat grafik. Selamat mencoba!!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.