Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Logo Di Photoshop

Cara Membuat Logo Di Photoshop

Bekerja di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan, membuat logo merupakan hal yang sering dilakukan. Karena logo adalah lambang identitas dari sebuah instansi.

Baik instansi pemerintahan maupun non pemerintahan, tidak terkecuali instansi pemerintah tingkat RT. Cara membuat logo di Photoshop perlu dikuasai apabila kamu adalah seorang sekretaris, mengapa Photoshop?

Photoshop memiliki berbagai macam kelebihan dalam hal membuat dan mendesain logo, fitur-fitur yang ada di aplikasi buatan Adobe Systems tersebut begitu canggih.

Sehingga tidak dimiliki oleh aplikasi lain yang serupa. Fitur tersebut membantu membuat logo dengan kerumitan sendiri-sendiri. Semakin canggih teknologi, maka logo yang diinginkan juga berkembang. Maka wajar akan lebih rumit.

Photoshop Dan Berbagai Kerumitan Pembuatan Logo

Logo sejak dulu sampai sekarang sudah dibuat oleh berbagai instansi, baik perusahaan, komunitas, hingga instansi pemerintahan. Tidak hanya itu, bahkan produk yang dihasilkan sekalipun juga memiliki logo sendiri.

Saking banyaknya logo yang dibuat, tentu akan semakin membuat orang ingin logo lain yang belum pernah dipakai oleh siapa pun dan oleh apa pun. Di sini lah kerumitan logo bermuncul.

Alasan Mengapa Logo Itu Penting

Dari fungsinya saja sudah jelas mengapa logo itu sangat penting. Ibarat tubuh, logo adalah wajah yang digunakan untuk momen pandangan pertama.

Tentu saja setiap orang akan selalu mengingat momen ketika dia berpandangan dengan seseorang pertama kali. Apalagi pandangan pertama dengan lawan jenis.

Tentu saja yang pertama kali diingat-ingat adalah wajah saat pandangan itu terjadi pertama kali, begitulah fungsi logo yang hampir mirip dengan wajah.

Karena dengan logo, kamu bisa mengenalkan beberapa produk, beberapa pelayanan, dan beberapa keunggulan dari perusahaan atau produk yang sedang kamu hasilkan.

Dengan logo, orang akan mengingat kalau produk yang hasilkan memiliki logo tersebut. Sehingga ketika di jalan mereka melihat logo dari produkmu, mereka akan langsung tahu.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini, beberapa alasan mengapa logo itu penting untuk sebuah produk atau yang lainnya:

1. Mengenalkan Identitas

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, bahwa logo merupakan identitas awal. Bagaimana orang akan mengenal itu sebuah produk dari salah satu perusahaan atau mengenal kalau itu sebuah layanan dari salah satu perusahaan jika tidak ada logo di sana.

Mereka akan sulit mengingat-ingat produk atau layanan yang perusahaan kamu berikan. Karena sulitnya mengingat-ingat, maka secara otomatis kamu dengan sengaja membuat produk kamu sendiri dilupakan orang.

Tentu tidak mungkin semua orang bisa mengingat produk kamu dari membaca namanya. Menurut beberapa penelitian, orang akan mudah mengingat sebuah gambar ketimbang sebuah tulisan.

Dari sinilah mengapa logo itu penting, beberapa orang akan mengingat dengan mudah apabila kamu memberikan logo pada produk yang perusahaan kamu hasilkan.

Dengan begitu, apabila mereka puas, sampai kapan pun mereka ingat dan menceritakannya turun-temurun sampai cucu, cicit, hingga buyutnya.

2. Memikat Pelanggan Baru

Logo yang menarik dan nyentrik akan membuat orang terpikat, apalagi logo itu memang sengaja dibuat untuk membuat orang penasaran serta menarik perhatiannya.

Logo-logo semacam itu memang memiliki kerumitannya sendiri ketika membuatnya, tetapi setelah dihasilkan dan diedarkan logo tersebut akan menjadi pemikat bagi pelanggan baru.

Orang-orang akan berbondong-bondong mendatangi produk kamu karena penasaran dengan logo dan apa makna dari logo tersebut.

Kamu akan semakin dicap berhasil ketika bisa menjadikan produk kamu jawaban dari beberapa logo unik yang kamu buat.

3. Membedakan Dengan Produk Milik Kompetitor

Logo dapat dikatakan hal yang vital bagi perusahaan. Karena apa, logo bisa membedakan antara produk yang perusahaan kamu hasilkan dengan produk yang dihasilkan oleh kompetitor perusahaan kamu.

Makanya berikan desain logo yang berbeda dan jauh berbeda dengan logo milik kompetitor. Sehingga orang-orang di luar sana bisa membedakan mana produk milik perusahaan kamu dan mana produk milik kompetitor kamu.

Karena kadang, orang-orang kesulitan membedakan sebuah produk karena logo antara produk perusahaan A dan produk perusahaan B nyaris sama.

Tak heran apabila sering terjadi salah penyebutan karena hal itu. Lucunya lagi, produk tersebut memiliki kegunaan yang sama.

Tips Membuat Logo

Sebelum menginjak caranya, kamu perlu mengetahui terlebih dulu beberapa tips membuat logo agar produk kamu tetap diminati oleh orang-orang atau justru malah menarik pelanggan baru sebanyak-banyak.

Memang cara membuat logo itu mudah, tetapi ada aturannya. Kamu tidak bisa membuat logo seenaknya, aturan yang bisa kamu jadikan tips ini bisa kamu terapkan ketika membuat logo.

Nah berikut beberapa tips membuat logo agar produk atau perusahaan kamu diminati oleh banyak orang, di antaranya:

  • Konsisten, sebagai pengusaha kamu perlu memiliki pendirian. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi usaha atau perusahaanmu. Seperti pembuatan logo. Kamu harus konsisten dengan logo yang kamu buat. Jangan berganti-ganti. Karena dengan berganti-ganti pelangganmu akan kebingungan.
  • Memiliki Ciri khas, buatlah logo yang memiliki ciri khas sehingga mudah diingat oleh orang-orang atau malah lebih bagus alangkah baiknya membuat logo yang mudah diingat dan dihafal seseorang di luar kepala. Misalnya lambang Mcdonald dan perusahaan lainnya yang memiliki ciri khas sendiri.
  • Logo yang Umum, meskipun logo yang bagus adalah logo yang menarik. Setidaknya kamu tidak membuat logo yang absurd atau abstrak seperti lukisan para pelukis-pelukis. Karena lukisan tersebut tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Hanya pelukis dan orang-orang yang suka lukisan saja yang mengetahui. Jangan membuat logo semacam itu.

Cara Membuat Logo Di Photoshop

Sesudah mengetahui alasan dan tips membuat logo, kini saatnya kamu mempelajari cara membuat logo di Photoshop.

Karena langkah awal ketika hendak membangun usaha adalah dengan menentukan dan membuat logo agar usaha atau perusahaan kamu mempunyai identitas.

Dengan memiliki identitas, tentunya perusahaan kamu akan dikenali banyak orang. Berangkat dari situ lama-kelamaan perusahaan kamu memiliki banyak pelanggan. Nah berikut ini cara membuatnya:

  • Pastikan aplikasi Photoshop sudah terpasang di komputer atau laptop kamu
  • Buka aplikasi Photoshop seperti biasa
  • Kamu bisa memulai dengan membuat dokumen baru
  • Kamu bisa menggunakan kanvas persegi ukuran 1000×1000 piksel
  • Ukuran tersebut dapat berubah-ubah ketika proses pembuatan logo berlangsung
  • Setelah itu, kamu pilih ikon view>New Guide
  • Buat bentuk dasar
  • Warnai bentuk tersebut
  • Dan kreasikan logo sesuai dengan rencana kamu
  • Berikan tulisan untuk nama perusahaan atau produk kamu
  • Setelah selesai, kamu tinggal save dan logo tersebut sudah jadi

Dengan adanya sebuah logo, produk atau perusahaan akan dikenal dan diingat-ingat oleh banyak orang. Maka sebagai pengusaha, kamu harus memiliki desainer yang bisa membuat logo untuk perusahaan kamu atau produk yang sedang diproduksi oleh perusahaan kamu.

Desainer tersebut harus menguasai cara membuat logo di Photoshop agar logo yang dihasilkan unik dan nyentrik. Karena aplikasi Photoshop sendiri memiliki fitur canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi editing lain. Selain itu, pengoperasiannya juga sangat mudah sehingga bisa menghasilkan logo banyak dalam satu waktu.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.