Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat PPT Yang Menarik

Cara Membuat PPT Yang Menarik

Presentasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah materi. Biasanya kegiatan ini dilakukan ketika sedang ada rapat, baik diskusi antar kelompok atau musyawarah besar antar anggota.

Ketika presentasi, tentunya kita memerlukan PPT untuk menyampaikan materi kita. Namun tahukah kamu cara membuat ppt yang menarik?

Sebagai seorang pendidik entah itu seorang guru atau desain, kegiatan presentasi merupakan kegiatan yang tidak bisa lepas dalam proses pembelajaran.

Selain itu juga, kegiatan presentasi sering dilakukan ketika ada rapat. Baik rapat perusahaan atau rapat instansi lainnya.

Nah untuk menarik perhatian kamu perlu PPT yang menarik bukan? Oleh sebab itu cara tersebut merupakan hal penting.

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Modal penting seseorang ketika ingin menarik perhatian audiens ketika presentasi adalah kemahiran dia dalam membuat power point yang menarik.

Berangkat dari alasan ini, membuat power point harus memiliki keahlian dasar dalam bidang desain hingga tipografi.

Karena keahlian dasar tersebut akan membuat power point memiliki nyala dan daya pikat untuk menarik perhatian banyak audient.

Kelebihan Dan Kekurangan Power Point

Power point merupakan perangkat penting dalam presentasi. Power point berfungsi untuk memudahkan orang-orang dalam menjelaskan materi yang ingin dia presentasikan.

Selain itu, power point juga berfungsi untuk menarik perhatian para audient. Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang akan lebih tertarik dengan gambar ketimbang tulisan.

Dari hal tersebut kita dapat belajar bahwasanya orang akan paham dan senang apabila dijelaskan menggunakan gambar. Karena kalau tidak materi yang akan kita sampaikan tidak dapat dipahami.

Itulah mengapa power point sangat penting. Selain menyajikkan gambar yang bisa membantumu menyampaikan materi, power point juga hanya berisi poin-poin yang akan kamu sampaikan saja.

Kelebihan yang dimiliki oleh power point ini bisa mengatasi blank atau eror ketika kamu hendak mempresentasi sebuah materi.

Karena tentu ketika presentasi kamu bukan hanya berdiri sendiri di sebuah ruangan. Ada banyak audient yang akan menyimak materimu tersebut.

Nah, sebelum kita membahas cara membuat PPT yang menarik, alangkah lebih baik kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari power point, yaitu:

Kelebihan Power Point

Banyak kelebihan yang sudah dirasakan oleh beberapa orang ketika menggunakan power point saat presentasi.

Power point yang berisikan slide-slide ini dapat membantumu merangkum dan menyusun apa saja yang ingin kamu sampaikan pada audient.

Sehingga sistematika tutur-katamu juga akan ikut rapi dan tidak melenceng ke mana-mana. Masih banyak lagi kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

Simak beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan power point saat presentasi. Cekidot!

  • Kamu bisa merangkum materi-materi apa saja yang akan kamu sampaikan pada slide-slide power point yang sudah tersedia. Dengan begitu kamu bisa lebih sistematis dalam menyampaikan. Sehingga penyampaianmu jelas tidak bertele-tele dan langsung menuju pada inti materi yang sudah kamu siapkan.
  • Menghindari kekurangan waktu saat presentasi. Berapa lama kamu harus presentasi biasanya sudah ditentukan. Baik dari panitia, bos, atau dosen kamu. Dengan power point ini kamu bisa tepat waktu dan tidak akan kekurangan waktu ketika menyampaikan materi yang sudah kamu siapkan. Karena ada nilai tersendiri apabila kamu tepat waktu sesuai yang sudah ditentukan.
  • Membuat presentasimu lebih hidup. Dengan power point ini kamu bisa membuat presentasimu lebih hidup dengan menampilkan beberapa slide yang menarik. Selain itu point-point inti yang kamu susun bisa membuat audient mengingat-ingat apa yang sedang kamu sampaikan. Apabila nanti setelah selesai presentasi, mereka masih akan mengingatnya.
  • Tampilan yang menarik. Tampilan yang menarik dapat kamu buat menggunakan power point. Slide-slide yang mulanya tampak biasa saja, akan terlihat menarik dan menyenangkan. Sehingga tak heran tampilan yang menarik akan mendapat perhatian yang banyak dari para audient yang ada di ruangan tersebut.
  • Menutupi nerveous atau cadal. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda ketika berbicara. Ada yang berbicara dengan nada cepat sehingga akan sulit dipahami ucapannya. Nah power pointi ini juga bisa menutupi hal-hal yang membuat orang sulit memahami ucapanmu. Selain itu, power point juga bisa menutupi nerveous atau demam panggung.

Kekurangan Power Point

Tidak jarang banyak yang mengeluh karena beberapa kelemahan atau kekurangan dari power point. Sehingga mau tidak mau sang presentasi harus mengatasi masalah tersebut.

Tentu saja tidak mudah mengatasi sebuah masalah dalam keadaan terdesak dan terburu-buru. Kamu pasti akan merasa blank dan tidak tahu lagi harus bagaimana.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu mengetahui kekurangan-kekurangan dari power point agar kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat presentasi di depan semua audient.

Berikut ini beberapa kekurangan yang bisa kamu jadikan tuntunan untuk menghindari hal tersebut, di antaranya:

  • Kamu tidak bisa menggunakan power point di aplikasi lain. Sehingga ketika kamu membuat power point ini di microsoft power point, kamu harus menggunakan laptop atau komputer yang mempunyai microsoft power point juga. Agar file yang sudah kamu buat bisa terbaca dengan jelas dan tidak corrupt.
  • Aplikasi microsoft power point merupakan aplikasi yang berat dijalankan. Sehingga tidak jarang ketika hendak presentasi, microsoft power point juga belum bisa dibuka. Loading ketika membukanya masih berjalan. Untuk mengatasi hal ini kamu tidak perlu shut down laptop kamu dan kalau bisa sudah stay di slide power point yang berisikan materi kamu.
  • Ukuran huruf dan tampilan tidak sesuai dengan proyektor. Sehingga ketika membuatnya kamu harus membesarkan ukuran huruf dan layar lebih besar minimal dua kali lipat. Dengan begitu ketika presentasi, ukuran dan tampilan power point bisa dilihat oleh semua audient dari belakang sampai depan. Dari kanan sampai ke kiri.
  • Gambar yang tidak sesuai dengan format Microsoft power point akan pecah. Makanya perlu memperhatikan beberapa format gambar yang ingin kamu sisipkan ke dalam slide-slide power point tersebut.
  • Ukuran antara tampilan di laptop dan proyektor harus sesuai. Karena kalau tidak, ada beberapa slide yang tidak dibaca. Proyektor tidak bisa mengatur secara otomatis. Dia hanya bisa diatur secara manual oleh sang presentasi.

Cara Membuat PPT Yang Menarik

Sebagai orang yang ingin selalu memberikan yang terbaik, tentunya kamu mencari cara membuat PPT yang menarik itu bagaimana.

Sehingga ketika kamu presentasi nanti, semua audient kamu akan tertarik dan memberimu nilai bagus. Nah berikut ini beberapa cara membuat PPT yang menarik, di antaranya:

  • Buatlah latar belakang slide yang menarik. Jangan hanya terpaku pada latar belakang polos yang ada di microsoft power point. Mungkin dengan mendownload di internet kamu bisa memiliki latar belakang slide yang menarik.
  • Berikan animasi seperti hewan kecil yang bergerak tetapi jangan sampai mengalihkan perhatian pada materi yang ingin kamu sampaikan.
  • Pilihlah bentuk huruf yang menarik tetapi masih bisa dibaca. Agar audient tertarik dan justru bisa mengingat-ingat materi kamu dalam jangka waktu yang panjang.
  • Berikan suara dubbing agar power point kamu bervariasi.
  • Sisipkan video tutorial yang singkat tetapi bisa diingat lama.

Cara membuat PPT yang menarik adalah poin plus tersendiri di mata audient yang mengikuti acara presentasi kamu.

Selain itu cara membuat PPT yang menarik ini juga berguna ketika kamu sedang mempresentasikan produk kepada perusahaan atau pelanggan.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.