Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tahapan Cara Membuat Software Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Software

Ketika anda mendengar “cara membuat software” mungkin yang ada di pikiran anda itu adalah pekerjaan lulusan IT, Informatika, management software, RPL dan lain sebagainya.

Anda pasti akan berpikiran sulit untuk membuat software. Padahal dijaman canggih seperti sekarang ini membuat software bun lagi sebuah pekerjaan yang sulit untuk di lakukan.

Banyak cara yang bisa dilakukan, jika dulu membuat software harus orang yang kuliah di bidang itu, beda hal nya dengan jaman sekarang. Siapa pun bisa membuat karena banyaknya tutorial bertebaran dimana-mana.

Bagaimana Cara Membuat Software?

Dalam membuat software, anda membutuhkan beberapa langkah yang harus tertata dengan rapi. Nah berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkah cara membuat software dengan mudah. Silahkan anda simak baik-baik:

1. Buat Ide

Ketika anda akan membuat software maka yang anda butuhkan pertama kali adalah ide. Ide lahir dari sebuah masalah.

Nah pada tahapan ini anda haru merumuskan masalah yang di temukan. Tentu kan jenis kebutuhannya, apa saja yang di butuh kan dan yang harus ada dalam software yang akan anda buat nanti.

2. Analisis Kebutuhan

Setelah anda merumuskan apa saja masalah nya, pada tahapan ini anda anda membuat definisi masalah-masalah tersebut. Kemudian setelah itu analisis apa saja yang dibutuhkan ketika anda membuat software tersebut.

3. Cek Software Lain

Nah ketika anda ingin membuat sebuah software maka sebaiknya cari referensi software sejenis. Hal ini berguna adar anda dapat inspirasi dari pada hal tersebut disamping itu anda juga bisa tahu apa yang kurang dan seharusnya ada dalam software yang akan anda ciptakan.

4. Analisis  Spesifikasi Software

Untuk membuat software yang bagus maka anda perlu menganalisis spesifikasi software yang anda butuhkan.

5. Buat Rencana

Untuk menghasilkan software yang bagus maka sebaiknya anda buat rencana yang matang. Karena membuat software yang bagus butuh biaya dan waktu yang pasti tidak sebentar.

6. Buat Desain

Pada tahapan ini silahkan anda implementasi kan rencana anda tersebut. tuangkan kedalam bentuk desain software yang akan anda buat. Pada tahapan ini silahkan anda buat flowcart, flowmap, DFD, Workflow dan ERD.

7. Implementasi

Pada tahapan ini anda harus mengumpulkan semua data dari awal hingga ke tahap desain. Pada bagian ini anda akan membuat  sebuah software berdasarkan dari data-data yang sudah di kumpulkan sebelumnya.

Cara membuat software bisa menggunakan berbagai tool yang bisa anda beli atau sewa Programmer. Namun lebih bagus anda buat sendiri, jika tidak bisa pun bisa menggunakan tool.

8. Tahapan Maintenance

Setelah anda berhasil membuat software nya maka selanjutnya adalah tahap maintenance. Pada tahap ini anda akan memaksimalkan kinerja software anda. Di tahap ini anda perbaiki apa  yang kurang dan kurangi yang tidak bagus.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.