Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda

Dalam sebuah karya tulis, nomor halaman sering menjadi perhatian khusus. Kenapa? Karena nomor halaman merupakan penunjuk yang sangat diperlukan dalam karya tulis itu sendiri.

Tanpa halaman, kita akan kesulitan ketika proses penyusunannya nanti. Untuk itu, cara membuat nomor halaman berbeda di word perlu diketahui.

Nomor halaman juga bisa membuat karya tulis tersusun rapi dan tidak meloncat-loncat dan terkadang tugas-tugas yang diberikan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.

Sehingga tidak jarang, mereka akan mengerjakan mana dulu yang lebih dulu. Nah apabila proses pengerjaan ini tidak diimbangi dengan pemberian nomor halaman, maka ketika menyusun tugas itu menjadi akan mengalami kesulitan.

Adanya nomor halaman biasanya dimulai dari proses pengetikan. Maka sebaiknya ketika mengetik, kamu diminta untuk tidak lupa memberi nomor halaman.

Urutan nomor halaman bisa disesuaikan secara otomatis dan cepat. Sehingga tidak ada alasan untuk semua orang yang sudah terbiasa mengetik, kesulitan memberi nomor halaman. Meskipun sepele, itu bisa menjadi hal fatal ke depannya.

Manfaat Nomor Halaman

Banyak sekali manfaat dari nomor halaman apabila kamu mendalaminya secara serius. Karena meskipun tampak sepele, nomor halaman memiliki peranan penting dalam pembuatan sebuah karya tulis. Baik karya tulis ilmiah maupun karya tulis non ilmiah.

Lalu apa saja sih karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah itu? Mengapa nomor halaman memiliki peran penting dalam pembuatan karya itu.

Karya ilmiah terdiri karya non fiksi, makalah, skripsi, dan tugas lain yang memiliki data secara fakta. Sedangkan karya non ilmiah merupakan karya yang terdiri dari beberapa karya fiksi seperti novel, cerpen, puisi serta yang lainnya.

Karya non ilmiah biasanya bersumber dari data fiktif atau karangan belaka, sehingga tidak dapat disebut dengan karya ilmiah. Nah selain itu, ada beberapa manfaat nomor halaman yang menjadikannya memiliki peran penting dalam sebuah karya tulis.

Karena ibarat tubuh, nomor halaman adalah kulitnya. Tanpa kulit, tubuh akan tampak seperti kerangka saja. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini manfaat dari nomor halaman:

1. Membantu Pembaca Menemukan Letak Bacaan

Sebagai pembaca, nomor halaman yang tercantum pada buku sangatlah penting. Karena selain digunakan untuk petunjuk letak bacaannya, nomor halaman bisa menjadi tanda apabila buku sudah ditutup.

Misalnya pembaca sudah lelah ketika membaca sebuah buku, maka tentu yang mereka lakukan adalah menutup buku dan halaman berapa terakhir dia membaca. Agar nanti ketika melanjutkannya, pembaca tidak kebingungan mencari letak bacaan terakhirnya.

2. Membenarkan Sebuah Argumen

Saat ini banyak sekali orang-orang yang sering berargumen. Tentu saja mereka tidak ingin berargumen hanya berdasarkan omong kosong.

Dengan begitu, mereka kerap membenarkan argumennya dengan cara menyebut halaman buku, seolah-olah mereka berargumen berdasarkan fakta dan ilmu yang ada. Sehingga tidak dianggap hanya omong kosong saja.

3. Memudahkan Penyusunan

Nomor halaman juga bisa digunakan untuk memudahkan penyusunan buku. Karena proses cetak tidak selamanya otomatis urut dari halaman satu ke halaman berikutnya. Dengan adanya nomor halaman, tentu penyusun buku atau karya tulis akan dimudahkan.

Selain itu, susunan buku yang sedang disusun akan sangat rapi. Sehingga buku enak dibaca dan tidak mendapatkan kritikan dari berbagai kalangan atas tidak rapinya sebuah buku karena tidak ada halaman di dalamnya.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda

Buat kamu yang belum mengetahui cara membuat nomor halaman berbeda berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat nomor halaman di word kamu.

Cara tersebut bisa kamu gunakan ketika dalam keadaan genting. Misalnya mengerjakan tugas karya ilmiah atau mengerjakan tugas lain seperti bekerja di pencetakan atau ke penulisan sebuah buku.

Nah karena nomor halaman ini merupakan sesuatu yang penting, maka jangan anggap sepele bila salah satu dari halaman karya tulismu tidak memiliki nomor halaman.

Karena akan mempengaruhi semua karya tulis yang kamu hasilkan. Nah untuk itu, berikut caranya agar kamu tidak merasakan hal tersebut:

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word

Untuk cara yang pertama ini sangat mudah dilakukan dan biasanya digunakan untuk bagian kata pengantar, daftar isi, abstrak dan lain-lain. Sebagai pemula, cara ini bisa dilakukan dengan cepat dan berikut caranya:

  • Buka word yang sudah terpasang di komputer atau laptop kamu
  • Jalankan tugas atau dokumen yang ingin beri nomor halaman
  • Setelah berhasil di buka, kamu klik menu insert yang ada di toolbar atas
  • Pada bagian paling kanan, kamu bisa klik page number
  • Ada banyak pilihan posisi di sana, pilih posisi untuk nomor halaman kamu, misalnya saja memilih bottom of page > plain number 2. Pengaturan ini berfungsi untuk meletakkan nomor halaman di bawah dan bagian tengah
  • Selesai

Nah apabila kamu ingin menghapus halaman tertentu karena ingin kamu isi romawi atau jenis halaman lain, kamu bisa melakukan cara yang simpel dan tidak ribet ini, yaitu:

  • Kamu pilih menu insert > Header > Edit Header
  • Maka otomatis akan muncul tab design dan kamu tinggal centang different pada sampul
  • Setelah itu kamu tinggal menghapus nomor halaman pada sampul tersebut karena tidak mungkin sampul ada halamannya. Akan jadi lucu.
  • Kemudian kamu tinggal mengklik close Header dan Footer untuk menghilangkannya.
  • Jika ingin mengubah nomor halaman, kamu tinggal klik dua pada nomor tersebut

Cara Membuat Angka Romawi Untuk Nomor Halaman

Angka romawi juga sering digunakan untuk nomor halaman. Biasanya pada kata pengantar dan daftar isi angka romawi digunakan untuk nomor halaman.

Nah kamu tidak perlu bingung, karena ada cara yang mudah untuk membuat angka romawi tersebut. Mari kita ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi word yang sudah terpasang di laptop atau komputer kamu
  • Jalankan dokumen yang ingin kamu berikan nomor halaman
  • Pilih menu insert yang ada di menu toolbar atas
  • Kamu pilih saja page number
  • Dan klik format page number
  • Kemudian pada pilihan menu format, kamu umbar menjadi I, II, III dan seterusnya
  • Ubah at menjadi i lalu kamu klik ok untuk mengubah perubahan tersebut

Cara Membuat Nomor Halaman Dengan Letak Yang Berbeda

Jika kamu iseng ingin membuat letak nomor halaman berbeda dari satu halaman ke halaman lain, kamu bisa mencoba cara ini. Siapa tahu dengan begitu siapa pun yang melihat karyamu ini bisa hilang sakit kepalanya. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi word yang sudah terpasang di laptop atau komputer kamu
  • Jalankan dokumen yang ingin kamu berikan nomor halaman
  • Pilih menu insert yang ada di menu toolbar atas
  • Kamu pilih saja page number

Langkah selanjutnya dalam membuat nomor halaman berbeda, yaitu:

  • Pilih bottom of page
  • Selanjutnya kamu pilih plain number 2
  • Langkah kedua klik centang different first page.
  • Edit di halaman kedua dengan memilih top page

Berbagai cara membuat nomor halaman berbeda tersebut bisa menjadi bekal penting buat kamu ke depannya. Kamu bisa mengkreasikan dan sekaligus belajar layout bukan sendiri. Siapa tahu, suatu hari nanti kamu ingin menjadi seorang editor buku atau karya tulis lainnya.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.