Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Kartu Kuning Online, Ini Panduan Lengkapnya!

Cara Membuat Kartu Kuning Online

Cara membuat kartu kuning online merupakan salah satu terobosan terbaru yang sangat bermanfaat. Di mana kartu ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat utamanya adalah para pencari kerja.

Sulit nya membuat kartu kuning menjadi salah satu kendala bagi para pencari kerja sementara pihak perusahaan mewajibkan calon karyawan nya memiliki kartu kuning.

Nah dengan adanya kartu kuning online para pencari kerja bisa bernafas dengan lega, karena tidak perlu berdesakkan untuk membuat secara offline.

Apa Itu Kartu Kuning?

Kartu kuning merupakan dokumen atau berkas yang dikeluarkan secara resmi oleh dinas ketenagakerjaan atau Disnaker. Saat ini kartu kuning lebih populer disebut dengan nama AK-1.

Kartu ini digunakan oleh pihak dinas ketenagakerjaan sebagai data para pencar kerja, yang kemudian kartu ini digunakan oleh para pencari kerja sebagai dokumen resmi ijin mencari kerja.

Kartu ini berbentuk dokumen biasa dengan isi di dalamnya berupa data pencari kerja lengkap dengan stempel dan maksud serta tujuan surat tersebut.

Apa Fungsi Kartu Dan Kegunaan Kartu Kuning?

Bagi dinas ketenagakerjaan sendiri kartu kuning ini berfungsi untuk melakukan pendataan pada setiap kabupaten atau kota tertentu.

Sementara untuk para pencari kerja kartu kuning ini berfungsi sebagai salah satu syarat mencari kerja, beberapa fungsi kartu kuning lainnya adalah:

  1. Persyaratan melamar sebagai CPNS
  2. Persyaratan melamar kerja ke pihak swasta
  3. Sebagai media penyaring data tenaga kerja

Lantas Bagaimana Cara Membuat Kartu Kuning Online?

Cara membuat kartu kuning online sebenarnya masih teramat baru sekali. Cara ini merupakan yang paling mudah, karena anda tidak perlu antri membuat kartu kuning ke dinas ketenagakerjaan. Caranya bisa anda ikuti seperti pada langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan anda kunjungi situs Disnaker di http://infokerja.naker.go.id/
  2. Klik daftar
  3. Silahkan anda masukkan alamat email, kata sandi dan nomor telepon anda setelah masuk ke halamannya anda akan dimintai untuk mengisi beberapa kolom seperti:
    • Data diri
    • Pekerjaan
    • Keterampilan
    • Pendidikan
    • Keahlian
  4. Kemudian silahkan masukkan juga foto anda, gunakan foto dengan background merah atau foto resmi
  5. Pada kolom data diri silahkan anda isi semua data diri dengan lengkap se lengkap-lengkapnya menggunakan data diri yang valid dan benar
  6. Pada kolom keterampilan dan keahlian silahkan anda isi sesuai dengan keahlian anda, sekedar saran saja masukkan keahlian anda yang memiliki sertifikat
  7. Pada bagian akhir masukkan juga data pendidikan terakhir anda
  8. Setelah semua selesai, klik simpan

Setelah anda selesai melakukan cara membuat kartu kuning online melalui situs nya Disnaker ini selanjutnya tinggal anda kunjungi kantor Disnaker untuk mengambil kartu kuning anda. cukup datangi saja customer servicenya dan sebutkan nama dan identitas anda.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.