Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Panduan Cara Membuat Histogram Di Excel Dengan Mudah

Cara Membuat Histogram Di Excel

Jika anda ingin menentukan dan melihat aspek-aspek skor pada persentase tertentu maka anda bisa mengukurnya dengan cara membuat histogram di excel.

Dengan menggunakan histogram maka kita bisa melihat dengan jelas siapa yang memiliki persentase tertinggi dan siapa yang memiliki persentase terendah.

Namun, tahukah kamu bagaimana cara membuat histogram di excel ? Jika belum kalian tidak perlu khawatir, karna kali ini kita akan membahas cara membuat Histogram di excel.

Apa Itu Histogram?

Histogram merupakan grafik yang berasal dari dispersi dan variasi suatu data. Dalam histogram akan menampilkan frekuensi dari sebuah data yang di entri.

Dan tahukah anda bahwa ternyata histogram ini telah digunakan sejak lama dalam ilmu statistik. Kata histogram di ambil dari kata yunani yakni histos dan gramma yang pertama kali di gunakan oleh Karl Pearson pada tahun 1895.

Apa Manfaat Histogram?

Sebelum kita membahas cara membuat histogram di excel, sebaiknya kita mengetahui dulu manfaat dari histogram itu sendiri.

Histogram sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui sebuah distribusi atau penyebaran dari sebuah data.

Nah dengan mengetahui sebaran data  dari histogram akan sangat membantu sekali untuk memperoleh informasi, menganalisis serta mengambil tindakan atas kesimpulan dari data yang di dapat dari histogram tersebut. Histogram dapat di manfaatkan untuk:

  1. Untuk menentukan apakah sebuah proses berjalan sesuai rencana atau tidak
  2. Mendapatkan informasi mengenai ferformance  dari sebuah data
  3. Untuk menguji dan mengevaluasi sejauh mana proses berjalan apakah butuh perbaikan atau tidak
  4. Untuk mengukur dan meningkatkan sebuah proses

Bagaimana Cara Membuat Histogram?

Cara membuat histogram di excel sangatlah mudah, anda bisa menggunakan microsoft excel untuk membuat histogram.

Jika anda belum tahu bagaimana cara membuat histogram di excel maka anda bisa mengikuti seperti pada langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi ms excel dari laptop atau komputer anda
  2. Pastikan bahwa Ms excel yang anda gunakan sudah ter-Install analisis toolpak
  3. Masukkan data-data yang akan anda buat histogramnya kedalam lembar kerja exel tersebut
  4. Setelah itu tentukan jumlah kelas dan rentang kelasnya sesuai dengan yang anda inginkan, kemudian masukan di samping data yang anda entri sebelumnya
  5. Klik rab data> klik data analysis
  6. Lalu pilih histogram
  7. Klik oke
  8. Pada bagian input range silahkan anda seleksi rentang data yang di inginkan
  9. Pada bagian bin range silahkan seleksi rentang kelas yang sudah dibuat
  10. Lalu klik output range kemudian letakkan pada bagian lembar kerja excel untuk drafik data frekuensi dan posisi grafik histogram nya
  11. Kemudian centang chart output nya
  12. Lalu klik oke
  13. Histogram dan tabel distribusi yang anda buat buat tadi akan tampil pada halaman kerja excel anda
  14. Tabel histogram sebenarnya sudah jadi sampai pada langkah ini, namun agar tabel tersebut mudah dimengerti oleh para pembaca nya maka silahkan anda edit tabel histogram nya tersebut seperti:
  • Untuk menghilangkan legend frequency silahkan anda klik legend nya, untuk menghilangkan nya silahkan klik kanan lalu klik delete
  • Kemudian buat label kelasnya agar mudah membacanya
  • Hilangkan spasi antara grafik batangnya

Sampai disini cara membuat histogram di excel sudah selesai. Anda bisa melihat histogram dengan tabel nya secara lengkap.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.