Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Hotspot Di Laptop

Cara Membuat Hotspot Di Laptop

Hotspot merupakan sesuatu yang kerap dicari-cari untuk mengakses koneksi internet, hotspot biasanya tersedia di beberapa jenis HP.

Meskipun hanya HP saja yang terkenal memiliki fitur hotspot ini, tetapi perangkat lain seperti komputer dan laptop juga bisa digunakan untuk hotspot ini.

Kamu pasti belum tahu cara membuat hotspot di laptop? Padahal fungsinya juga sama seperti hotspot lainnya.

Hotspot sering digunakan untuk berbagi koneksi internet, akan tetapi akhir-akhir ini hotspot juga beralih fungsi.

Selain digunakan untuk berbagi koneksi internet, hotspot juga bisa digunakan untuk berbagi file, video, foto dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi yang berfungsi untuk berbagi data seperti Share it, memerlukan hotspot sebagai alat menyambungkan antara HP satu dengan Hp lainnya atau yang lain.

Pengertian Hotspot

Hotspot merupakan sebuah jaringan yang diperuntukkan untuk satu area saja, di mana hotspot ada agar berbagai perangkat dapat terhubung dan bisa mengakses internet tanpa harus menggunakan kabel.

Hotspot kini menjelma sebagai harta karun bagi pengguna smartphone. Biasanya di berbagai tempat seperti sebuah restoran diberi hotspot. Hal itu bertujuan agar bisa menarik perhatian pembeli.

Jenis-Jenis Hotspot

Sebelum beranjak ke pembahasan inti yakni cara membuat hostpot di laptop, alangkah baiknya kamu juga mengetahui berbagai jenis hotspot yang sering kamu jumpai.

Meskipun kamu sudah berkali-kali berjumpa dengan hotspot, kamu pastinya belum mengetahui jenis apa saja dari hotspot yang pernah kamu jumpai tersebut.

Karena sudah tentu kamu tidak ingin memikirkan jenis apa hotspot tersebut ketika hendak menggunakannya.

Selain kelamaan dan bisa memakan waktu, memikirkan jenis-jenis hotspot merupakan hal yang sia-sia. Padahal di tempat itu kamu tidak memiliki waktu yang lama. Nah untuk itu berikut ini beberapa jenis hotspot yang mungkin ingin kamu ketahui:

1. Hotspot Gratis

Jenis pertama yang tidak wajib kamu ketahui ini adalah jenis hotspot gratis, dari namanya saja tentu kamu bisa mengetahui kalau hotspot ini bisa diakses secara gratis.

Tentu saja anggapan kamu tersebut tidak salah dan seratus persen benar. Hotspot gratis merupakan jenis hotspot yang terdapat di suatu tempat dan dapat diakses secara gratis tanpa harus membayarnya.

Kamu bisa mengakses internet tanpa harus membayar lagi seperti membeli kuota. Biasanya hotspot ini disediakan sebagai fasilitas tambahan yang diberikan oleh hotel, restoran, taman bermain, tempat pelayanan publik, kedai kopi dan kafe.

Beragam cara agar bisa mengakses internet di hotspot gratis ini, salah satunya dengan meminta password pada pelayan di mana kamu duduk di dalamnya.

2. Hotspot Berbayar

Jenis hotspot selanjutnya merupakan hotspot berbayar. Untuk yang satu ini memiliki fungsi yang sama yaitu menyediakan koneksi internet yang bisa diakses oleh orang-orang namun dengan syarat harus membayar atau membeli kodenya.

Biasanya hotspot ini sering dipasang di tempat WIFI milik telkom. Telkom memang menyediakan tempat WIFI buat mereka yang membutuhkannya.

Hanya saja mereka harus membayar untuk membeli voucher yang berisikan kode atau password agar orang tersebut bisa mengakses internet.

Selain itu, hotspot ini disediakan oleh tempat-tempat seperti restoran atau kafe akan tetapi harus membayar biaya tambahan agar bisa mengakses internet menggunakan hotspot yang disediakan.

3. Hotspot Rumahan

Jika kamu sering melihat beberapa rumah memiliki WIFI sendiri, kamu secara tidak langsung sudah mengetahui jenis hotspot rumahan.

Hotspot ketiga ini biasanya disediakan oleh beberapa perusahaan yang bergerak di bidang WIFI rumahan. Salah satunya Speedy atau telkom.

Berbagai layanan dan paket internet juga tersedia di dalamnya, kamu tinggal memilih paket WIFI yang ada.

Biasanya harga ditentukan dengan kapasitas kecepatan yang diberikan oleh layanan tersebut. Semakin mahal harga yang dibayar, semakin besar pula kecepatan internet yang didapat oleh para pelanggan.

Kelebihan Dan Kekurangan Hotspot

Berbagai informasi tentang hotspot kini sudah banyak kamu ketahui. Namun di sisi lain, kamu juga perlu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan Hotspot.

Kelebihan Hotspot bisa kamu nikmati ketika kamu menggunakannya. Selain itu kamu juga bisa menikmati fitur lainnya.

Sedangkan untuk kekurangan dari Hotspot bisa kamu jadikan panduan agar kamu tidak mendapatkan dampak buruk karena melakukan apa yang menjadi kekurangan dari Hotspot tersebut.

Kedua hal tersebut juga bisa membuatmu menjadi pengguna bijak yang menggunakan Hotspot secara tidak berlebihan. Maka tidak perlu lagi berlama-lama, berikut ini kelebihan dan kekurangan Hotspot:

1. Kelebihan Hostpot

Berbagai kelebihan hotspot ini merupakan bonus buat kamu pengguna Hotspot. Selain bisa digunakan untuk mengakses internet, kamu bisa mengetahui kelebihan lainnya di bawah ini:

  1. Memberikan akses internet pada perangkat lain tanpa batas dan tanpa harus membayarnya. Dengan begini kamu dan teman-teman kamu bisa mengakses internet melalui hotspot ini. Sehingga kamu bisa berselancar di dunia maya tanpa harus menggunakan data seluler.
  2. Hotspot dapat diakses oleh beberapa perangkat. Setidaknya kamu bisa mengatur berapa perangkat yang bisa menggunakan hotspot tersebut. Karena inilah banyak anak-anak pecandu game online menghabiskan waktu liburnya dengan duduk dan mengerumuni hotspot layanan publik seperti kelurahan, kecamatan, dan tempat layanan publik lainnya.
  3. Memudahkan seseorang dalam mengirim file. Baik file berupa foto, dokumen, atau video dengan menggunakan aplikasi berbagi file seperti Share it dan sejenisnya. Karena berbagai aplikasi sekarang mengandalkan hotspot dan WIFI untuk pengoperasiannya.
  4. Hotspot juga bisa digunakan untuk mengecas HP melalui power bank yang dilengkapi dengan fitur Wireless. Kamu bisa mengecas HP menggunakan power bank Wirelass dengan cara mengaktifkan hotspot.

2. Kekurangan Hostpot

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki oleh hotspot. Berikut ini beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara tidak melalukan yang membuat kekurangan itu muncul. Nah berikut kekurangan-kekurangan tersebut:

  1. Hotspot tidak bisa digunakan dengan jarak yang jauh. Sehingga kamu tidak bisa sembarangan mengakses internet melalui hotspot ini. Kamu hanya bisa menikmati layanan hotspot ketika berada pada jarak yang sudah digunakan.
  2. Karena bisa digunakan oleh banyak perangkat, sinyal internet Hotspot kadang tidak stabil dan malah sering ada gangguan atau eror. Hal ini wajar karena internet dipakai oleh beberapa orang yang ada di sana.
  3. Sulit sekali disambungkan apabila beberapa perangkat sudah memakainya. Padahal masih ada slot untuk beberapa perangkat lagi.

Cara Membuat Hotspot Di Laptop

Sebagai pengguna laptop tentu kamu penasaran apakah bisa laptop dapat digunakan untuk hotspot layaknya hp atau modem WIFI lainnya?

Tentu saja rasa penasaran kamu ini akan dijawab dengan berbagai cara membuat hotspot di laptop tanpa memerlukan aplikasi lain.

Dengan demikian kamu bisa menggunakan Hotspot layaknya HP android atau HP Iphone. Nah berikut caranya:

  • Buka CMD atau Command Prompt yang sudah ada di Laptop kamu dengan mengetik CMD di pencarian windows
  • Tuliskan perintah ini netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama WIFIKita key=PasswordWIFIKita
  • Kamu bisa ganti SSID dan juga Password tersebut sesuai dengan keinginan kamu lalu tekan enter hingga muncul tulisan hoster network started
  • Setelahnya kamu bisa membuka control panel > network and sharing center > network connection.
  • Lalu ikuti perintah selanjutnya, maka secara otomatis kamu bisa membuat hotspot di Laptop

Cara membuat hotspot di laptop ini bisa kamu gunakan untuk berbagi file melalui aplikasi Share it atau bisa kamu gunakan untuk memberi layanan internet pada perangkat lain seperti HP android kamu atau HP Iphone kamu.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.