Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan MS Excel

Cara Membuat Slip Gaji

Slip gaji merupakan salah satu hal yang harus di berikan oleh pihak perusahaan untuk karyawan nya. Jadi jika anda sebagai karyawan tidak menerima slip gaji maka anda berhak menuntutnya.

Slip gaji ini banyak sekali fungsinya, bisa digunakan sebagai pelengkap syarat kredit ataupun yang lainnya. Jadi setiap perusahaan harus benar-benar mengetahui bagaimana cara membuat slip gaji untuk karyawan nya.

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji merupakan sebuah selembar kertas yang berisi tentang rincian gaji yang diperoleh oleh seorang karyawan dalam tempo tertentu yang di isi oleh pihak perusahaan pada umumnya tempo slip gaji ini adalah 1 bulan sesuai dengan gaji yang di terima oleh karyawan.

Dalam slip gaji tersebut terdapat rincian gaji yang anda terima mulai dari gaji pokok, pinjaman gaji, uang lembur dan hal-hal lainnya yang termasuk ke dalam gaji karyawan baik yang menambah nominal gaji maupun mengurangi gaji.

Bagian-Bagian Penting Dalam Slip Gaji

Dalam slip gaji ada beberapa bagian penting seperti:

  1. Bagian header atau atas
    • Bagian kiri: logo dan nama perusahaan
    • Bagian kanan: nama dan data lengkap karyawan
  2. Bagian tengah
    • Sebelah kiri: data penambah gaji seperti gaji pokok, uang lembur, tunjangan, transfort dan lain-lain
    • Sebelah kanan rincian potongan gaji karyawan seperti pajak, pinjaman, iuran dan lain sebagainya
  3. Bagian bawah slip gaji
    • Jumlah gaji bersih yang di terima karyawan hasil total gaji setelah dikurangi pengeluaran
    • Tanggal terbit slip gaji, tanda tangan penerima slip dan pihak HRD (pembuat slip)

Bagaimana Sih Cara Membuat Slip Gaji?

Cara membuat slip gaji sebenarnya sangat mudah, anda bisa membuatnya menggunakan software jika memang perusahaan sudah menggunakan software namun jika belum maka anda bisa memanfaatkan ms excel untuk membuat slip gajinya.

Nah berikut ini adalah cara membuat slip gaji dengan ms excel untuk anda yang memang belum memiliki software membuat slip gajinya, caranya mudah kok, bisa dibuat dengan cara seperti ini:

  1. Buatlah tabel data karyawan di ms excel secara rinci mulai dari data nama karyawan, NIK, rincian gaji dan lain sebagainya
  2. Buat data slip seperti format di atas
  3. Buat kan rumus perhitungannya dengan menggunakan fungsi vlookup
  4. Setelah semua selesai, selanjutnya tinggal anda print

Manfaat Slip Memiliki Mendapatkan Gaji

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menerima slip gaji secara rutin dari pihak perusahaan tempat anda bekerja, beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendapat informasi rincian gaji
  2. Mendapat data lengkap karyawan
  3. Mendapat informasi potongan
  4. Mendapat informasi pajak gaji
  5. Mendapat informasi perhitungan gaji bersih

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.